Ini Dia 3 Cara Mudah Siapkan Dana Liburan dengan Tepat!

Dengan perencanaan yang tepat, liburan di akhir taun bukan lagi jadi hal yang tidak mungkin. Cari tau caranya di sini!

Wah, nggak kerasa bulan depan sudah akhir taun 2017. Ada rencana kemana nih, Rekan Bijak? Yang pasti dengan banyaknya tanggal merah berdekatan di bulan Desember, rasanya sayang kalau sampai nggak dimanfaatkan dengan baik.

Buat yang memiliki budget lebih atau ada bonus akhir tahun, lucky you! karena bisa bepergian tanpa mengganggu tabuangan. Tapi gimana yang masih harus bayar ini itu? Agak sulit rasanya untuk menyisihkan dana untuk mengunjungi tempat idaman.

Padahal kita bisa lho membuat rencana budget liburan supaya di akhir taun bisa pergi ke tempat yang ingin kita kunjungi. Mau ke luar maupun ke dalam negeri, semua bisa tercapai selama dana terencana dengan baik. Ini dia 3 cara asik supaya bisa melancong akhir tahun:

Liburan

Untuk kamu yang ingin memiliki liburan santai, sebaiknya siapkan budget lebih.

1.Siapkan budget yang cukup.

Jangan terlalu iritJika kita berencana untuk liburan ala-ala backpacker, beberapa budget bisa kita press sesuai dengan konsep liburan. Tapi kalau tujuan utama adalah refreshing dan happy-happy, sebaiknya kita memiliki budget yang lebih. Membuat alokasi yang terlalu mepet malah bisa bikin kita stres saat liburan karena nggak bisa melakukan apa yang diinginkan.

Setelah anggaran tersusun dengan rapih, persentasekan tiap pengeluaran untuk mencegah overbudget yang:

  • Transportasi : 25% dari budget

Biaya transportasi memang memakan dana paling banyak. Apalagi kalau destinasi jauh hingga beda pulau atau negara. Jadi pastikan anggaran yang disiapkan masih sisa banyak setelah membeli tiket.

  • Penginapan : 20%

Kalau tujuan liburan adalah untuk eksplorasi kota dan tempat wisata, kita bisa memperkecil persentase dengan mencari penginapan yang sederhana karena kita nggak akan menghabiskan waktu di hotel. Sedangkan kalau kita ingin bersantai sambil menikmati pemandangan hotel tepi pantai, alokasi anggaran bisa sedikit diperbesar.

  • Konsumsi : 15%

Untuk menghemat, kita bisa memilih homestay yang memiliki dapur sehingga kita bisa masak sendiri dan menghemat dana. Meskipun begitu rasanya sayang kalau nggak mencoba makanan khas setempat, jadi sebaiknya tetap anggarkan 15% untuk berkuliner.

  • Tiket wisata : 15%

Beberapa tempat wisata biasanya mengharuskan kita membayar tiket masuk. Supaya nggak melebihi budget, tentukan destinasi dari awal sehingga semua anggaran sudah disiapkan dengan baik. Kalau hanya 10.000 – 20.000 mungkin nggak begitu terasa, tapi beda cerita jika tiket mencapai 1.000.000 atau lebih.

  • Oleh-oleh : 15%

Ini nih kebiasaan masyarakat Indonesia yang susah dihilangkan, beli oleh-oleh untuk keluarga dan teman dekat. Kadang budget ini bisa membengkak banget lho, Rekan Bijak karena banyaknya barang yang harus dibeli. Meskipun begitu, kita nggak perlu memaksakan jika memang budget kurang mendukung.

  • Tak Terduga : 10%

Supaya nggak memakan tabungan, alokasikan biaya tak terduga untuk liburan. Hal ini bermanfaat jika ternyata dana kuliner lebih besar dari perkiraan karena di daerah tersebut banyak makanan lezat, kenaikan harga tiket wahana, membeli pakaian baru karena stok kuran, dan masih banyak lagi.

2.Perhatikan momen diskon

Ini nih yang penting banget, perhatikan momen diskon dari maskapai, hotel dan agensi perjalanan. Tak hanya transportasi, sekarang ini mulai banyak yang memberikan promo paket tiket dan hotel yang pastinya membuat liburan makin hemat! Supaya nggak ketinggalan travel fair offline maupun online, lebih baik kita subscribe news letter atau sosial media dari maskapai atau travel agent.

Liburan

Dengan memperhatikan detail destinasi yang dituju dan memanfaatkan diskon, kita bisa memperkecil budget liburan.

3.Siapkan dana dari jauh-jauh hari

Untungnya menyiapkan dana dari jauh-jauh hari adalah kita bisa membuat budgetyang besar sehingga alokasi tiap bulan pun nggak terlalu besar. Sebagai contoh jika kita ingin liburan ke Raja Ampat dan bukan ala backpacker, maka dana yang dibutuhkan kurang lebih Rp 10.000.000. Jika kita sudah rencanakan dari awal tahun, jumlah uang yang perlu ditabung perbulan hanya sekitar Rp 900.000.000 (dibagi 11 bulan dengan anggapan di akhir tahun sudah berlibur).

Dalam menyusun anggaran liburan pastikan kita nggak mengganggu tabungan atau dana darurat. Jika butuh tambahan dana, langsung saja ajukan pinjaman di Danabijak! Hanya dengan mengajukan secara online di www.danabijak.com, kita bisa mendapatkan tambahan dana dengan cepat, aman dan terpercaya. Belum lagi sistem poin yang dimiliki membuat kita bisa mendapatkan biaya layanan lebih rendah.
Pinjaman bijak, ya cuma Danabijak!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: