Simak Tips Memilih KPR yang Tepat untuk Generasi Milenial

Milenial yang lekat dengan teknologi, ingin hal yang serba praktis dan cepat, juga terkenal tidak mau membeli rumah sudah menjadi rahasia umum. Karena mobilitas yang tinggi memiliki rumah bukan menjadi prioritas bagi generasi ini.

Simak Tips Memilih KPR yang Tepat untuk Generasi Milenial

Simak Tips Memilih KPR yang Tepat untuk Generasi Milenial

Generasi milenial dan rumah merupakan pembahasan yang menarik untuk diulas. Apalagi sempat beredar berita yang mengatakan bahwa generasi milenial terancam tidak bisa membeli rumah lima tahun mendatang. KPR (Kredit Pemilikan Rumah) mungkin akan menjadi salah satu solusi untuk masalah ini, mengingat lahan kosong di perkotaan semakin berkurang membuat harga rumah akan sangat mahal lima tahun mendatang.

KPR sendiri merupakan kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau kebutuhan konsumtif lainnya dengan jumlah atau anggunan lainnya berupa rumah. Walau penggunannya mirip Kredit Pemilikan Rumah berbeda dengan kredit kontruksi dan renovasi.

Baca Juga: Berbagai Informasi Tentang KPR yang Wajib Kita Tahu

Membeli rumah memang tidak mudah dan tidak murah perlu banyak dana. Hanya saja, bagi sebagian generasi milenial membeli rumah memang belum menjadi prioritas meskipun penghasilan yang dimiliki tergolong mampu untuk membeli rumah melalui KPR. Gaya hidup dan keingintahuan untuk merasakan pengalaman lebih menjadi ganjalan bagi generasi milenial untuk bisa membeli rumah.

Namun dengan produk Kredit Pemilikan Rumah yang dirancang untuk generasi milenial ini membuat rekan yang merupakan generasi ini tidak perlu cemas merubah drastis pola gaya hidup atau mengorbankan hobi travelling. Terdapat berbagai macam KPR, dan berikut cara memilih Kredit Pemilikan Rumah yang tepat untuk generasi milenial :

Pelajari KPR Milenial

KPRsumber : finrollnews.com

Sebelum mengambil cicilan kepemilikan rumah ini, pelajarilah terlebih dahulu. KPR Milenial adalah program kredit rumah yang khusus ditujukan untuk orang-orang yang lahir pada tahun 1981 hingga 1990 akhir. Program yang sudah berjalan lumayan lama ini menawarkan banyak keunggulan bagi para pemuda yang ingin memiliki rumah di usia yang masih relatif muda.

Rekan tidak perlu khawatir dengan besarnya tunggakan cicilan kelak, karena program ini memiliki masa tenor panjang bisa menapai 30 tahun. Dengan lamanya masa tenor, otomatis jumlah cicilan rekan akan semakin murah dan rekan bisa tidur tenang tanpa merasa tercekik hutang. Rekan juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar uang mukanya, karena program ini biasanya hanya membutuhkan DP sebesar 0 sampai 1 persen dari harga rumah.

Baca Juga: 6 Jenis Prioritas Keuangan Bagi Pasangan Muda

Pilih Rumah Sesuai Budget

KPRsumber : bca.co.id

Selain mengetahui seluk beluk KPR secara menyeluruh, rekan juga perlu mengetahui kemampuan diri sendiri, jangan memaksakan untuk membeli satu unit rumah dengan harga yang sangat tinggi jika rekan tidak sanggup untuk membayar angsurannya kelak.

Karena itu besaran cicilan kredit perbulan yang perlu rekan bayarkan perlu diperhatikan, sebelum memutuskan melakukan kredit pemilikan rumah ini. Meskipun pihak bank memberikan nilai cicilan sebesar 30 persen dari gaji dan rekan merasa mampu membayarnya namun perlu dipikirkan kembali besaran cicilan tersebut. Karena cicilan rumah bisa naik kapan saja mengikuti kenaikan suku bunga Bank Indonesia.

Baca Juga: Debt Stacking Vs Debt Snowball. Strategi Mana yang Lebih Baik dalam Melunasi Utang?

Pilih Tenor Cicilan Panjang

KPRsumber : economy.okezone.com

Seperti yang sudah dibahas bahwa besarnya cicilan tergantung pada masa atenor yang diambil. Itulah kenapa rekan harus cermat dalam memilih rumah dan jangka waktu cicilan. Masa tenor KPR Milenial umumnya berkisar antara 20 sampai 30 tahun.

Kembali lagi, disesuaikan dengan kemampuan rekan dalam membayar angsuran setiap bulannya, jika rekan mengambil jangka waktu cicilan selama 30 tahun, cicilan akan semakin ringan dan rekan masih bisa menyisihkan sisa uang untuk keperluan lain. Namun jika rekan ingin segera bebas dari cicilan yang ada rekan bisa mengambil tenor 15-20 tahun, tapi harus tetap memperhatikan kemampuan dan gaji yang dimiliki.

Baca Juga: 6 Tips Ini akan Membantu Kamu dalam Memilih KPR Terbaik

Jadi, sebenarnya memiliki rumah bukan hal yang sulit bahkan bagi milenial asal ada keinginan dan usaha mendapatkannya. Bagaimana rekan? sudah terpikirkan untuk segara memiliki rumah di usia muda? namun belum memiliki dana untuk DP KPR? tenang saja, karena rekan sekarang bisa mengajukan dana pinjaman pada Danabijak sebagai fintech penyedia pinjaman online terpercaya dengan biaya pelayanannya yang sangat rendah yaitu hanya 0,8% per hari.

Baca Juga: 5 Macam Masalah Keuangan yang Bisa Diatasi dengan Pinjaman Online

Ayo ajukan pinjaman di Danabijak dan semoga artikel ini bermanfaat ya rekan!

KPR

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: