Mana yang Lebih Untung : Investasi Jangka Panjang atau Pendek?

Banyak orang yang menyarankan untuk bermain investasi. Pasalnya, investasi bisa dikatakan, kita hanya perlu duduk diam sambil menunggu kapan dapat untung, walaupun sebenarnya tidak sesederhana itu. Investasipun dibagi dua, yakni jangka panjang dan jangka pendek. Di antara keduanya, yang manakah yang paling menguntungkan untuk kamu?

Mana yang Lebih Untung : Investasi Jangka Panjang atau Pendek?

Mana yang Lebih Untung : Investasi Jangka Panjang atau Pendek?

Rekan Bijak mungkin bingung, apa yang lebih baik dan menguntungkan : Investasi jangka pendek atau investasi jangka panjang. Investasi-investasi ini bisa dikatakan penting, karena sesuai dengan teori 3 motif memegang uang, investasi merupakan salah satu motif dari ketiga motif tersebut. Investasi itu penting karena bisa mendapatkan untung tanpa perlu benar-benar berusaha seperti bekerja.

Dengan begitu, investasi masih sering diminati oleh orang-orang. Namun, orang-orang masih sering bingung, lebih baik investasi jangka panjang, atau investasi jangka pendek, karena keduanya sama-sama bisa dikatakan memberikan keuntungan, dengan risiko yang berbeda-beda, tergantung dengan kesiapan. Lalu, apa yang lebih menguntungkan? Investasi jangka panjang atau jangka pendek?

Ketahuilah Dahulu Jenis-Jenis Investasinya

investasi jangka

Jenis-jenis investasi ada banyak. Jika kamu fokus pada investasi dengan jangka panjang, ada banyak jenis investasi tersebut. Yang biasanya orang-orang mainkan adalah investasi emas, rumah, tanah dan reksadana. Namun, ada juga investasi-investasi yang bisa dimainkan untuk jangka panjang, di antaranya adalah mobil, lukisan tua, barang-barang antik, bahkan buku-buku yang sudah tidak terpakai, jika nilainya sudah tinggi dan barangnya sudah sulit ditemukan, apalagi jika barang tersebut merupakan limited edition, harganya pasti tinggi. Untuk investasi ini biasa dimainkan oleh masyarakat biasa yang memang mempersiapkan masa depan.

Sedangkan untuk jangka pendek, jenis-jenisnya adalah seperti mulai dari deposito, saham, hingga forex. Jenis-jenis dari investasi jangka pendek ini biasanya dimainkan oleh orang-orang yang memang menyukai dunia investasi dan memang merupakan salah satu sumber penghasilan, namun tidak sedikit yang bermain hanya untuk sekedar iseng dan cari pengalaman.

Melihat Risiko dari Kedua Investasi

investasi jangka

Investasi jangka panjang cenderung lebih tidak berisiko. Mengapa? Karena, hampir semua jenis investasi dengan jangka panjang, mempunyai harga yang naik dan konsisten dengan harganya yang naik tersebut. Memang, terkadang pasti ada turunnya juga, namun perlu diketahui, bahwa jika turun, namun dalam waktu yang panjang, yakni lebih dari 1 tahun, bahkan mungkin bisa puluhan tahun, turunnya nilai dari barang yang diinvestasikan tersebut tidak akan terlalu dirasakan, karena nilainya pasti naik dalam jangka waktu yang panjang.

Sedangkan untuk yang jangka pendek, investasi ini cenderung lebih berisiko. Mengapa? Karena dalam investasi dengan jangka pendek, segala sesuatu bisa naik turun dan tidak jelas, tergantung dengan kondisi perusahaan atau suatu negara. Oleh karena itu, ketika bermain investasi ini, harus benar-benar sambil membaca berita dan terus update dengan informasi yang jelas.

Dilihat dari Sisi Urgensinya

investasi jangka

Dari sisi urgensinya, investasi jangka panjang lebih kurang memberikan efeknya. Mengapa? Ketika kita mendengar kata urgensi, pastinya merupakan sesuatu yang harus secepat mungkin suatu masalah diselesaikan. Urgensi ketika membutuhkan uang adalah salah satu masalah, dan investasi jangka panjang kurang tepat digunakan ketika terjadi masalah urgensi membutuhkan uang, karena investasi tersebut memang akan menguntungkan dalam jangka waktu yang lama, sehingga dalam waktu yang dekat, jika uangnya diambil, untungnya bisa saja sedikit bahkan cenderung tidak ada.

Sedangkan untuk jangka pendek, berinvestasi ketika terdapat suatu urgensi keuangan, dengan investasi ini bisa menjadi opsi untuk kamu mencari uang. Memang, investasi ini cenderung berisiko, namun jika kamu mengerti dengan cara menanggulangi risikonya, ditambah lagi kamu sudah sering bermain investasi jangka pendek, kamu akan lebih mengerti cara mendapatkan untungnya.

Kerentanan terhadap Inflasi

investasi jangka

Investasi jangka panjang maupun pendek akan sama-sama terkena efek dari inflasi. Namun, perlu diingat, dalam hal inflasi, investasi dengan jangka panjang akan lebih menguntungkan karena memiliki valuasi yang lebih tinggi daripada efek inflasi, berkat dari efek compounding yang membuat efek inflasi tidak terasa, sehingga tetap menguntungkan walaupun tidak terlalu besar.

Sedangkan, untuk investasi jangka pendek, investasi yang ada akan terpengaruh oleh efek dari inflasi. Semakin tinggi inflasi, semakin rendah nilai jual harga saham. Oleh karena jika inflasi terjadi, kemampuan masyarakat untuk membeli barang pun berkurang, ditambah lagi jika tidak diseimbangi dengan gaji yang cukup untuk masyarakat. Oleh karena itu, investasi dengan jangka pendek bisa terpengaruh inflasi dengan efek yang cukup besar, apalagi jika inflasinya tinggi.

Efek Compounding

investasi jangka

Efek compounding adalah kemampuan sebuah aset yang mampu menghasilkan keuntungan yang kembali diinvestasikan agar kemudian mampu menghasilkan keuntungan lagi. Untuk hal ini, investasi jangka panjang lebih mampu menghasilkan keuntungan, karena investasi dengan jangka panjang mempunyai keuntungan yang lebih terjamin dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

Sedangkan, efek compounding pada investasi dengan jangka pendek biasanya tidak terlalu besar, karena memang jangka waktunya pendek, sehingga “tidak memberikan kesempatan” untuk efek compounding membuat dirinya untuk benar-benar terjamin keuntungannya.

Nah, Rekan Bijak, apakah kamu tertarik untuk bermain investasi? Untuk kamu yang memang seorang karyawan biasa atau mempunyai pendapatan yang tidak terlalu besar, lebih baik kamu bermain investasi jangka panjang, karena jangka pendek terlalu berisiko sehingga tidak terlalu menguntungkan untuk orang-orang dengan pendapatan yang tidak terlalu besar. Namun jika kamu mempunyai pendapatan yang cukup besar sehingga menyisakan uang yang masih banyak, jika kamu hanya ingin sekedar iseng dan cari pengalaman, bermain investasi jangka pendek adalah pilihan yang tepat.

investasi jangka

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: