Ingin Liburan tapi Kantong Tetap Hemat? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

Setelah lelah melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan, seorang manusia biasanya melakukan kegiatan berupa liburan untuk membuat badan, serta pikiran menjadi rileks. Ada berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan untuk berlibur, mulai dari berlibur di rumah saja, atau bepergian ke tempat-tempat baru, hingga tempat favorit.

Ingin Liburan tapi Kantong Tetap Hemat? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

Ingin Liburan tapi Kantong Tetap Hemat? Yuk, Ikuti 7 Tips Ini!

Ada beberapa anggapan, bahwa, tidak bisa dikatakan liburan jika tidak pergi ke suatu tempat. Biasanya untuk pergi ke suatu tempat untuk liburan akan menguras kantong Rekan Bijak. Kantong yang dimaksud yaitu keuangan yang Rekan Bijak punyai.

Untuk itu, bagi beberapa orang, liburan pasti akan membuat seseorang mengeluarkan sejumlah uang yang tidak sedikit, dan cenderung bisa membuat seseorang menjadi boros. Padahal, ada beberapa cara supaya bisa liburan tetapi kantong tetap hemat. Lalu, apa saja tips liburan tapi kantong tetap hemat ya?

Riset Lokasi

KantongSumber : travellink-indonesia.com

Pertama, hal yang bisa dilakukan Rekan Bijak supaya liburan tetap hemat yaitu dengan melakukan riset lokasi. Riset lokasi yang dimaksud disini yaitu Rekan Bijak mencari data-data melalui internet, mengenai tujuan atau lokasi yang ingin Rekan Bijak jadikan tujuan liburan.

Riset yang dilakukan bisa dengan menanyakan kepada orang yang dikenal oleh Rekan Bijak, mintalah pendapat orang lain yang sudah pernah datang atau liburan ke lokasi liburan yang diinginkan Rekan Bijak. Dengan menanyakan kepada orang yang dikenal, maka, dapat mempermudah Rekan Bijak dalam memutuskan tujuan liburan. Tetapi, jika tidak ada orang yang Rekan Bijak kenal, pernah datang atau liburan, Rekan Bijak bisa melihat dari blog-blog orang yang ada di internet.

Tentukan Budget

KantongSumber : finansialku.com

Tips selanjutnya yaitu menentukan budget. Hal ini sangat penting bagi Rekan Bijak jika ingin menghemat kantong untuk liburan, karena, Rekan Bijak dapat melihat secara detail seberapa banyak uang yang harus Rekan Bijak keluarkan, dan juga dapat melihat kemana uang yang akan Rekan Bijak keluarkan.

Saat menentukan atau membuat budget liburan, sebaiknya, buatlah sedetail mungkin. Buatlah budget untuk liburan mulai dari transportasi, penginapan, untuk jajan, untuk makan, untuk membeli oleh-oleh, hingga seberapa banyak dana darurat yang harus dipersiapkan.

Cari Teman Perjalanan

KantongSumber : pegipegi.com

Selanjutnya, tips untuk Rekan Bijak yang ingin liburan tetapi tetap hemat yaitu dengan mencari teman perjalanan. Maksud dari mencari teman perjalanan yaitu Rekan Bijak mengajak orang untuk menjadi teman liburan, Rekan Bijak bisa mengajak teman, sahabat, keluarga, atau pasangan. Tujuan mencari teman perjalanan yaitu supaya Rekan Bijak bisa sharing budget, sehingga Rekan Bijak tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu besar, dan bisa membuat Rekan Bijak lebih hemat pengeluaran. Mencari teman perjalanan, selain berguna untuk menghemat pengeluaran saat liburan, Rekan Bijak jadi memiliki teman untuk berbagi kesenangan selama liburan.

Liburan bukan di Musim Liburan

KantongSumber : sewabusjogja.co.id

Tips yang selanjutnya yaitu usahakan untuk liburan bukan disaat musim liburan. Musim liburan yang dimaksud yaitu saat ada tanggal merah atau adanya liburan panjang, karena, adanya tanggal-tanggal libur tertentu. Alasan Danabijak menyarankan supaya Rekan Bijak liburan bukan disaat musim liburan, karena, disaat musim liburan, segala sesuatu pasti mengalami kenaikan harga, seperti keinakan harga tiket pesawat, tiket kereta api, biaya penginapan. Untuk itu, sebaiknya, Rekan Bijak liburan saat hari biasa saja, supaya Rekan Bijak dapat menghemat budget liburan.

Cari Penginapan dan Tiket Murah

KantongSumber : bandung.merdeka.com

Selanjutnya tips liburan hemat yaitu dengan mencari penginapan murah, dan tiket murah. Tidak bisa dipungkiri, bahwa, pasti Rekan Bijak ingin liburan dengan nyaman, sehingga ingin mendapatkan penginapan yang nyaman juga. Untuk, Rekan Bijak yang ingin liburan tetapi tetap hemat, Rekan Bijak harus mencari penginapan yang murah. Penginapan murah yang dimaksud yaitu yang memiliki harga terjangkau, tetapi tetap nyaman untuk menjadi tempat istirahat saat Rekan Bijak liburan.

Penginapan murah yang bisa jadi referensi untuk Rekan Bijak yaitu perumahan warga yang memang menyediakan tempat untuk menginap, hostel, hotel kapsul, dan masih banyak lagi. Kemudian, supaya bisa liburan bisa hemat yaitu mencari tiket murah, seperti tiket pesawat murah, tiket kereta murah. Untuk mendapatkan harga penginapan yang murah, dan tiket pesawat atau kereta murah, Rekan Bijak bisa memanfaatkan promosi yang ada.

Bawa Uang Tunai

KantongSumber : wartaekonomi.co.id

Selanjutnya, tips yang bisa Rekan Bijak lakukan yaitu dengan membawa uang tunai. Tidak bisa dipungkiri, saat liburan, terkadang kita jadi mudah menghabiskan sejumlah uang. Biasanya hal ini terjadi, karena, Rekan Bijak lebih sering menggunakan kartu, baik kartu debit atau kartu kredit sebagai alat pembayaran saat liburan.

Padahal, dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit sebagai alat pembayaran saat liburan, bisa membuat Rekan Bijak menjadi boros. Supaya liburan bisa hemat, sebaiknya, Rekan Bijak membawa uang tunai saja, bawa secukupnya, boleh dilebihkan tetapi jangan terlalu banyak. Dengan membawa uang tunai secukupnya, maka, bisa membuat Rekan Bijak tahan dengan berbagai godaan berbelanja atau membeli sesuatu saat liburan.

Gunakan Transportasi Umum

KantongSumber : Kompas.com

Tips terakhir untuk Rekan Bijak supaya bisa liburan dengan hemat yaitu dengan menggunakan transportasi umum. Menggunakan transportasi umum saat berada di suatu daerah atau lokasi liburan Rekan Bijak, bisa membuat Rekan Bijak lebih hemat saat liburan, karena, dengan menggunakan transportasi umum, maka, Rekan Bijak tidak perlu mengeluarkan pengeluaran yang banyak. Selain bisa menghemat, menggunakan transportasi umum saat liburan, akan memberikan manfaat lain, seperti melihat kehidupan sehari-hari warga lokal.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan tips apa saja yang membuat liburan tapi kantong tetap hemat? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel di atas ya!

Kantong

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: