Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Transportasi Umum!

Untuk menunjang kegiatan sehari-hari yang banyak dengan mobilitas yang sangat tinggi, kendaraan merupakan hal yang sangat penting. Di zaman saat ini sudah tersedia banyak jenis kendaraan sebagai moda transportasi salah satunya transportasi umum.

Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Transportasi Umum!

Ini 6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Transportasi Umum!

Tidak semua orang memiliki kendaraan pribadi, ataupun orang yang memiliki kendaraan pribadi namun enggan menyetir sendiri karena akan sangat melelahkan apalagi saat pulang kantor. Karena itu banyak yang lebih memilih menggunakan transportasi umum sebagai jalan keluar.

Baca Juga : Mengenali 5 Informasi Umum Terkait Pajak Kendaraan

Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh transportasi umum, selain harganya yang lebih terjangkau dibandingkan membawa kendaraan pribadi. Transportasi ini juga memiliki banyak pilihan. Namun saat menggunakan moda transportasi ini rekan perlu memperhatikan beberapa hal berikut :

Halte atau Stasiun yang Dituju

Transportasi Umumsumber : sembronojo.blogspot.com

Sebelum menggunakan trasportasi umum, sebaiknya rekan melakukan riset dimana saja halte atau stasiun tempat rekan harus menunggu, rute mana yang dituju, dimana harus berhenti atau transit agar bisa sampai tempat yang dituju.

Untuk mengetahuinya rekan bisa melihat pada aplikasi peta, peta yang disediakan pada setiap halte atau stasiun atau bisa bertanya pada teman yang sudah sering menggunakan tranportasi umum. Atau bisa juga rekan bertanya pada petugas atau orang yang rekan temui di halte atau stasiun tempat rekan naik kendaraan umum.

Baca Juga : MRT dan LRT itu Berbeda Loh! Yuk, Ketahui 4 Perbedaannya!

Budaya Antre Saat Naik dan Turun

Transportasi Umumsumber : poskotanews.com

Kebiasaan ini sering kali diabaikan oleh pengguna transportasi umum. Padahal budaya antre saat keluar dan masuk kendaraan umum seharusnya lebih diperhatikan untuk kenyamanan dan keamanan seluruh pengguna kendaraan umum. Karena jika semua orang egois ingin buru-buru dan tidak mau mengantre akan muncul masalah seperti terdorong atau bahkan jatuh yang akan membahayakan.

Banyak yang berdalih ingin cepat sampai atau ingin mendapatkan tempat duduk yang nyaman di dalam kendaraan. Padahal tidak ada salahnya membudayakan mengantre karena yang ingin menggunakan transportasi tersebut bukan hanya rekan tapi juga orang lain. Jadi harus bersabar dan mengantre agar tetap tertib.

Baca Juga : Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Pemutihan Pajak Kendaraan

Tidak Memakai Pakaian atau Aksesoris Berlebihan

Transportasi Umumsumber : magazine.job-like.com

Saat menggunakan transportasi umum sebaiknya jangan gunakan pakaian atau aksesoris yang berlebihan karena akan mengundang niat jahat dari orang asing. Apalagi rekan yang perempuan jika ingin menggunakan aksesoris sebaiknya disimpan dulu ke dalam tas dan digunakan saat sudah sampai tempat tujuan saja.

Karena kondisi kendaraan umum yang ramai orang membuat rekan akan sulit fokus dan memudahkan siapa saja yang berniat jahat untuk mengambil barang milik rekan. Karena itu lebih baik tidak menggunakan pakaian atau aksesoris yang mencolok dan berlebihan agar tidak mengundang niat jahat orang asing demi keselamatan rekan sendiri.

Baca Juga : 9 Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Perjalanan

Jaga Etika dan Ikuti Aturan yang Berlaku

Transportasi Umumsumber : res.cloudinary.com

Agar perjalanan rekan dan orang lain tetap nyaman tentu rekan perlu mengikuti aturan dan etika yang berlaku dalam kendaraan tersebut. Seperti tidak merokok, makan di dalam kendaraan, tidak melakukan tindakan asusila dan saat rekan mendengarkan musik atau sedang menerima telpon usahakan agar sauaranya tidak sampai menggangu penumpang lain.

Mengikuti etika dalam kendaraan seperti memberikan tempat duduk pada orang yang lebih membutuhkan, misalnya pada ibu hamil, ibu dengan balita, lansia dan penyandang disabilitas. Apalagi jika rekan masih muda dan sehat, tentu harus lebih sadar diri akan peraturan tersebut. Agar semua orang dapat menikmati kendaraan umum dengan aman dan nyaman.

Baca Juga : 6 Manfaat saat Menggunakan Transportasi Umum

Nah, itu adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan transportasi umum. Ikuti aturan yang berlaku agar rekan dan semua pengguna transportasi tetap aman dan nyaman. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan dan orang terdekat rekan bijak!

Transportasi Umum

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: