Ini Dia Cara Tepat Untuk Menyiapkan Dana Darurat!

Penting nggak sih punya dana darurat? Penting banget! Lalu apa bedanya dengan tabungan? Yuk cari tau di sini!

Siapa yang bisa menebak hari esok? Hari ini sehat, besok bisa sakit. Hari ini makan enak, besok buat beli sebungkus nasi saja sulit dan masih banyak lagi ketidakpastian yang akan kita hadapi. Inilah mengapa dana darurat sangat diperlukan. Supaya ketika kita menghadapi situasi yang diluar perkiraan, kita punya cadangan dana.

Lalu apa bedanya dengan tabungan? Sebenarnya secara konsep sama saja, hanya saja fungsi dari dana darurat ini berbeda. Kalau tabungan dialokasikan untuk rencana masa depan, dana darurat digunakan untuk kebutuhan tak terduga dan emergency.

Bisa digunakan untuk membayar biaya rumah sakit, kendaraan rusak, biaya hidup jika mendadak kita di PHK, membayar karyawisata sekolah anak, ataupun membayar perbaikan rumah. Tentunya kalau kita hanya mengandalkan tabungan, lama-lama dana simpanan kita akan tergerus dan berakibat nggak punya tabungan masa depan.

Besar dana darurat yang dibutuhkan setiap orang pun berbeda-beda, tergantung dari jumlah tanggungan keluarga. Untuk yang masih single atau sendiri, minimal dana darurat adalah 3x pengeluaran bulanan. Sedangkan keluarga kecil (tanpa anak) 6x dan keluarga besar 12x pengeluaran bulanan.

Dana Darurat

Setiap orang memiliki jumlah dana darurat yang berbeda-beda, tergantung dari jumlah anggota keluarga.

Karena dana ini disiapkan untuk keadaan yang diluar rencana, kita harus menyimpannya ke produk-produk yang mudah diakses dan likuid. Jangan sampe menggunakan surat tanah sebagai dana darurat, karena kita butuh waktu untuk dapat mencairkannya menjadi uang.

  1. Produk keuangan yang bisa digunakan antara lain:
  2. Tabungan
  3. Deposito
  4. Logam Mulia
  5. Reksadana pendapatan tetap

Untuk produk nomor 2-3 memang memiliki bunga yang lebih tinggi daripada tabungan, tapi proses pencairan dananya nggak langsung. Jadi sebaiknya, kombinasikan produk keuangan untuk menyimpan dana darurat. Karena jika hanya mengandalkan bunga tabungan pun, target dana nggak akan tercapai dalam setahun.

Sebelum menentukan produk keuangan apa yang akan digunakan, pastikan:\

  • Mudah diaksesSupaya bisa diambil sewaktu-waktu, dana harus mudah diakses. Itulah mengapa kita tetap perlu menggunakan tabungan supaya dana dapat diambil melalui ATM.
  • LikuidDana harus dapat dengan mudah dicairkan menjadi uang kontan saat dibutuhkan.
  • AmanJangan letakkan dana darurat ke produk keuangan yang aman dan terjamin seperti deposito yang memiliki syarat dan ketentuan yang dijamin oleh lembaga penjamin simpanan.

Seberapapun gaji yang dimiliki, pastikan kita selalu mengalokasikan sebagian budget untuk dana darurat sebagai pegangan. Jika masih ada kekurangan, langsung saja ajukan pinjaman di Danabijak. #bersamaDanabijak berbagai permasalahan finansial teratasi dengan cepat dan mudah. Pinjaman bijak, ya Danabijak!

pinjaman uang online cepat cair

1 Comment

Write a comment
  1. idmhdsdk
    February 26, 22:22 idmhdsdk

    memilih investasi logam mulia memang paling sip!

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: