Tips Mengatur Uang Pangkal Sekolah Anak agar Keuangan Keluarga Tetap Stabil

Biaya Pendidikan anak memang harus sudah dipersiapkan bahkan ketika anak masih belum dalam usia sekolah atau bahkan ketika anak masih dalam kandungan. Seperti yang rekan ketahui biaya pendidikan bisa menjadi biaya yang memberatkan jika tidak dipersiapkan dengan baik sejak awal.

Tips Mengatur Uang Pangkal Sekolah Anak agar Keuangan Keluarga Tetap Stabil

Tips Mengatur Uang Pangkal Sekolah Anak agar Keuangan Keluarga Tetap Stabil

Setiap orang tua tentu menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya, meskipun sekolah yang dipilih merupakan sekolah swasta yang dimana biaya pendidikannya lebih mahal dari sekolah negeri. Terdapat uang pangkal sekolah yang tidak murah untuk sekolah swasta terutama sekolah yang memiliki taraf internasional tentu menjadi banyak incaran para orang tua untuk pendidikan anaknya, karna diyakini sekolah swasta terbaik pasti bisa mencetak anaknya menjadi pandai.

Baca Juga: Sekolah Negeri vs Sekolah Internasional. Mana yang Lebih Baik untuk Pendidikan Anak?

Uang pangkal sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) bahkan hingga perguruan tinggi terbaik dari tahun ke tahun tentu tidak akan sama dan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Pada umumnya kenaikan uang pangkal sekolah ini sebesar 10 hingga 15%, namun tergantung juga pada kualitas pendidikan yang akan diterima. Jika tidak memiliki dana tersebut, alternatif lain yang bisa ditempuh adalah dengan menyekolahkan anak di sekolah negeri, namun kebanyakan orang tua kurang percaya dengan kualitas pendidikan yang diajarkan dalam sekolah negeri. Atau jika ingin masuk sekolah negeri yang terbaik juga akan sedikit sulit jika anak tidak begitu pintar.

Meskipun demikian perguruan tinggi negeri saat ini sudah banyak yang tidak menerapkan sistem uang pangkal, kecuali anak yang masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur mandiri. Namun sebagai orang tua tentu tetap harus mempersiapkan biaya pendidikan anak dengan baik. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatur uang pangkal sekolah anak :

Baca Juga: Simak Variasi Biaya Sekolah Menengah Atas di 5 Sekolah Internasional!

Melakukan Pengelolaan Keuangan dengan Baik

Uang Pangkal SekolahSumber: Kompas.com

Hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah mengatur keuangan keluarga dengan baik. Rekan bisa membuat perincian atas semua kebutuhan yang diperlukan dan menyisihkan sedikit dari penghasilan untuk ditabung dan untuk dana darurat.

Dana darurat disiapkan untuk kebutuhan yang mendesak, bisa juga digunakan untuk biaya pendidikan anak. Jika keuangan keluarga saja berantakan tentu akan sulit untuk mengatur uang pangkal sekolah untuk anak. Karna itu penting mengatur baik-baik keuangan keluarga.

Baca Juga: 8 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Mudah

Memiliki Tabungan Pendidikan

Uang Pangkal SekolahSumber : dream.co.id

Rekan pasti sejak dini sudah diajarkan untuk selalu menyisihkan sedikit uang untuk ditabung. Rekan juga bisa melakukan ini untuk uang pangkal sekolah anak. Dengan memiliki tabungan pendidikan untuk menjadi tabungan khusus biaya pendidikan anak. Mempersiapkan biaya pendidikan anak sejak dini dengan menabung sedikit demi sedikit dari penghasilan setiap bulannya.

Tabungan pendidikan penting dimiliki jika rekan tidak ingin terbebani dengan biaya pendidikan anak. Terlebih uang pangkal sekolah setiap tahunnya akan mengalami kenaikan, pastikan jika menabung tidak hanya dipaskan pada besarnya uang pangkal sekolah tahun tersebut. Tambahkan 10 hingga 15% atau lebih baik lebih untuk mempersiapkan uang pangkal sekolah anak.

Baca Juga: Simak Alasan Pentingnya Memiliki Tabungan Pendidikan untuk Anak Ini!

Melakukan Investasi

Uang Pangkal SekolahSumber: mediakonsumen.com

Investasi pendidikan anak sangat diperlukan agar kebutuhan pendidikan bisa dipenuhi dengan baik dan tidak menjadi beban di kemudian hari. Jika rekan sudah memiliki tabungan pendidikan tidak ada salahnya juga melakukan investasi seperti investasi emas atau reksadana yang terbilang cukup stabil kenaikannya setiap tahunnya walaupun tidak secepat saham namun rekan lebih baik mengambil investasi yang aman dan stabil jika tujuannya untuk pendidikan anak.

Atau rekan bisa melakukan investasi berupa asuransi, dimana banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi pendidikan. Rekan bisa memilih perusahaan asuransi yang terpercaya untuk melakukan investasi pendidikan anak.

Baca Juga: 5 Cara Pilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat

Ajukan Pinjaman

Uang Pangkal SekolahSumber : money.kompas.com

Jika waktu pendaftaran sekolah sudah dekat, namun uang untuk biaya pendaftaran belum mencukupi maka rekan bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau pinjaman online sebagai seolusinya. Dengan mengajukan KTA atau pinjaman online di Danabijak rekan bias mudah dan cepat mendapat dana untuk uang pangkal sekolah anak. Syarat yang dibutuhkan pun cukup mudah dengan prosedur yang tidak rumit.

Namun harap ingat bahwa uang pinjaman KTA atau pinjaman online digunakan untuk biaya sekolah anak, maka jumlah pinjaman pun harus sesuai dengan kebutuhan biaya sekolah. Jangan melakukan pinjaman lebih dari itu karena akan menyusahkan rekan dalam membayar cicilannya.

Baca Juga: Mana yang Lebih Untung? Pinjaman Online atau KTA?

Jadi, itu adalah beberapa cara yang bisa rekan lakukan untuk mengatur uang pangkal sekolah anak. Ingat bahwa jenjang pendidikan mempengaruhi biaya sekolah yang dibutuhkan oleh anak. Semakin tinggi jenjang pendidikannnya maka semakin besar pula biaya yang dibutuhkan. Karna itu mempersiapkan dana pendidikan anak harus dimulai sesegera mungkin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya rekan bijak!

Uang Pangkal Sekolah

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: