Intip 5 Tips Mudik Aman agar Silaturahmi Jadi Lebih Nyaman

Siapa bilang mudik tidak perlu persiapan? Agar sampai di kampung halaman aman dan nyaman, Rekan Bijak perlu memperhatikan tips berikut! Yuk, baca selengkapnya dalam artikel ini.

Intip 5 Tips Mudik Aman agar Silaturahmi Jadi Lebih Nyaman

Intip 5 Tips Mudik Aman agar Silaturahmi Jadi Lebih Nyaman

Faktanya, hampir semua orang menantikan momen mudik  karena di hari tersebut kita bisa melepaskan stress dan penatnya kehidupan kantor. Selain itu, yang terpenting adalah saat di mana kita bisa berkumpul bersama keluarga tercinta atau bersama orang-orang terkasih. Nah, untuk Rekan Bijak yang sangat sibuk di kantor dengan segudang pekerjaan, pastinya perlu beberapa tips agar kegiatan mudik tetap aman dan nyaman.

Yuk, intip 5 tips mudik dari Danabijak berikut ini agar silaturahmi juga menjadi lebih nyaman.

PERSIAPAN MUDIK

mudik

Sumber : www.molto.co.id

1. Gunakanlah waktu dari jauh hari untuk mempersiapkan mudik agar perjalanan kita senantiasa aman, mulai dari pemesanan tiket atau jika Rekan Bijak menggunakan kendaraan pribadi cek terlebih dahulu keadaan kendaraan pribadi tersebut. Jika kita menggunakan jasa trasportasi umum jangan lupa untuk booking tiket minimal 3 bulan sebelum keberangkatan untuk mendapatkan kursi dengan harga yang terjangkau, biasanya 1 bulan sebelum Idul Fitri tiket mudik cepat sekali habisnya, selain itu harganya juga sangat mahal.

2. Untuk Rekan Bijak yang menggunakan kereta api kita bisa cek atau booking 3 bulan sebelumnya. Untuk tiket pesawat kita juga bisa booking 1/2 bulan sebelum mudik. Jika kita booking di tanggal yang berdekatan harga tiket pesawat akan naik jauh lebih mahal. Jangan sampai kita kehabisan pilihan transpotasi umum untuk mudik, apalagi untuk kita yang tidak punya kendaraan pribadi.

3. Memesan tiket saat masih jauh-jauh hari sanggat dianjurkan. Hal ini akan membantu menghemat pengeluaran kita. Untuk Rekan Bijak yang mudik mengunakan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun motor, ingatlah untuk selalu untuk cek kendaraan kita. Bila ada yang perlu diperbaiki, sebaiknya perbaiki semaksimal mungkin agar kendaraan terhindar dari kecelakaan. Bagi kita yang membawa kendaraan pribadi dimohon untuk tidak melebihi kapasitas penumpang karena kelebihan muatan sangatlah berbahaya, pastikan keluarga kita aman dan selamat.

SIAPKAN KONDISI TUBUH YANG SEHAT

mudik

Sumber : www.jakartaforum.co.id

Pejalanan mudik biasanya membutuhkan waktu perjalanan yang lama dan jarak tempuh yang jauh. Oleh karena itu, perhatikanlah asupan makanan & minuman serta pola tidur kita menjelang mudik. Jangan sampai kita batal mudik hanya karena terkena penyakit akibat tidak menjaga tubuh saat puasa. Sangat tidak dianjurkan untuk begadang ketika akan melakukan perjalanan mudik keesokan harinya. Begadang hanya akan membuat badan menjadi lemah. Badan yang lemah menyebabkan kita kehilangan konsentrasi.

Jangan sampai kita lupa atau meninggalkan sesuatu yang penting saat perjalanan mudik. Terlebih untuk Rekan Bijak yang mengendarai kendaraan pribadi, sebaiknya di perjalanan kita meminum multivitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

 PERBEKALAN SELAMA PERJALANAN

Mudik

Sumber : www.kaskus.co.id

Dalam perjalanan mudik pastinya banyak barang yang dibawa, entah itu untuk keperluan pribadi atau bawaan buah tangan yang diperuntukan handai taulan kita di kampung.

1. Agar semua barang dan peralatan yang kita perlukan tidak lupa terbawa, buatlah catatan terlebih dahulu barang apa saja yang hendak dibawa, lalu sisihkanlah barang-barang yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan. Jika ada tambahan yang penting segeralah masukan ke dalam list. Kita bisa mulai menyiapkan barang-barang dan mulai packing. Minimal 3 hari sebelum keberangkatan kita sudah packing segala barang-barang yang akan dibutuhkan, seperti; pakaian, obat pribadi, perlengakapan mandi, dan lainnya.

2. Untuk barang yang dipakai selama perjalanan kita bisa masukan ke dalam day-pack (ransel) atau tas pinggang, barang-barang yang perlu kita masukan di ransel kita adalah, dompet, obat pribadi, hp+charger dan tiket jika kita pergi dengan trasportasi umum.

PERJALANAN

Mudik

Sumber : liputanislam.com

Tiba saatnya untuk melakukan perjalanan, siapkan segala sesuatunya dengan baik dan hati-hati, periksa kembali barang bawaan kita jangan sampai ada yang tertinggal.

1. Bawalah makanan & minuman yang cukup untuk bekal selama perjalanan, jika melakukan perjalanan yang panjang lebih dari dua hari bawalah uang tunai yang cukup dan tidak perlu berlebihan agar terhindar dari kecopetan. Sebelum mudik, lakukan perhitungan kisaran uang yang dibutuhkan selama di perjalanan.

2. Buatlah perhitungan secara detail mengenai kisaran biaya yang diperlukan selama mudik. Hitunglah mulai dari pengeluaran yang besar sampai yang terkecil, seperti biaya parkir, uang tol dan biaya buang air di WC umum, untuk membeli makanan dan minuman selama di perjalanan, bawa juga cemilan yang bisa menahan lapar, seperti, biskuit, roti atau apapun yang bisa mengganjal perut.

3. Gunakanlah pakaian yang nyaman, bawalah jacket agar kita terhindar dari masuk angin jika angin sedang kencang dan hujan. Pakailah pakaian dari bahan katun yang ringan dan mudah menyerap keringat, hindari pakaian yang mecolok dan ketat agar kita tidak diikuti oleh orang jahat. Disarankan juga untuk tidak menggunakan perhiasan pada saat mudik, sebisa mungkin kita mengantisipasi peluang orang yang hendak berbuat jahat.

TINGGALKAN RUMAH DALAM KONDISI AMAN

mudik

Sumber : travelingyuk.com

Jika sudah mepersiapkan semuanya dan siap berangkat mudik, jangan sampai lalai untuk meninggalkan rumah dalam keadaan aman. Pastikan saluran air/listrik/gas sudah dalam keadaan mati atau tidak aktif. Kunci semua pintu rumah, mulai dari pintu pagar, jendela, pintu rumah, pintu kamar hingga pintu lemari.

Mudik adalah perjalanan yang sangat penting, kita akan segera bertemu sanak saudara kita untuk bersilahturahmi dan melepas rindu. Maka dari itu, jagalah diri dan keluarga sebaik mungkin pada saat perjalanan agar kita sampai di kampung halaman dengan sehat walafiat tidak kekurangan suatu apapun.

Semoga lima tips ini bisa bermanfaat bagi Rekan Bijak!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: