Melihat 6 Jenis Layanan Inklusi Keuangan Digital yang Sering Dipakai

Inklusi Keuangan merupakan terma yang awalnya diciptakan oleh Bank Dunia untuk mencapai suatu efektivitas dan efisiensi yang bisa menjadi akses untuk seluruh golongan dan kelas, jadi semuanya pun bisa setara dalam penggunaan uang dan dapat memakai teknologi dengan baik. Salah satunya dengan cara digitalisasi inklusi keuangan, dan jenis digitalisasinya pun banyak.

Melihat 6 Jenis Layanan Inklusi Keuangan Digital yang Sering Dipakai

Melihat 6 Jenis Inklusi Keuangan Digital yang Sering Dipakai

Rekan Bijak, apakah kamu pernah mendengar tentang inklusi keuangan? Jika tidak, mungkin itu hal yang biasa, padahal pada kenyataannya, inklusi keuangan ini sering dipakai di masyarakat secara sehari-hari, baik sadar maupun tidak sadar. Inklusi keuangan, atau bahasa kerennya, financial inclusion, menurut Bank Dunia adalah individu-individu atau bisnis-bisnis mempunyai akses untuk mempunyai keuangan yang cukup untuk mampu membeli barang-barang atau pun jasa dengan cara yang efektif dan berkelanjutan.

Financial Inclusion ini pada kenyataannya sering kita pakai untuk transaksi sehari-hari, dan pada kenyataannya, inklusi keuangan ini sudah memasuki ranah digital dan memang harus masuk ke ranah tersebut karena ranah tersebut sudah menyediakan solusi yang berkelanjutan, efisien dan efektif sehingga bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang ada. Lalu, apa sajakah layanan inklusi keuangan digital yang kita pakai sehari-hari secara tidak sadar? Simak, Rekan Bijak!

ATM Bank dan Alat Geseknya

inklusi

Sumber : Kumparan.com

ATM Bank bisa dikatakan sebagai inklusi keuangan digital paling pertama yang ada. Tentunya, masih banyak orang yang memakai kemudahan dari ATM ini. Kemudahan penggunaan ATM ini dimulai dari mudahnya menyimpan uang dalam bentuk digital dan tanpa perlu celengan, lalu jika memerlukan uang, hanya perlu menariknya dari ATM-ATM terdekat, dan lain-lain kemudahannya.

Ditambah lagi kemudahan lainnya seperti adanya penggesekkan kartu. Dengan adanya alat gesek ini, orang-orang tidak perlu lagi mengeluarkan uang dalam bentuk kertas, melainkan hanya dengan memakai kartu, dan saldo pun akan berkurang. Dengan kemudahan tersebut, orang tidak perlu membawa banyak uang. Cukup memakai kartu. Apalagi sekarang ini ada yang dengan memakai kartu kredit, yang berbeda dengan kartu debit, yang penggunaannya lebih mudah lagi, dengan cara meminjam uang di bank lalu uangnya akan dikembalikan di akhir bulan dengan memakai sistem pemotongan saldo debit otomatis.

Tabungan Digital

inklusi

Sumber : Kreditgogo.om

Sepertinya kegiatan menabung sudah menjadi kegiatan untuk orang-orang biasa, karena menabung memang pada hakikatnya adalah sesuatu yang penting. Namun, sekarang ini ada yang dinamakan dengan menabung secara digital, dan pada kenyataannya, orang-orang mulai beralih dari tabungan konvensional ke tabungan digital, dengan alasan yang sederhana : Lebih mudah untuk dipantau.

Menabung secara digital pun sekarang ini sudah digunakan sehari-hari dan menjadi suatu hal yang biasa. Tabungan digital ini juga bisa memberikan bunga-bunga tertentu sehingga sangatlah menguntungkan, dengan tenggat waktu pengambilan uang tertentu. Tentunya, kelemahan dari sistem ini juga ada, karena risiko ancaman hacking terhadap akun nasabah pun akan selalu ada.

ATM di Ponsel/M-Banking

inklusi

Sumber : CR2.com

M-banking mungkin sudah sangat biasa dalam masyarakat, karena sistem ini sendiri sudah ditawarkan oleh bank-bank swasta yang ada di Indonesia. Keunggulan sistem m-banking ini pun juga sangatlah banyak. Efektivitas dan efisiensi yang ditawarkan oleh aplikasi ini membuat m-banking sangatlah menarik orang-orang yang lebih suka untuk bertransaksi lewat ATM namun karena tidak ingin keluar rumah, mereka memakai m-banking.

Tentunya, alasan lain penggunaan m-banking selain karena efisiensi dan efektivitas, juga karena m-banking juga bisa memberikan informasi keterangan tertentu secara langsung, tidak seperti ATM-ATM tertentu yang biasanya tidak menyediakan fitur-fitur pemberian keterangan atau informasi-informasi tertentu terhadap orang-orang yang dikirimkan uangnya. Pengecekan saldo pun juga lebih mudah.

E-Money

inklusi

Sumber : Indonesiana.tempo.co

E-money merupakan fitur yang tidaklah baru, namun juga termasuk dalam inklusi keuangan digital. Kemudahan yang diberikan oleh e-money, seperti cara pembayaran yang dengan hanya cara tapping dan langsung bisa membayar, merupakan cara yang sekarang ini dipakai oleh banyak perusahaan-perusahaan, terutama yang berhubungan dengan fasilitas-fasilitas negara seperti jalan tol atau pun busway.

Fasilitas yang diberikan e-money tentunya sangatlah menguntungkan dalam maslah efektivitas dan efisiensi. Efektivitas dan efisiensi yang dengan hanya tapping tentunya akan membuat segala sesuatu lebih cepat di dunia yang satu hari hanya 24 jam ini.

Uang Internet/Aplikasi

inklusi

Sumber : Bisnisaffiliasi.com

Uang internet atau uang aplikasi biasanya digunakan ketika sedang memakai suatu aplikasi tertentu, dan sekarang ini sedang sangatlah menjamur. Uang-uang macam ini biasanya disimpan di akun-akun aplikasi tertentu, dengan pengisian uangnya bisa melalui gerai-gerai tertentu atau pun bisa melalui ATM. Kita bisa beri contoh seperti yang sedang booming yakni Go-Pay maupun Grab-Pay, yang dengan hanya mengirimkan uang dalam aplikasi kepada ojeknya secara langsung tanpa perlu uang kertas.

Uang aplikasi pun sudah sangatlah berguna dan sangat diminati oleh orang-orang karena kemudahan dalam pemakaiannya dan tidak sama sekali merepotkan, sehingga orang-orang sangat tertarik dengan pemakaian uang tersebut. Ditambah lagi, uang aplikasi pun juga bisa menaikkan rating terhadap aplikasi yang ada.

Fitur Pinjaman Uang

inklusi

Fitur pinjaman uang ini sedang dikembangkan oleh banyak aplikasi-aplikasi kredit secara online. Fitur pinjaman secara online ini bisa dikatakan cukup baru di Indonesia, dan perusahaan-perusahaan yang bermain dalam fitur pinjaman secara online ini masih banyak yang baru. Tentunya, pinjaman uang secara online ini biasanya peminjaman dilakukan dengan jangka waktu yang pendek dengan tingkat bunga tertentu.

Fitur pinjaman uang secara online ini kamu bisa lihat di Google, dan salah satu wadah yang menyediakan fitur pinjaman secara online adalah Danabijak. Danabijak dikenal sebagai produk yang memang bunganya rendah dengan kemudahan peminjaman dan tidak merepotkan.

Bagaimana dengan kamu Rekan Bijak? Apakah kamu menyukai inklusi keuangan digital yang ada? Ketika kamu sedang membaca ini, kamu pastinya mempunyai salah satu inklusi keuangan secara digital yang ada!

inklusi

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: