5 Tips Berhemat untuk Mahasiswa Perantauan di Luar Negeri

Ada berbagai perguruan tinggi, mulai dari di dalam negeri, hingga di negara lain atau di luar negeri. Melanjutkan studi di luar negeri atau di negara lain merupakan impian bagi kebanyakan orang. Hal yang membuat beberapa orang tertarik untuk melanjutkan studi di luar negeri yaitu bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda, dan mendapatkan pekerjaan dengan mudah.

5 Tips Berhemat untuk Mahasiswa Perantauan di Luar Negeri

5 Tips Berhemat untuk Mahasiswa Perantauan di Luar Negeri

Seseorang yang bekerja, atau melanjutkan studi jauh dari tempat tinggal asalnya disebut dengan rantau atau perantauan. Melanjutkan studi di luar negeri merupakan suatu hal yang bisa dibanggakan, namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Rekan Bijak menjadi mahasiswa perantauan di luar negeri, hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara bertahan hidup dengan hemat.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa, menjadi mahasiswa perantauan, apalagi yang merantau jauh dari orang tua atau keluarga, kita harus benar-benar bisa mengehemat uang yang ada. Mengapa perlu berhemat? karena, kita tidak bisa meminta secara mendadak uang kepada orang tua atau keluarga, jadi Rekan Bijak harus pintar dalam menghemat. Lalu, bagaimana cara berhemat untuk mahasiswa perantauan di luar negeri ya?

Belajar Mengatur Keuangan

Perantauan

Sumber : ekonomi.kompas.com

Hal pertama yang dapat Rekan Bijak lakukan untuk berhemat sebagai mahasiswa yang merantau yaitu belajar mengatur keuangan, mengatur keuangan yang dimaksud yaitu mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan uang, mulai dari mengatur uang yang masuk, hingga mengatur uang yang akan dikeluarkan. Mengatur keuangan merupakan sesuatu hal yang sangat penting, supaya Rekan Bijak dapat melihat arus keluar-masuk uang yang dipunya.

Dengan belajar mengatur keuangan, Rekan Bijak dapat mempertimbangkan kembali segala sesuatu yang berhubungan dengan uang yang dipunya Rekan Bijak, sebelum akhirnya Rekan Bijak mengeluarkan uang tersebut kepada beberapa hal. Dan dengan belajar mengatur keuangan, maka, Rekan Bijak dapat terhindar dari perilaku boros, dan bisa mendapatkan kebebasan financial sejak dini.

Tinggal dekat Kampus

Perantauan

Sumber : ef.co.id

Cara berhemat untuk Rekan Bijak yang kuliah di luar negeri yaitu mencari tempat tinggal yang dekat dengan kampus, mencari tempat tinggal disini, Rekan Bijak dapat memanfaatkan asrama yang dipunya oleh kampus Rekan Bijak. Rekan Bijak dapat berhemat dengan tinggal di asrama, karena, beberapa universitas biasanya memberikan harga sewa asrama dengan harga terjangkau, bahkan, ada beberapa universitas yang tidak memungut biaya jika Rekan Bijak tinggal di asrama yang telah disediakan.

Tetapi, jika universitas dari tempat melanjutkan studi Rekan Bijak tidak memiliki asrama, Rekan Bijak dapat mencari tempat tinggal yang dekat dengan kampus, seperti apartement atau rumah warga yang menyewakan beberapa ruangannya. Mungkin Rekan Bijak bingung, kenapa mencari tempat tinggal di dekat kampus dapat membuat Rekan Bijak hemat? karena, Rekan Bijak tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membayar transportasi umum, Rekan Bijak dapat menjangkau kampus hanya dengan berjalan kaki saja, dan hal ini tentu akan membuat Rekan Bijak berhemat.

Melakukan Kegiatan Sendiri

Perantauan

Sumber : Tempo.co

Cara berhemat selanjutnya adalah melakukan kegiatan sendiri, yang dimaksud dengan melakukan kegiatan sendiri yaitu mencuci pakaian, mencuci piring, memasak masakan, dan membersihkan tempat tinggal. Dengan melakukan segala sesuatu sendiri, Rekan Bijak tidak perlu mengeluarkan uang secara lebih, seperti uang yang biasa digunakan untuk membeli makanan yang sudah jadi dalam sehari, dapat Rekan Bijak alokasikan setengahnya untuk membeli keperluan kampus. Selain itu, melakukan berbagai kegiatan sendiri, dapat membantu Rekan Bijak menjadi seseorang yang mandiri, dan dapat berguna jika Rekan Bijak sudah memasuki kehidupan baru, yaitu kehidupan rumah tangga.

Mencari Beasiswa

Perantauan

Sumber : englishforall.id

Biaya kuliah di luar negeri biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya kuliah di Indonesia, untuk membantu orang tua atau keluarga serta dapat membantu Rekan Bijak berhemat yaitu dengan mencari beasiswa. Dengan mencari beasiswa, maka, beban Rekan Bijak terhadap masalah keuangan tidak begitu banyak. Rekan Bijak cukup fokus terhadap mengurus keperluan sehari-hari, dan dapat lebih fokus kepada pendidikan Rekan Bijak. Walaupun, tidak semua beasiswa yang ada memberikan secara penuh bantuan biaya, tetapi, setidaknya beban keuangan yang akan Rekan Bijak dapatkan tidak sebanyak jika membayar penuh biaya kuliah.

Kerja Sambilan

Perantauan

Sumber : trustradius.com

Selanjutnya, cara yang dapat Rekan Bijak lakukan untuk berhemat ketika menjadi mahasiswa perantauan di luar negeri adalah mencari kerja sambilan. Beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh Rekan Bijak saat masih berstatus mahasiswa yaitu menjadi freelancer, bekerja part time, atau magang yang di gaji. Manfaat mencari pekerjaan sambilan, selain dapat membuat Rekan Bijak hemat, dapat juga membuat Rekan Bijak mendapatkan berbagai pengalaman, pengetahuan, serta teman baru. Dan, Rekan Bijak dapat mencari pekerjaan sambilan yang sesuai dengan jadwal kuliah.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan beberapa tips berhemat untuk mahasiswa perantauan di luar negeri? Jika iya, semoga Rekan Bijak dapat mepraktekkan dan mendapatkan manfaatnya secara langsung ya!

Perantauan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: