Investasi Jangka Panjang Lawan Investasi Jangka Pendek. Untung Mana?

Banyak Orang yang sedang mempertimbangkan tentang Investasi. Dan mereka pun juga dihadapkan oleh dua pilihan : Investasi Jangka Panjang atau Investasi Jangka Pendek? Lalu, yang mana lebih menguntungkan dan yang mana yang lebih merugikan sehingga harus dihindari?

Investasi Jangka Panjang Lawan Investasi Jangka Pendek. Untung Mana?

Investasi Jangka Panjang Lawan Investasi Jangka Pendek. Untung Mana?

Siapa yang tidak ingin Investasi? Investasi, atau biasa disebut sebagai penanaman modal, sangatlah menguntungkan disaat-saat ini, karena dianggap sebagai tabungan, baik untuk beberapa saat maupun untuk di Masa Depan. Namun, harus diingat, Penanaman Modal juga harus berhati-hati karena adanya risiko-risiko yang berseliweran dimana-mana. Risikonya pun tidak kecil bahkan cenderung besar.

Penanaman Modal dikenal ada dua macam, yaitu Jangka Panjang dan Jangka Pendek. Investasi ini bisa dijadikan mata pencaharian oleh beberapa orang, tetapi juga bisa dijadikan tabungan untuk masa depan, ketika tidak terlalu memakai uangnya tersebut dan hanya ingin ditarik disaat-saat tertentu di masa depan.

Lalu, Bagaimana keuntungan diantara kedua gaya Investasi ini? Inilah perbedaan keuntungan dan kerugian antara Investasi Jangka Panjang dan Jangka Pendek

Jangka Panjang

Investasi

Sumber : Arabbank.com

Investasi Jangka Panjang merupakan Penanaman Modal yang biasanya dana yang kita masukkan akan diputar dan dapat diambil setelah 1 tahun. Penanaman Modal Jangka Panjang ini juga biasanya juga dilakukan oleh suatu perusahaan dalam langkah untuk menguasai suatu perusahaan. Namun juga bisa sebagai tempat tabungan uang agar saat ditarik, uangnya cenderung lebih stabil dan sesuai dengan perkembangan inflasi.

Bentuk-bentuknya bisa jadi Saham, Asuransi, Tanah, Bangunan, Reksa dana dan Emas.

Biasanya, Investasi Jangka Panjang akan dilakukan jika ingin mempererat hubungan antar perusahaan atau pun untuk menguasai suatu perusahaan tertentu, setelah adanya proses-proses tertentu. Keuntungan-keuntungan dari Penanaman Modal Jangka Panjang ini adalah :

Tidak ada kekhawatiran tertentu
Penanaman Modal Jangka Panjang dapat dianggap sebagai penanaman modal yang tidak mengkhawatirkan, karena sifatnya yang hanya untuk sebagai suatu tabungan dan tidak perlu mengkhawatirkan resiko-resiko yang dihadapi.

Memungkinkan Investor mendapatkan Keuntungan terus-menerus
Investor bisa mendapatkan keuntungan terus menerus nantinya di Masa Depan. Investor akan terus mendapatkan pemasukan karena Nilainya akan cenderung lebih Stabil dibandingkan jika memilih Jangka Pendek.

Kebutuhan bersifat Jangka Panjang lebih terpenuhi
Kebutuhan yang bersifat jangka panjang akan lebih terpenuhi akibat dari keputusan untuk menanam modal jangka panjang, jadi uang itu bisa diambil sewaktu-waktu ketika sedang ada urgensi untuk mendapatkan uang.

Jangka Pendek

investasi

Sumber : Usahainvestasi.com

Investasi Jangka Pendek adalah Penanaman Modal yang segera dicairkan atau didanai oleh dana yang bersifat sementara yang dimiliki oleh suatu perusahaan untuk dimiliki selama 12 bulan atau mungkin kurang.

Bentuk-bentuknya bisa jadi Saham, Tabungan, Deposito dan Surat Utang Jangka Pendek.

Biasanya, Penanaman Modal Jangka Pendek bertujuan untuk memanfaatkan kelebihan dana yang mungkin bingung dananya mau dikemanakan, juga biasanya untuk mendapatkan dana tambahan, walaupun sifatnya cukup berisiko. Oleh karena itu, Penanaman Modal Jangka Pendek cukup berbahaya untuk orang-orang awam yang tidak punya pengalaman dalam berinvestasi.

Keuntungan-keuntungan yang didapatkan dalam Investasi Jangka Pendek adalah :

Keuntungan yang cepat didapatkan
Keuntungan dalam Investasi Jangka Pendek cenderung lebih mudah didapatkan dengan cepat, karena memang Investasi ini bersifat cepat dan lebih mudah untuk didapatkan. Tetapi, sifatnya masih 50-50 sehingga mungkin saja bukan keuntungan yang didapatkan, melainkan kerugian.

Untuk pemenuhan kebutuhan jangka pendek
Pemenuhan Jangka Pendek dengan memakai Investasi Jangka Pendek cenderung berisiko, namun juga punya kecenderungan untuk memiliki keuntungan yang cukup besar.

Kemampuan memenuhi kebutuhan yang bersifat urgensi
Jika kamu tipe orang yang menyukai mendapatkan risiko, ditambah lagi jika kamu orang yang memang sangat menyukai tantangan, dan juga kamu sudah berpengalaman dalam investasi, kamu bisa memakai penanaman modal jangka pendek sebagai salah satu cara mendapatkan uang.

Lalu, yang mana yang lebih baik?

Investasi

Sumber : VPIAssetManagement.com

Sebenarnya, ini hanya masalah dari pengalaman dan cara berpikir, juga pengetahuan. Jika kamu seseorang yang belum berpengalaman dan hanya ingin mencoba-coba, sangat direkomendasikan untuk memakai Penanaman Modal Jangka Panjang. Selain Risikonya lebih kecil, juga masih kurangnya pengalaman dan pengetahuan, kamu juga bisa banyak belajar tentang Penanaman Modal.

Beda halnya dengan Investasi Jangka Pendek, yang cenderung berisiko dan tidak ada jaminan pasti untung. Penanaman Modal Jangka Pendek ini lebih baik dilakukan oleh orang-orang yang cukup berpengalaman dalam dunia investasi ini. Jika kamu memang punya modal lebih, ditambah juga kamu mempunyai mental yang kuat, juga pengalaman dan pengetahuan yang banyak tentang Penanaman Modal, kamu bisa mencoba Penanaman Modal Jangka Pendek.

Selamat mencoba, Rekan Bijak!

Investasi

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: