Ikuti 5 Tips Ini agar Tetap Sehat Saat Berpuasa

Meski tidak makan dan minum seharian selama berpuasa, bukan berarti kondisi tubuh menjadi menurun. Justru sebaliknya, puasa mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Simak tips dalam artikel berikut untuk tau cara menjaga tubuh agar tetap sehat selama berpuasa!

Ikuti 5 Tips Ini agar Tetap Sehat Saat Berpuasa

Ikuti 5 Tips Ini agar Tetap Sehat Saat Berpuasa

Ramadan menjadi bulan suci yang paling dinanti oleh seluruh umat muslim. Selain harus berusaha memperbanyak amal dan perbuatan positif, kita juga wajib menjaga tubuh agar tetap sehat selama berpuasa. Meskipun sedang menjalani ibadah puasa sebulan penuh, tubuh tetap harus mendapatkan gizi yang cukup dan seimbang. Puasa akan mengubah pola makan secara drastis sebab kita tidak dibolehkan makan dan minum selama 12 jam.

Solusi dari masalah di atas adalah dengan memperbaiki pola makan saat berbuka dan sahur. Dengan begitu rasa lemas dan gangguan konsentrasi bisa diatasi. Berikut beberapa tips sederhana yang Danabijak berikan agar tubuh tetap sehat selama Ramadan.

1. Jangan Lewatkan Makan Sahur

Sama pentingnya dengan sarapan, sahur menjadi waktu makan terpenting dalam sehari. Sahur sangat diperlukan dan ritual yang tidak boleh dilewatkan selama Ramadan. Melewatkan waktu sahur sama saja dengan memperpanjang waktu berpuasa. Akibatnya, tubuh akan mengambil cadangan energi lebih banyak sehingga akan terasa lelah dan cepat haus. Dampak lain dari melewatkan sahur adalah kecenderungan makan lebih banyak saat berbuka puasa.

sehat

Sahur sangat diperlukan dan ritual yang tidak boleh dilewatkan selama Ramadan.

Sebaiknya, sertakan makanan yang mengandung karbohidrat lengkap dan protein sebagai sumber energi. Karbohidrat akan dicerna dengan lambat oleh tubuh sehingga kita bisa merasa kenyang lebih lama.

2. Hindari Makanan Terlalu Manis, Asin, dan Berlemak

Anggapan bahwa berbuka puasa harus dengan makanan manis ternyata keliru. Inilah yang menyebabkan pedagang sirup dan aneka minuman manis lainnya menjamur di bulan puasa. Makanan dan minuman manis memang diperlukan untuk menormalkan kadar gula darah yang turun selama puasa, namun tetap perlu dikonsumsi secara wajar. Berlebihan mengonsumsi makanan manis justru akan meningkatkan kadar glukosa darah dengan cepat dan mampu meningkatkan nafsu makan.

Maka sebaiknya, hindari makan makanan terlalu manis dan berlemak saat puasa. Sebagai gantinya, cukup konsumsi beberapa butir kurma atau air putih seperti yang Rasulullah contohkan. Hindari pula makanan asin sebab akan memicu rasa haus dan dehidrasi.

3. Tidak Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Puasa menuntut kita untuk mengendalikan dan menahan segala hawa nafsu, termasuk nafsu makan yang berlebihan. Tak hanya dari sahur hingga berbuka, tapi juga setelahnya.

sehat

Kalap makan dan minum saat berbuka justru dapat meningkatkan berat badan dengan cepat.

Kalap makan dan minum saat berbuka justru dapat meningkatkan berat badan dengan cepat apalagi jika kita tidak cermat memilih menu sehat, seperti gorengan.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kurangnya cairan tubuh menyebabkan rasa lemas dan konsentrasi berkurang selama berpuasa. Apalagi jika kita hidup di negara tropis yang cuacanya cenderung panas. Cukupi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka demi menghindari dehidrasi. Air putih sangat dianjurkan, tapi kita juga bisa mendapatkan asupan cairan dari buah atau sayur.

Selama puasa, sebaiknya, hindari minuman berkafein, seperti teh, kopi, dan cola yang memiliki sifat diuretik. Perbanyak asupan buah yang tinggi cairan, seperti semangka atau jeruk.

5. Gosok Gigi Setelah Sahur dan Sebelum Tidur

Saat berpuasa, tubuh akan membakar cadangan lemak sebagai energi utama dan meningkatkan kadar keasaman darah. Inilah yang menyebabkan nafas berbau.

sehat

Untuk mengurangi bau mulut, jangan lupa untuk menggosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur.

Untuk meminimalisasi bau yang timbul, jangan lupa untuk menggosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur agar kesehatan mulut terjaga selalu.

Menggosok gigi setelah sahur juga membantu menghilangkan rasa kantuk yang menyerang dan mencegah kita kembali tidur. Perlu diingat bahwa tidur setelah sahur sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu proses pencernaan serta memungkinkan kita melewatkan salat subuh.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: