5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Sewa Apartemen

Tidak hanya hunian horizontal saja yang diminati masyarakat namun hunian vertikal seperti apartemen pun bnayak diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat, terutama masyarakat urban perkotaan. Alasannya adalah karena harga hunian horixontal yang kian mahal karena lahan yang makin terbatas.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Sewa Apartemen

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Sewa Apartemen

Harga sewa hunian horizontal yang kini semakin mahal dan kurang lengkapnya fasilitas yang di sediakan. Membuat masyarakat berpindah ke hunian vertikal seperti apartemen. Apartemen yang memiliki fasilitas lengkap dan lokasi yang strategis menjadi pilihan orang dengan mobilitas tinggi memilih tinggal di apartemen dibanding di hunian horizontal.

Baca Juga : Apartemen vs Rumah, Mana yang Lebih Tepat Untuk Millennial?

Melihat peluang ini, rekan yang ingin memulai bisnis dengan pemasukan yang lumayan bisa mencoba bisnis sewa apartemen ini. Bisnis ini termasuk menjanjikan keuntungan yang tinggi, namun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum memulai bisnis ini. Salah satunya adalah modal untuk membeli apartemen yang akan di sewakan pada orang lain, dan kualitas hunian juga perlu menjadi perhatian. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis sewa apartemen :

Lokasi Strategis

Apartemensumber : apartemenreview.com

Lokasi adalah salah satu faktor yang penting saat seseorang sedang mencari apartemen untuk disewa, lokasi yang strategis akan membuat rekan dapat mematok harga sewa yang tinggi. Dekat dengan pusat perbelanjaan, dekat gedung-gedung kantor, dekat pintu keluar masuk tol, dekat dengan bandara atau stasiun kereta. Akan menjadi nilai tambah yang sangat tinggi bagi sebuah apartemen.

Lokasi, bagaimanapun adalah faktor yang penting dalam memilih sebuah hunian selain faktor fasilitas dan pembangunan daerah. Gabungan faktor-faktor ini dapat menjadi nilai jual yang patut dipertimbangkan.

Baca Juga : 5 Alasan Rumah Perlu Dilindungi Asuransi Properti

Perbaikan dan Renovasi

Apartemensumber : rukamen.com

Setiap orang pasti menginginkan hunian yang nyaman dan tertata rapih. Karena itu sebelum menyewakan apartemen pada orang lain, rekan perlu melakukan perbaikan pada peralatan atau fasilitas yang rusak atau sudah tidak layak pakai karena nantinya akan menimbulkan masalah jika tidak di perbaiki, hal tersebut dapat mematikan pasar rekan.

Konsumen biasanya tidak ingin mengeluarkan biaya di awal untuk masalah perbaikan atau renovasi karena akan membuat biaya yang harus dikeluarkannya semakin banyak, belum lagi harus membayar sewa setiap bulannya. Karena itu jangan menunda perbaikan fasilitas.

Baca Juga : Ikuti 5 Cara Ini untuk Mengatur Biaya Renovasi Rumah

Cari Target Pasar

Apartemensumber : blog.idkeyword.com

Selanjutnya, carilah target pasar yang sesuai dengan apartemen rekan. Karena setiap hunian memiliki beberapa tipe, yaitu studio, single bed atau 1 BR, 2 BR, dan yang terakhir 3 BR. Untuk memaksimalkan promosi rekan bisa membuat promosi yang sesuai dengan target pasar. Jika tidak sesuai maka akan sulit untuk laku.

Sebagai contoh, jika rekan memiliki tipe studio jangan menawarkan pada orang yang sudah menikah apalagi sudah memiliki anak, karena untuk keluarga kecil seperti itu minimal membutuhkan hunian tipe 2 BR. Sedangkan tipe studio lebih cocok untuk mahasiswa atau pelajar yang suka hidup sendiri dan mandiri.

Baca Juga : 6 Alasan Penting Memiliki Target untuk Mengembangkan Suatu Bisnis

Promosi Online

Apartemensumber : siapbisnis.net

Untuk menjalankan bisnis sewa ini di 2019, sebenarnya mudah dilakukan. Saat ini untuk menawarkan atau mempromosikan bisnis lebih mudah dilakukan secara online karena lebih mudah dalam mendapatkan konsumen. Rekan bisa memanfaatkan situs jual beli apartemen online yang sudah banyak tersedia di internet.

Gunakanlah situs online yang sudah kredibel agar apartemen yang rekan tawarkan cepat laku. Di situs tersebut rekan bisa melakukan review apartemen yang dimiliki dengan menyampaikan kelebihan dan benefit apa saja yang bisa didapatkan jika penyewa memilih hunian yang rekan tawarkan. Sebutkan misalnya lokasi strategis, fasilitas lengkap dan lainnya.

Baca Juga : Mengapa Sekarang Ini Bisnis Harus Tersedia secara Online?

Kontrak Perjanjian Sewa

Apartemensumber : pelajaran.id

Dibutuhkan bukti tertulis hitam diatas putih untuk membuat perjanjian sewa menyewa jelas. Bukti inilah yang akan mengikat rekan dengan penyewa, jika tidak terdapat perjanjian hitam diatas putih antara rekan dan penyewa maka ikatan rekan akan menjadi kurang kuat dan tidak jelas sehingga jika terdapat masalah atau kendala kedepannya akan sulit untuk membawanya ke jalur hukum.

Dengan kontrak ini sama saja rekan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi kedepannya, seperti penyewa kabur tanpa membayar biaya sewa, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 6 Bisnis Ini Cocok Dijalankan Generasi Milenial Sebagai Peluang Menguntungkan

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum rekan memulai bisnis sewa apartemen. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk rekan dan orang terdekat rekan bijak!

Apartemen

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: