Indahnya Pulau Ndana, Pulau Kecil Paling Selatan di Indonesia

Mungkin jika kamu mendengar tentang Nusa Tenggara Timur, kamu akan terpikirkan hanya Kupang dan Pulau Sumba. Padahal, ada banyak pulau indah nan unik di Nusa Tenggara Timur, salah satunya adalah Pulau Ndana, yakni pulau paling selatan Indonesia dan berbatasan dengan Australia

Indahnya Pulau Ndana, Pulau Kecil Paling Selatan di Indonesia

Indahnya Pulau Ndana, Pulau Kecil Paling Selatan di Indonesia

Apakah kamu pernah mendengar Pulau Ndana? Pulau Ndana adalah pulau paling terluar, paling selatan di Indonesia, dan juga pulau yang tidak berpenghuni, jadi kesunyian dan sepi adalah hal yang sangat biasa di pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur tersebut. Jadi, jika ada orang yang berkata bahwa Pulau Rote adalah pulau paling selatan di Indonesia, hal itu keliru, karena masih ada yang lebih selatan lagi, yakni pulau yang sedang dibicarakan di artikel ini.

Sebenarnya, Pulau Ndana tidak benar-benar tidak berpenduduk, namun lebih tepatnya tidak ada penduduk namun ada penjaganya, yakni Tentara Nasional Indonesia, yang berpatroli di pulau tersebut, karena pulau tersebut merupakan pulau yang terletak di perbatasan dan mungkin saja bisa diserang oleh negara di selatan Indonesia, seperti Australia. Oleh karena itu, dibutuhkan penjaga perbatasan seperti tentara di pulau tersebut.

pulau ndana

Sumber : Phinemo.com

Pulau ini, walau tidak terlalu dikenal, bahkan lebih dikenal Pulau Rote sebagai pulau paling selatan Indonesia, namun pulau ini menyimpan keindahan dan potensi alam yang lumayan besar. Potensi-potensi tersebut antara lain mempunyai sumber air tawar, mempunyai hutan di tengah-tengah pulau, hingga rusa-rusa, terutama rusa timor yang menetap di tempat tersebut, dan pulau tersebut sangat mendukung kehidupan sehari-hari manusia.

Pulau ini terletak 120 kilometer sebelah selatan Kupang sebagai ibukota dari Nusa Tenggara Timur. Cara mencapai pulau ini harus melalui Pulau Rote terlebih dahulu. Cara mencapai Pulau Rote pun dari Kupang ada 3 cara, yakni dengan kapal cepat, kapal ferry atau pun pesawat terbang.

Jika memakai kapal cepat dari Kupang, pakailah kapal Express dari Kupang ke Rote, yang berangkat pada jam 8.30 dan 14.30 dengan harga tiket kurang lebih Rp 150.000,-. Yang kedua adalah dengan kapal ferry, dan menempuh ke pulau tersebut harus juga memperhatikan kondisi ombak yang ada. Keberangkatannya jam 7.30 dari pelabuhan Bolok Kupang. Cara yang ketiga adalah dengan memakai pesawat terbang dari Bandara El Tari di Kupang ke Bandara DC Saudale di Pulau Rote.

pulau ndana

Sumber : PellokilaPenjelajah.com

Untuk menuju Pulau Ndana harus menggunakan perahu motor, yang biasanya bisa disewa dari para nelayan yang ada di Pantai Nembrala atau Oeseli. Penyewaan pun untuk pulang pergi bisa mencapai Rp 750.000,- hingga Rp 1.000.000,- untuk satu hari. Walau kelihatannya harganya tidak murah, namun hal tersebut akan sebanding dengan ketika sudah sampai di Pulau Ndana yang penuh dengan pesona alam.

Pesona-pesona pulau ini pun cukup banyak, di antaranya ada Danau Merah, patung Jendral Sudirman hingga kawasan pantainya. Ditambah lagi pulau tersebut sekarang ini dipakai sebagai cagar alam, khususnya untuk hewan-hewan seperti rusa rote. Oleh karena itu, bukanlah hal yang mengagetkan jika menemukan banyak rusa dalam pulau tersebut.

pulau ndana

Sumber : Phinemo.com

Danau Merah di Pulau Ndana merupakan salah satu tempat yang tidak boleh sama sekali dilewatkan. Mengapa? Karena pemandangannya yang cantik tidak boleh dilewatkan sama sekali. cara pergi ke tempat tersebut pun tidaklah mudah, karena harus melewati hutan yang berduri, ditambah lagi dengan banyaknya duri-duri sehingga ketika pergi ke danau tersebut, harus menggunakan sepatu khusus agar kulit kaki tidak tergores-gores.

Ingat, jangan berharap untuk mendapatkan cuaca yang segar dan sejuk di pulau ini, karena justru dengan kondisi iklim dan topografi di pulau tersebut, membuat Pulau Ndana cukup panas. Ada banyak rumput kering, jalanan yang tandus hingga batu-batu karang akan menjadi penghalang ketika menuju ke Danau Merah. Namun ketika sudah sampai, kamu tidak akan kecewa!

Lalu setelah itu, juga ada patung Jendral Sudirman di pulau tersebut. Patung Jendral Sudirman yang ada disana merupakan satu-satunya monumen yang ada, sekaligus spot untuk berfoto yang cocok. Patung tersebut diresmikan tahun 2011 dan memang dikenal sebagai salah satu monumen yang menunjukkan bahwa memang Pulau Ndana merupakan milik Indonesia.

pulau ndana

Sumber : phinemo.com

Selain itu, juga ada banyak bebek laut yang ada di pulau tersebut. Bebek laut tersebut biasanya terbang di atas tanjung karang KRI. Bebek laut tersebut membuat pemandangan alam yang ada di Pulau Ndana menjadi makin menarik dan lebih indah, sebab sangatlah jarang pastinya bebek-bebek laut beterbangan secara bersamaan di kota-kota besar sekarang ini.

Lalu, di pulau ini kamu juga bisa menemukan banyak rusa timor. Rusa timor adalah rusa khas dari Nusa Tenggara, Bali dan sekitarnya. Memang, pulau ini sudah menjadi cagar alam khusus untuk rusa timor yang semakin lama semakin menuju kelangkaan, sehingga harus segera dijaga agar tidak punah. Ditambah lagi juga pulau ini merupakan pulau yang sebenarnya bisa saja ditempat tinggali oleh para penduduk, karena pulau ini mendukung kehidupan.

pulau ndana

Sumber : cnnindonesia.com

Biasanya juga, di pulau ini para nelayan akan menetap terlebih dahulu untuk sekedar memancing dan menangkap ikan. Penangkapan ikan ini biasanya dilakukan oleh para nelayan yang tinggal di sekitar Pulau Ndana, dan jenis-jenis ikannya pun banyak, seperti mulai dari kerapu, kakap hingga ekor kuning. Bahkan ada juga ikan hiu di sekitar pulau tersebut, sehingga ikan-ikannya pun cukup bervariasi.

Sayangnya, pulau ini tidak memiliki tempat penginapan, dan hanya menjadi tempat singgah sementara, baik untuk para personil militer maupun para penduduk sekitar Pulau Ndana, jadi pulau ini memang hanya sebatas pulau yang menjadi tanda pembatas antara Indonesia dan Australia.

Nah, Rekan Bijak, apakah kamu tertarik untuk datang ke pulau tidak berpenghuni ini? Tentunya jika kamu bosan, dan kamu ingin pergi ke tempat-tempat yang sunyi, sepi dan tidak ada keributan, kamu bisa datang singgah ke tempat ini, Rekan Bijak!

pulau ndana

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: