5 Tips agar Kamu Tetap Hemat Saat Datang Acara Bukber

Saat bulan puasa seperti sekarang ini, pasti ada banyak hal rutin atau budaya yang sering dinanti-nanti. Salah satunya adalah budaya buka bersama atau lebih dikenal bukber, yang sekaligus menjadi ajang reunian atau kumpul-kumpul untuk yang masih sering bertemu.

5 Tips agar Kamu Tetap Hemat Saat Datang Acara Bukber

5 Tips agar Kamu Tetap Hemat Saat Datang Acara Bukber

Tapi, permasalahannya adalah teman yang mengundang untuk ikut bukber bukan hanya satu atau dua saja, tapi bisa enam sampai sepuluh kelompok. Mulai dari teman SD, SMP, SMA, teman kuliah, teman kerja, teman main satu komplek, teman komunitas, teman futsal, teman arisan, teman kerja kelompok, dan masih banyak lagi.

Bukannya senang, terlalu banyak acara buka bersama juga bisa membuat pusing dan dompet menipis. Padahal bulan puasa seharusnya bisa membuat rekan lebih hemat. Namun gagal karena justru pengeluaran bertambah karena banyaknya acara buka bersama. Apalagi, maksud utama dari acara bukber sudah bagus, yaitu menjaga tali silaturahmi. Jadi akan kurang baik jika dibarengi oleh pemborosan, kan?

Nah, agar rekan tetap bisa menjaga tali silaturahmi tanpa harus menguras dompet di bulan puasa, ayo simak 5 tips berikut ini :

Saring Acara Bukber yang akan Diikuti

Bukbersumber : fajar.co.id

Buka puasa bersama memang menjadi momen yang tepat untuk reuni atau kumpul-kumpul bersama teman yang susah ditemui di hari-hari biasa. Rekan pasti akan mendapatkan undangan buka bersama lebih dari tiga kali. Namun sebenarnya rekan tidak perlu mengikuti semuanya.

Rekan bisa menentukan prioritas dan pilih acara bukber yang memang penting. Dengan menyeleksi kembali undangan buka bersama, rekan bisa menghemat lebih banyak uang. Selain itu, rekan akan memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga dan beribadah.

Baca Juga : Melihat Tradisi Berbuka Puasa di 5 Negara Ini!

Atur Anggaran Bukber

Bukbersumber : darunnajah.com

Tips selanjutnya, agar rekan tidak boros adalah dengan membuat anggaran yang akan digunakan untuk bukber. Hal ini agar rekan dapat memberi batasan pengeluaran pada setiap acara bukber. Untuk memutuskan berapa biayanya, rekan bisa hitung dulu keuangan harian dengan kira-kira jumlah jadwal buka bersama yang rekan punya.

Misalnya, rekan memilki simpanan di luar kebutuhan harian adalah 300 ribu rupiah. Dan ada jadwal buka bersama sekitar 6 kali selama bulan puasa ini. Berarti batasan pengeluaran yang perlu ditentukan untuk setiap acara buka bersama adalah 50 ribu rupiah.

Pilih Menu yang Bisa Dibayar Bersama/Patungan

Bukbersumber : merahputih.com

Jika berbuka di luar menjadi pilihan bersama dengan teman atau sahabat, maka pilihlah restoran atau rumah makan yang menyediakan berbagai menu satuan yang bisa dimakan bersama dan porsinya cukup besar.

Rekan dan teman bisa memilih beberapa menu yang dainggap tepat dan sesuai dengan selera bersama, sehingga bisa dimakan bersama dan dibayar secara bersama atau patungan. bukan hanya hemat, namun cara ini juga memungkinkan rekan dan teman-teman mencicipi beberapa menu berbeda sekaligus.

Baca Juga : 6 Tempat Makan Seru untuk Buka Puasa Bersama

Manfaatkan Momen Promo

Bukbersumber : blog.e-mas.com

Saat bulan puasa biasanya akan banyak promo di mana-mana, termasuk saat makan di restoran. Rekan bisa memanfaatkannya untuk menghemat pengeluran.

Atau rekan bisa memilih menu paket khusus promo bukber puasa. Sayangnya, tidak semua restoran terdapat promo. Untuk itu rekan perlu update atau cari informasi tentang restoran yang memilki promo bukber di menunya, kemudian bisa merekomendasikan tempat tersebut pada teman untuk dijadikan pilihan temapat untuk buka bersama.

Baca Juga : 6 Tips dan Trik Mengeluarkan Biaya yang Minim Saat Wisata Kuliner!

Buka Bersama Dirumah dengan Memasak Bersama

Buka bersama tidak harus selalu di restoran atau rumah makan, dirumah pun bisa. Rekan bia mencoba cara bukber yang berbeda dari biasanya, lebih berkesan dan hemat biaya.

Misalnya, acara bukber dengan belanja bahan makanan dan memask bersama. Rekan bisa mencari resep memasak di internet atau memasak makanan sederhana, hal ini akan membuat acara bukber lebih berkesan dan tentu hemat biaya.

Selain itu, rekan juga bisa buka bersama dengan sistem potluck. Setiap orang membawa makanan atau minuman tertentu yang sudah disepakati untuk dimakan bersama. Dengan begitu, tidak ada orang yang membawa makanan yang sama.

Baca Juga : 5 Tips dan Trik Belanja Hemat di Supermarket yang Perlu Kamu Tahu!

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa rekan ikuti jika ingin tetap mengikuti acara bukber namun juga tetap hemat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan dan orang terdekat rekan bijak!

Baca Juga : Antisipasi 5 Pengeluaran Ekstra Ini agar Selama Ramadhan Dompet Tetap Aman!

Bukber

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: