Intip 5 Tips Membuka Usaha Es Kepal Milo

Menjamurnya sejumlah jajanan kekinian di Indonesia membuat es kepal Milo jadi salah satunya. Rekan Bijak berniat untuk membuka usaha tersebut? Intip 5 tips dari Danabijak dalam artikel berikut ini!

Intip 5 Tips Membuka Usaha Es Kepal Milo

Intip 5 Tips Membuka Usaha Es Kepal Milo

Es kepal Milo yang kini tengah viral di Indonesia ternyata berasal dari negara tetangga, Malaysia. Di negara asalnya, es kepal lebih populer dengan sebutan Ais Milo. Sama dengan namanya, jajanan kekinian ini berbahan dasar es serut yang di atasnya diberi susu milo sebagai topping. Topping susu milo dibuat sangat kental agar mudah menyatu dengan es serut saat mencair. Selain milo, biasanya, ada topping lain yang ditambahkan, seperti kacang bubuk, sereal, biskuit, atau oreo.

es kepal milo

Sumber : www.andriboyz.com

Untuk bisa menikmati es kepal Milo, Rekan Bijak tidak perlu jauh-jauh pergi ke Negeri Jiran. Seperti yang banyak orang perbincangkan di media sosial, sudah banyak kedai yang menjual es kepal Milo di Indonesia.

Rekan Bijak juga tertarik membuka usaha es kepal Milo? Simak tips dari Danabijak berikut :

TENTUKAN MODAL AWAL

Rekan Bijak mungkin masih banyak yang merasa khawatir atau takut memulai bisnis es kepal milo dengan modal awal yang harus disediakan. Perlu diketahui bahwa modal bukanlah halangan utama. Yang terpenting adalah kreativitas. Jika dalam praktiknya bisnis terkendala oleh modal atau uang, kita bisa mengajak orang-orang terdekat yang terpercaya untuk meminjamkan modal. Bisa juga dengan mengajak mereka menjadi partner bisnis.

Namun, perlu diingat, karena modal adalah masalah yang paling krusial dan sensitif maka pastikan untuk membuat perjanjian yang jelas dan mengikat dari awal usaha dibangun. Dengan ide usaha yang baik dan dapat dipercaya, kita juga berpeluang untuk mengajukan pinjaman modal ke bank.

TENTUKAN LOKASI STRATEGIS

Jika kita sudah mempunyai tempat usaha sendiri di lokasi yang strategis, ini sangat menguntungkan. Tapi, lain halnya bila kita belum memilikinya sementara uang untuk menyewa tempat usaha di lokasi strategis terbilang mahal.

Solusinya, kita bisa bermitra dengan seseorang yang sebelumnya sudah memiliki tempat usaha di lokasi strategis. Nantinya, tetapkan sistem bagi hasil. Cara kedua dengan menggunakan booth. Dengan demikian, kita bisa berjualan es kepal Milo di lokasi strategis yang kita mau, seperti di halaman minimarket, tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya sewa tempat.

es kepal milo

Sumber : wiratech.co.id

SIAPKAN BAHAN DAN PERALATAN USAHA

Beberapa list peralatan ini perlu disiapkan sebelum membuka bisnis es kepal Milo :

Gerobak atau Booth

Gerobak atau booth menjadi peralatan yang paling penting dan tidak boleh terlupakan saat akan memulai bisnis es kepal Milo. Selain berfungsi sebagai tempat menjajakan es kepal, booth juga memiliki peran penting dalam menarik perhatian konsumen.

Sebaiknya, berikan hiasan booth yang menarik sehingga calon pelanggan mau berkunjung. Pastikan pula booth yang digunakan dalam keadaan bersih guna menjamin kualitas bahan baku yang digunakan. Tak hanya itu, booth yang bersih juga dapat menciptakan kepercayaan pelanggan terhadap es kepal Milo yang dijajakan.

Storage Pendingin

Peralatan kedua adalah storage dingin yang berfungsi sebagai tempat menyimpan es batu. Ada dua jenis storage pendingin yang bisa digunakan, yakni kulkas atau ice box.

Penyerut Es

Es serut merupakan bahan baku utama yang digunakan untuk pembuatan es kepal Milo. Ada dua jenis penyerut es yang bisa digunakan, yaitu manual dan elektrik. Kita tinggal menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Perlengkapan Lain

Sejumlah perangkat lain yang tak kalah penting untuk dipersiapkan, antara lain toples, serokan es, sendok, kemasan cup atau mangkok plastik.

LAKUKAN PROMOSI

Promosi penting dilakukan dengan segera ketika usaha es kepal mulai berjalan. Meski terlihat sepele, tapi promosi memegang peranan penting agar es kepal Milo yang kita jual dikenal lebih luas daripada usaha sejenis lainnya.

Kita perlu memperhatikan keefektifan promosi, seperti tepat sasaran dengan memanfaatkan media yang sesuai dengan target pemasaran. Target pemasaran es kepal milo tak lain adalah anak-anak sekolah dan remaja maka sebaiknya sebarkan brosur atau pasang banner dekat sekolah-sekolah.

KELOLA KEUANGAN DENGAN BAIK

Apa pun jenis usaha yang dijalankan, pengelolaan keuangan yang baik sangat dianjurkan. Pikirkan juga pembagian keuntungan jika usaha dilakukan bersama mitra bisnis. Hindari laporan keuangan yang buruk atau tidak transparan.

Berbisnis es kepal Milo bukan lagi harapan dengan dana tambahan dari Danabijak sebagai modal awal! Cukup ajukan pinjaman sekarang dan uang akan cair segera.

pinjaman uang online cepat cair

1 Comment

Write a comment
  1. mira sofia
    November 15, 01:43 mira sofia

    terimakasih artikelnya sangat membantu 🙂

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: