Lebih Menguntungkan yang Mana, Investasi atau Menabung?

Uang merupakan hal yang penting di dalam kehidupan manusia, ada berbagai macam upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan uang dan membuat uang menjadi lebih banyak. Salah satu hal positif untuk mendapatkan keuntungan sehingga menghasilkan uang yaitu bekerja, baik bekerja dengan orang lain atau membuka suatu usaha.

Lebih Menguntungkan yang Mana, Investasi atau Menabung?

Lebih Menguntungkan yang Mana, Invesitasi atau Menabung?

Setelah mendapatkan keuntungan dari hal-hal positif tersebut, selanjutnya bagaimana caranya uang yang ada menjadi sesuatu hal yang akan menguntungkan kita. Cara yang dapat dilakukan seperti melakukan investasi dan menabung.

Mungkin Rekan Bijak bingung, bukannya investasi dan menabung itu sesuatu hal yang sama? kedua kegiatan tersebut merupakan hal yang berbeda, salah satu hal perbedaan yang sangat terlihat yaitu keuntungan yang dihasilkan dari kedua kegiatan tersebut berbeda. Lalu, lebih menguntungkan melakukan investasi atau menabung ya?

Investasi

Menguntungkan

Sumber : ellen-may.com

Sebelum mengetahui perbandingan mengenai lebih menguntungkan mana, investasi atau menabung, sebaiknya Rekan Bijak mengetahui terlebih dahulu mengenai arti dari investasi itu sendiri.

Investasi adalah menanam sebuah modal terhadap aset pada periode tertentu yang diharapkan akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari modal awal atau salah satu cara dalam membuat uang menjadi lebih banyak dari yang kini Rekan Bijak punya. Investasi merupakan sebuah uang dari sektor rumah tangga atau orang secara pribadi yang kemudian pindahkan menjadi uang yang dikelola oleh sebuah perusahaan yang untuk mendapatkan sejumlah uang yang jauh lebih banyak dari modal utama.

Menguntungkan

Sumber : indoworx.com

Investasi dilakukan dengan jangka waktu yang panjang, biasanya jika Rekan Bijak melakukan investasi, keuntungan yang akan didapatkan jika sudah lima tahun atau lebih. Dalam melakukan kegiatan investasi, Rekan Bijak tidak bisa secara mendadak mengambil uang yang dihasilkan dari investasi, karena, investasi dilakukan dengan periode tertentu.

Jika menabung menggunakan sejumlah uang, dalam investasi yang digunakan berupa aset seperti, emas, saham dan lain sebagainya. Investasi bersifat jangka panjang, oleh karena itu, kegiatan dari investasi biasanya berguna untuk mempersiapkan dana di hari tua, memenuhi biaya pendidikan anak atau cucuk di masa yang akan datang.

Menabung

Menguntungkan

Sumber : cheese-chicken.com

Sebelum mengetahui perbandingan mengenai lebih menguntungkan mana, investasi atau menabung, sebaiknya Rekan Bijak mengetahu terlebih dahulu mengenai arti dari menabung itu sendiri.

Menabung adalah sebuah kegiatan dimana Rekan Bijak mengumpulkan sejumlah uang dengan waktu yang cukup lama, yang berfungsi untuk menyimpan uang tersebut dan Rekan Bijak dapat menggunakannya saat ada keperluan. Uang yang Rekan Bijak simpan atau tabung dapat ditarik kembali kapanpun Rekan Bijak membutuhkannya.

Menguntungkan

Sumber : fpwoman.co.jp

Dahulu, menyimpan uang atau menabung menggunakan tempat atau yang biasa disebut dengan celengan, yang dapat ditaruh atau disimpan di rumah atau dimanapun Rekan Bijak taruh. Seiring berkembangnya zaman, dan teknologi, menyimpan uang atau menabung tidak perlu lagi menggunakan celengan, Rekan Bijak dapat menyimpan uang atau menabungkan uang di Bank.

Biasanya kegiatan menabung dilakukan dalam jangka waktu yang pendek, dimana Rekan Bijak menyimpan uang atau menabung untuk sebuah keperluan yang jangka waktunya sekitar satu sampai lima tahun saja. Ketika menabung, Rekan Bijak mendapatkan akses untuk menyimpan uang atau mengambil kembali uang yang Rekan Bijak simpan dengan mudah, dan Rekan Bijak dapat melakukannya dengan leluasa, tergantung pada diri Rekan Bijak sendiri.

Investasi atau Menabung

Menguntungkan

Sumber : ciputrauceo.net

Setelah mengetahui makna serta arti dari investasi dan menabung itu sendiri, selanjutnya baru membahas mengenai mana yang lebih menguntungkan antara investasi dan menabung. Untuk keuntungan, sebenarnya keduanya memiliki keuntungan yang berbeda, karena, investasi memiliki jangka waktu yang panjang, sedangkan menabung memiliki jangka waktu pendek.

Jika Rekan Bijak membutuhkan keuntungan yang dapat digunakan untuk keperluan lebih dari 10 tahun, seperti untuk keperluan hari tua atau dana pensiun, untuk keperluan biaya pendidikan anak dan cucu, maka, sebaiknya Rekan Bijak melakukan kegiatan investasi. Dengan melakukan kegiatan investasi, maka, Rekan Bijak akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar (tergantung dari jenis investasi yang Rekan Bijak ikuti) dan tidak perlu takut jika uang sehari-hari tercampur dengan uang untuk keperluan masa yang akan datang.

Menguntungkan

Sumber : Leaderonomics.com

Namun, jika Rekan Bijak membutuhkan keuntungan yang tidak terlalu besar, kemudian dapat digunakan secara mendadak jika ada keperluan mendesak, maka, menabung adalah solusi yang baik. Dengan menabung, keuntungan yang didapatkan oleh Rekan Bijak jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan melakukan investasi, karena, keuntungan dari menabung hanya didapatkan dari seberapa seringkah Rekan Bijak menabung, seberapa banyak uang yang di simpan, dan bunga yang ditetapkan (khususnya di Bank).

Oleh karena itu, jika harus memilih lebih menguntungkan mana, antara investasi atau menabung, maka, melakukan kegiatan investasi adalah hal yang membuat Rekan Bijak mendapatkan keuntungan yang lebih.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahukan mana yang lebih menguntungkan antara invetasi atau menabung? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca ulang artikel diatas ya!

Menguntungkan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: