Tentang Investasi Properti, Investasi Untung yang ‘Bikin Nagih’

Investasi properti sekarang ini mungkin dapat dikatakan sedang berada di puncak-puncaknya. Fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi seluruh dunia, mengingat memang, orang membutuhkan bangunan, baik untuk berbisnis, untuk tinggal, atau pun beribadah. Dapat dikatakan, investasi ini investasi yang hampir pasti menguntungkan.

Tentang Investasi Properti, Investasi Untung yang ‘Bikin Nagih’

Tentang Investasi Properti, Investasi Untung yang 'Bikin Nagih'

Rekan Bijak, apakah kamu sedang mencari investasi untung? Ataupun investasi yang bisa memberikan uang banyak, menguntungkan, dan tidak perlu lelah menunggu waktu agar mendapatkan untung yang tidak sedikit dengan risiko yang tidak banyak? Sayangnya, investasi seperti itu tidak ada. Namun, yang mendekati investasi seperti itu pun ada, dan kebanyakan dari investasi tersebut adalah investasi jangka panjang, seperti rumah, tanah atau pun emas. Investasi untung seperti ini dapat dikatakan hampir pasti untung, walaupun tidak pasti dan waktunya pun lama.

Investasi untung seperti ini kebanyakan cukup menguntungkan di bidang properti. Bahkan, dapat dikatakan, investasi properti merupakan investasi paling menarik dan menjanjikan. Mengapa? Karena investasi properti merupakan investasi yang memang pasti harganya naik. Ditambah lagi, orang pasti memerlukan properti, baik untuk sesuatu seperti penelitian, tempat tinggal, atau tempat usaha.

Investasi untung seperti investasi properti memang sangatlah digemari, apalagi oleh orang-orang yang memang mempunyai uang yang berlebih. Investasi properti ini juga berbentuk bangunan. Dan bangunan memang sangatlah dibutuhkan.

investasi untung

Kita pada awalnya perlu mengetahui apa saja bentuk-bentuk dari properti. Menurut Michael C. Thomsett dan Jean Freestone Thomsett, bentuk umum properti ada 3. Pertama adalah Residential Property, yang berbentuk apartemen maupun rumahan, dan pada intinya adalah tempat tinggal. Kedua adalah Commercial Property, yang berbentuk untuk kepentingan ekonomi dan bisnis seperti gedung bisnis, gedung penyimpanan barang, atau pun ruko. Dan ketiga adalah Industrial Property, yang berbentuk seperti bangunan pabrik dan untuk pabrik-pabrik tertentu.

Properti-properti ini, selama memang dipunyai oleh seseorang, orang tersebut boleh melakukan apapun yang ia mau, selama tetap berada dibawah suatu perjanjian tertentu, sehingga tidak menyalahi hukum. Ia juga dapat menyewakan properti tersebut. Tetapi satu hal yang pasti, jika sudah mempunyai satu aset properti dan menggunakannya untuk kepentingan modal di masa depan, itu sudah bisa disebut investasi, dan karena properti harganya hampir dipastikan naik, investasi tersebut dapat dikatakan sebagai investasi untung.

investasi untung

Sumber : Liputan6.com

Walau hampir pasti harga naik dan menguntungkan, namun ada juga orang-orang yang bisa salah dalam berinvestasi properti, karena salah perhitungan atau pun gegabah dalam berinvestasi. Padahal, dalam berinvestasi properti, butuh ketelitian dan kejelian agar investasinya menjadi sesuatu yang menguntungkan. Apalagi butuh hoki yang cukup besar dalam berinvestasi dengan untung yang besar.

investasi untung

Sumber : Simplyhomy.com

Namun, tentunya ada solusi dari masalah-masalah tersebut. Ada tips dan strategi dalam berinvestasi properti agar investasi properti ini bisa menjadi investasi untung. Lalu, apa saja strategi dan tips-tips agar berinvestasi properti bisa untung? Simak tips-tipsnya!

  1. Temukan Pengembang yang Baik dan Mempunyai Reputasi yang Bagus
    Hal ini penting dalam pengembangan properti ke arah selanjutnya. Jika kamu berinvestasi suatu properti, namun pihak pengembangnya memiliki reputasi yang buruk dalam dunia properti, lebih baik kamu tinggalkan karena ditakutkan akan membuat suatu proyek properti yang berjalan di tempat dan membuat orang-orang tidak tertarik.
  2. Cermati Lokasi yang Dipilih
    Lokasi merupakan hal kedua yang paling penting dalam berburu properti. Suatu properti yang mempunyai tempat yang strategis, seperti dekat dengan gedung-gedung perkantoran, tempat perbelanjaan, hingga dekat dengan pusat pelayanan publik merupakan tempat terbaik untuk properti.
  3. Perhatikan Harga Properti
    Harga Properti juga sangat penting. Ingat, jangan membeli suatu properti yang akan diinvestasikan dengan harga yang terlalu murah karena mungkin saja punya potensi besar bahwa tempat tersebut tak akan berkembang. Juga jangan membeli suatu properti dengan harga terlalu mahal, jadi sebisa mungkin mempunyai properti yang harganya berada ditengah-tengah.
  4. Lihat Sampel-Sampel Properti yang Ada
    Di tengah properti yang sedang booming, kamu memang diharuskan untuk memilih sampel properti terbaik yang ada dan tersedia. Kamu harus teliti dalam pemilihannya, seperti yang harganya paling terjangkau, lalu juga lokasi yang baik, dan pihak pengembang yang dikenal mempunyai reputasi yang tidak jelek.
  5. Diversifikasi Properti
    Seperti saham, properti juga membutuhkan diversifikasi. Namun ini untuk orang-orang yang uangnya mungkin cukup berlebih. Diversifikasi properti memang sangatlah dibutuhkan, untuk bisa mendapatkan keuntungan yang berlebih.
  6. Jangan Lupa untuk Memasarkannya
    Memasarkan properti agar bisa disewa atau dibeli oleh customer merupakan hal terakhir sekaligus juga paling penting. Jika kamu memasarkannya, siapa yang tahu kamu akan menjual atau menyewakan properti tersebut?

Nah Rekan Bijak, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu tertarik untuk ikut berinvestasi properti? Seperti yang tadi dikatakan, berinvestasi properti hampir pasti untung, namun kamu harus hati-hati juga dalam menetapkan harganya! Investasi properti memang merupakan investasi untung, namun harus tetap mempunyai kejelian dalam berinvestasi properti!

investasi untung

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: