Ilmu Perpustakaan, Jurusan yang Sarjananya Diam-Diam Dibutuhkan

Mungkin banyak yang belum mengetahui apakah itu jurusan Ilmu Perpustakaan. Ilmu perpustakaan adalah salah satu jurusan di Indonesia yang jarang didengar orang, namun pada kenyataannya banyak instansi yang mencari lulusan dari jurusan ini. Hal ini dikarenakan jurusan ini dikenal dengan mahasiswanya yang lebih pintar mengolah data dan menguasai teknik pengarsipan, sesuatu yang tidak didapat dari jurusan lainnya.

Ilmu Perpustakaan, Jurusan yang Sarjananya Diam-Diam Dibutuhkan

Ilmu Perpustakaan, Jurusan yang Sarjananya Diam-Diam Dibutuhkan

Mungkin tidak sedikit orang yang tidak mengetahui apakah itu Ilmu Perpustakaan. Memang tidak mengagetkan, pertama kali mengetahui jurusan ini, orang pasti berpikir bahwa pekerjaan dari sarjana Ilmu Perpustakaan adalah menjadi seorang pustakawan atau pun hanya menjadi seorang penjaga perpustakaan. Tentunya hal tersebut membosankan dan tidak menarik, bahkan cenderung tidak ada hambatan apapun. Jika kamu berpikir seperti itu pada awalnya, maka kamu salah, walaupun memang benar, sarjana jurusan ini kemungkinan bekerja di perpustakaan.

Jurusan Ilmu Perpustakaan adalah bidang interdisipliner yang menggabungkan ilmu sosial, ilmu hukum dan ilmu terapan untuk mempelajari topik tentang perpustakaan. Sebenarnya, ilmu ini dipakai dalam metode pengarsipan, penataan informasi dengan sistem penataan perpustakaan, cara mengakses dan menemukan informasi, serta etika dalam penataan dan pelayanan informasi dan status legal suatu informasi dari sebuah perpustakaan.

Jurusan ini juga berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi, sehingga cara penyusunan pun juga dibutuhkan, sehingga muncullah jurusan ini. Metode-metode dalam jurusan ini memang dibutuhkan untuk merapikan dokumen-dokumen.

ilmu perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan pada awalnya dibuka di Indonesia sebagai hanya sejenis kursus perpustakaan, karena pada awal-awal kemerdekaan, dibutuhkan para pegawai yang berfokus kepada perpustakaan, terutama perpustakaan nasional. Pegawai-pegawai perpustakaan pun pada awalnya merupakan tamatan dari jurusan lainnya. Pegawainya pun tidak sepi peminat, dan untuk penerimaannya pun dengan syarat yang cukup berat saat itu, yakni menjadi seorang tamatan SMA. Lalu dibukalah kursus perpustakaan, yang awalnya hanya untuk setahun, lama kelamaan menjadi 2,5 tahun.

Pada tahun 1961 pun, pendidikan perpustakaan ini menjadi mata kuliah wajib universitas dan fakultas di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Indonesia. Tahun 1964, pendidikan perpustakaan ini dipindahkan ke dalam Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Akhirnya, pendidikan tentang perpustakaan pun menjadi materi umum dan dasar bagi banyak fakultas, dan salah satu mata kuliah wajib universitas, dengan biasanya berbobot 2 SKS dan 4 SKS.

Akhirnya jurusan Ilmu Perpustakaan pun ada, dengan adanya gelar Diploma 3 sebagai Ahli Madya dan Diploma 4 sebagai Sarjana Terapan. Pada tahun 2012 pun dibuka program doktor di bawah naungan Program Studi Budaya dan Media Universitas Gajah Mada, setelah adanya kerjasama antara Universitas Gajah Mada dan Koln Universitat.

ilmu perpustakaan

Jurusan ini juga biasanya juga menghasilkan para sarjana yang bekerja di bidang pengarsipan dan penyusunan dokumen sehingga biasanya juga bekerja di instansi-instansi pemerintahan. Jurusan ini juga dikenal dalam mengolah dokumen-dokumen dan data-data untuk menghasilkan suatu kesimpulan tertentu, dan juga biasanya jurusan ini bisa berfokus pada teknologi informasi, sehingga untuk kamu yang tertarik dengan jurusan ini, setidaknya mempunyai pengetahuan dasar tentang teknologi informasi.

Ilmu perpustakaan memiliki 6 mata kuliah, yakni :

  • Administrasi Arsip
  • Bibliografi
  • Pengkatalogan
  • Manajemen Perpustakaan
  • Manajemen Digital Perpustakaan
  • Aplikasi Teknologi Pengelolaan Informasi

Untuk pekerjaan, bisa dikatakan sarjana dari jurusan ini akan semakin dibutuhkan. Mengapa? Karena jurusan ini mengajarkan tentang teknik pengarsipan dan pengumpulan data, bahkan secara digital sekalipun, dan juga teknologi semakin berkembang dan dibutuhkan orang-orang yang cerdas dalam mengumpulkan dan menyusun data dengan baik dan rapi, ditambah lagi juga makin banyaknya perusahaan yang membutuhkan seseorang yang bisa mengontrol data dengan baik, atau biasanya disebut sebagai data management.

ilmu perpustakaan

Selain itu, karir dari seorang sarjana jurusan Ilmu Perpustakaan adalah menjadi seorang pustakawan, terutama di perpustakaan-perpustakaan besar, seperti Perpustakaan Universitas Indonesia dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Selain itu, juga bisa menjadi seorang sekretaris atau bidang administrasi, yang biasanya mulai dicari oleh instansi-instansi pemerintah terutama dalam bidang pengarsipan.

Ada banyak universitas yang menjadikan jurusan Ilmu Perpustakaan sebagai salah satu program studi yang ada di universitas tersebut. Universitas-universitas tersebut adalah :

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Gajah Mada
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Padjajaran
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Diponegoro
  • Institut Teknologi Sepuluh November
  • Universitas Andalas
  • Universitas Atma Jaya Makassar
  • Universitas Indraprasta PGRI
  • Universitas Jambi
  • Universitas Kristen Maranatha

Nah Rekan Bijak, jika kamu belum berkuliah dan tertarik dengan dunia teknologi, kamu bisa saja masuk ke jurusan ini, dengan prospeknya yang makin besar, dan makin banyak instansi yang mencari lulusan dari jurusan ini!

ilmu perpustakaan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: