Ini 3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman agar Tidak Gegabah

Saat rekan sedang memiliki kebutuhan mendesak namun tidak memiliki cukup dana,mengajukan pinjaman dana adalah salah satu jalan keluar yang bisa diambil. Tapi sebelum melakukan pinjaman sudah seharusnya rekan melakukan perhitungan terlebih dahulu.

Ini 3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman agar Tidak Gegabah

Ini 3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman agar Tidak Gegabah

Perhitungan disini maksudnya adalah perhitungan bunga pinjaman yang sangat penting untuk dilakukan, agar rekan bisa menyesuaikan pendapatan yang rekan terima perbulan dengan jumlah uang yang harus dikeluarkan. Jika langkah yang rekan ambil tepat maka uang yang rekan pinjam akan terlunasi dengan cepat dan tidak membengkak.

Baca Juga : Debt Stacking Vs Debt Snowball. Strategi Mana yang Lebih Baik dalam Melunasi Utang?

Memang tidak mudah bagi orang awam untuk menghitung bunga pinjaman, namun sebenarnya ini tak sesulit yang rekan bayangkan. Sebelum melakukan perhitungan, yang perlu rekan ketahui, secara garis besar ada tiga jenis bunga yang diberlakukan. Yiatu, bunga flat, bunga efektif dan bunga anuitas. Yuk, simak masing-masing penjelasannya berikut ini :

Bunga Flat

Bunga Pinjamansumber : carmudi.co.id

Bisa dibilang bunga flat merupakan jenis bunga yang paling mudah perhitungannya. Tipe ini hanya mengharuskan rekan membayar cicilan dengan tambahan bunga yang jumlahnya tetap tiap bulan. Jadi, bunga telah ditentukan di awal kesepakatan ketika rekan mengajukan pinjaman.

Jenis bunga flat biasanya akan rekan sering temui ketika mengajukan pinjamn untuk kredit mobil atau kredit motor. Saat ini, tengah marak juga pinjaman dengan bunga flat tanpa kartu kredit dalam membeli peralatan elektronik, gadget dan barang-barang lainnya.

Baca Juga : 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil

Bunga jenis ini biasa diberikan untuk pengajuan pinjaman banl yang memakan jangka waktu atau tenor pinjaman yang tidak terlalu lama. Jadi, untuk melakukan perhitungan bunga flat sebenarnya tidak terlalu sulit. Karena dari bulan pertama hingga terakhir jumlahnya akan tetap sama. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh kasus berikut ini :

Misalnya, rekan mengajukan pinjaman sebesar Rp 12 juta dan ingin melunasinya dalam jangka waktu 12 bulan atau 1 tahun. Bunga yang diberikan adalah 10 persen per tahun yang bersifat tetap. Maka, perhitungannya sebagai berikut :

Besar pinjaman : Rp 12.000.000

Bunga per tahun : 10%

Jangka waktu : 12 bulan

Cicilan pokok :

Besar Pinjaman : jangka waktu = cicilan pokok

Rp 12.000.000 : 12 bulan = Rp 1.000.000/bulan

Bunga :

(Besar Pinjaman x Persen bunga) : jangka waktu = bunga per bulan

(Rp.12.000.000 x 10%) : 12 = Rp 100.000

Cicilan per bulan + bunga per bulan = cicilan per bulan

Rp 1.000.000 + Rp 100.000 = Rp 1.100.000

Baca Juga : 5 Cara Ampuh dalam Menyelesaikan Pinjaman Kartu Kredit

Bunga Efektif

Bunga Pinjamansumber : ptmoney.com

Bunga efektif atau sliding rate akan rekan jumpai ketika mengajukan pinjaman ke bank dengan angsuran berjangka waktu panjang dan biasanya dalam jumlah besar. Salah satu contohnya adalah mengajukan pinjaman untuk membeli rumah atau KPR.

Karena biasa diberikan pada pinjaman berjangka panjang dan berjumlah besar, maka bunga jenis ini biasanya persennya lebih kecil dibanding bunga flat. Tenor cicilan juga biasanya terdapat pilihan hingga belasan atau puluhan tahun.

Baca Juga : 6 Tips Ini akan Membantu Kamu dalam Memilih KPR Terbaik

Perbedaan yang paling mencolok antara bunga efektif dengan bunga flat adalah jumlah bunga yang rekan tanggung tidak sama setiap bulannya. Jika bunga flat ditentukan dari awal hingga akhir cicilan dengan jumlah yang sama, bunga efektif bergantung pada sisa cicilan yang rekan tanggung. Semakin lama, jumlahnya akan semakin rendah.

Contohnya, rekan mengajukan pinjaman sebesar Rp 480 juta untuk membeli sebuah rumah dengan jangka waktu kredit 48 bulan atau 4 tahun. Bunga pinjaman yang harus ditanggung adalah 10% per tahun secara efektif. Maka, perhitungannya sebagai berikut :

Besar Pinjaman : Rp 480.000.000

Bunga per tahun : 10%

Jangka waktu : 48 bulan

Cicilan pokok :

Besar pinjaman : jangka waktu = cicilan pokok

Rp.480.000.000 : 48 = Rp 10.000.000

Bunga bulan pertama :

((Besar pinjaman – ((1-1) x cicilan pokok)) x bunga : jangka waktu = bunga bulan pertama

((Rp 480.000.000 – ((1-1) x Rp 10.000.000)) x 10% ; 48 = Rp 1.000.000

Cicilan bulan pertama :

Rp 10.000.000 + Rp.1.000.000 = 11.000.000

Bunga bulan kedua :

((Rp 480.000.000 – ((2-1) x Rp 10.000.000)) x 10% ; 48 = Rp 979.166

Cicilan bulan kedua :

Rp 10.000.000 + Rp 979.166 = Rp 10.979.166

Perhitungan di atas berjalun ke bulan setelahnya hingga jangka waktu cicilan yang telah ditentukan selesai.

Baca Juga : 5 Macam Masalah Keuangan yang Bisa Diatasi dengan Pinjaman Online

Bunga Anuitas

Bunga Pinjamansumber : futuready.com

Bunga anuitas sebenarnya merupakan pembaruan dari perhitungan bunga kredit efektif. Hal ini dilakukan agar peminjam uang tidak bingung karena angsuran yang berbeda-beda setiap bulan menggunakan bunga efektif. Meski begitu, perhitungan bunga anuitas sebenarnya tak jauh berbeda degan bunga efektif.

Cara menghitung bunga anuitas dilakukan dengan rumus tersendiri. Perhitungan didapat dari jumlah angsuran secara total yang telah ditetapkan sebelumnya, lalu dikurangi dengan perhitungan bunga anuitas itu sendiri. berikut rumus untuk menghitung bunga anuitas yang perlu rekan ketahui :

Besar Pinjaman x (suku bunga : 12)/1 – (1 + suku bunga : 12) (pangkat -(tenor))

Untuk menghitung bunga anuitas bisa dibilang sangat memakan waktu dan tingkat kesulitannya cukup tinggi. Untuk itu, rekan bisa menggunakan kalkulator khusus bunga anuitas agar perhitungan apat dilakukan secara lebih mudah dan praktis.

Baca Juga : 5 Keunggulan Melakukan Pinjaman di Fintech P2P Lending

Jadi itu adalah cara menghitung bunga pinjaman bank. Setiap bank memiliki besar bunga pinjaman yang berbeda-beda. Seperti danabijak yang memiliki besar bunga pinjaman hanya 0,8% per hari saja rekan. Dengan syarat yang mudah dan bunga rendah rekan sudah bisa mengajukan pinjaman di danabijak loh.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan dan orang terdekat rekan bijak ya!

Bunga pinjaman

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: