6 Jurus Cukup Jitu Dalam Menyelesaikan Masalah Utang

Di zaman sekarang ini, makin banyak orang yang berutang untuk membeli banyak hal, seperti membeli barang untuk keperluan bisnis, membeli Ponsel Pintar, atau pun untuk membeli rumah. Namun, tidak jarang dengan keberadaan utang ini, malah menjadi bumerang dan masalah bagi orang yang berutang.

6 Jurus Cukup Jitu Dalam Menyelesaikan Masalah Utang

6 Jurus Cukup Jitu Dalam Menyelesaikan Masalah Utang

Rekan Bijak, apakah rekan sedang terlilit utang yang cukup banyak, karena hal-hal seperti mencicil Smartphone, mencicil Rumah, atau mungkin mencicil Mobil? Atau berutang atau meminjam pada Bank, teman, atau orang lainnya karena kegagalan dalam berbisnis? Jika Rekan Bijak mengalami hal tersebut, tenang saja. Apapun masalah yang dihadapi dengan kepala dingin, pasti bisa dilewati dengan baik.

Nah, Rekan Bijak, jika Rekan Bijak memang sedang mengalami hal-hal yang diatas tersebut, Rekan Bijak patut melakukan hal-hal yang akan ada dibawah ini. Rekan Bijak memerlukan strategi dan kesabaran, juga komitmen dalam memakai jurus-jurus dalam menghadapi utang. Lalu, apa sajakah cara-cara untuk menyelesaikan masalah utang? Inilah 6 jurus jitu dalam menghadapi masalah utang!

Memprioritaskan Masalah Utang

Utang

Sumber : Kaskus.co.id

Jika kamu masih menganggap remeh utang dan tidak memprioritaskan utang, maka kamu berada dalam posisi yang berbahaya. Mengapa? Karena dalam berutang, kamu harus membayar dan kamu memiliki tanggung jawab yang mengharuskan kamu untuk membayar. Ketika kamu ingin membeli Smartphone, kamu dapat melakukannya kapan pun dengan tinggal memilih tanggal untuk membelinya dengan harga tertentu.

Namun ketika kamu mempunyai utang, utang tersebut mempunyai jangka waktu dan memang kamu harus membayar utang tersebut di tanggal yang sama, atau jika kamu tidak mampu membayarnya, kamu malah akan mendapatkan bunga yang mungkin saja lebih besar, atau yang lebih parah lagi, kamu akan dihadapkan ke pengadilan karena gagal membayar utang. Jadi kamu harus berpikir panjang sebelum berutang.

Menjual Barang yang Tidak Terlalu Terpakai

Utang

Sumber : Makemac.com

Jika kamu mempunyai banyak barang yang tidak terlalu terpakai atau bahkan memang tidak dipakai karena barangnya hanya kamu beli untuk sesaat dan memang tidak terlalu dibutuhkan, sangat disarankan untuk dijual, karena selain hanya akan memenuhi ruangan atau rumahmu, itu juga akan menjadi barang yang tidak berguna, dan paling tidak kamu bisa mendapatkan nilai berupa uang dari barang tersebut ketika dijual, dan uang tersebut bisa kamu pakai untuk membayar utang.

Misalkan, kamu mempunyai Televisi. Namun, karena kamu pergi dari Rumah sejak pagi jam 8, lalu pulang kembali jam 9 malam sehingga tidak mempunyai waktu untuk menonton Televisi, lebih baik kamu menjualnya dengan harga yang pas, karena memang kamu tidak memakai Televisi tersebut, dan zaman sekarang pun, jika kamu ingin menonton, kamu bisa memakai Smartphone kamu.

Tidak Berutang untuk Sementara

Utang

Sumber : Dream.co.id

Jika kamu sudah mempunyai tanggungan utang, lebih baik kamu tidak berutang kemana pun lagi! Mengapa? Karena jika kamu kembali berutang, otomatis tanggunganmu dalam membayar utang lebih berat, dan kamu tidak bisa menikmati barang-barang yang mungkin kamu bisa bayar secara langsung, namun karena terkendala pembayaran utang, kamu jadi tidak bisa menikmatinya.

Lebih baik kamu sudah harus mempunyai proyeksi uang untuk ke depannya, jadi kamu lebih mengetahui proyeksi pembayaran utang. Jadi, misalkan kamu mempunyai utang 6 Juta Rupiah, dan kamu cicil dengan bunga 1 persen dalam waktu 6 Bulan dengan gaji 5 Juta Rupiah per Bulan, kamu dapat membuat proyeksi untuk mengeluarkan uang, jadi ketika kamu ingin berutang kembali, kamu dapat memproyeksikan apakah uangmu akan cukup untuk sehari-hari jika kamu berutang lagi.

Mencari Uang dari Luar

utang

Sumber : Majalah.ottencoffee.co.id

Khususnya untuk kamu yang memang sedang berutang dan dana untuk sehari-hari mudah habis untuk membayar utang, sangat dianjurkan untuk Rekan Bijak agar mencari uang dari luar pekerjaan asli. Banyak pekerjaan yang bisa Rekan Bijak ambil, seperti menjadi pebisnis di Online Shop, menjadi Barista di kafe yang bisa 24 jam(Jadi kamu bisa mengambil Shift Malam atau Pagi sebelum berangkat bekerja), atau pun menjadi Supir Ojek Online yang sedang sangat sering digeluti orang-orang.

Nah, dengan banyaknya pekerjaan sekunder seperti ini, kamu tidak mempunyai alasan jika tidak mempunyai pekerjaan kedua! Karena memang pekerjaan sekunder tidak membutuhkan waktu banyak dan cenderung kamu sendiri yang menentukan jam bekerja. Apalagi, jika kamu menjadi Ojek Online, kamu sendiri yang memutuskan untuk menarik penumpang atau tidak.

Irit

Utang

Sumber : Pelatihindonesia.com

Ini kata kunci dari apa yang harus kamu lakukan ketika kamu sudah terlilit utang : IRIT! Dengan irit, kamu akan meminimalisasi segala kebutuhanmu yang memerlukan pengeluaran yang tidak sedikit. Irit bahkan bukanlah kewajiban yang dilakukan hanya oleh orang-orang yang sedang berutang, namun juga untuk orang-orang umum yang pendapatannya banyak maupun tidak banyak.

Dengan irit, kamu dapat memaksimalkan uang kamu untuk hal-hal yang kamu bisa prioritaskan, atau jika memungkinkan, dalam kondisi berutang, kamu dapat tetap mempunyai tabungan untuk masa depan atau pun untuk investasi, sehingga kamu masih dapat menyimpan uang untuk hal-hal yang penting. Contoh, jika kamu terbiasa membeli makanan dengan harga 30 Ribu Rupiah tiap siang hari, kamu dapat memilih untuk membawa bekal dari Rumah untuk irit.

Berdoa dan Menenangkan Diri

utang

Sumber : Tarbiyah.net

Jika kamu memang terlilit utang yang cukup besar dan kamu tidak mampu membayarnya, berdoa dan menenangkan diri, juga menyerahkan semua masalah kepada yang mahakuasa adalah cara terakhir sekaligus terbaik. Dengan cara ini, walaupun tidak akan menyelesaikan masalah secara langsung, namun yang pasti setidaknya akan menenangkan kamu dan akan menghadapi masalah dengan kepala yang dingin.

Dengan berdoa, kamu akan menyerahkan semua masalah kepada Tuhan dan kamu akan merasa bahwa kamu tidak sendiri dalam menghadapi masalah, melainkan Tuhan sebagai yang mahakuasa dan yang mampu menyelesaikan semua masalah, akan berada di pihakmu untuk menyelesaikan masalah-masalah, termasuk masalah utang.

Inilah 6 jurus jitu dalam menyelesaikan masalah hutang, Rekan Bijak! Nah, jika kamu bisa melakukan 6 cara ini, niscaya kamu bisa menyelesaikan masalah ini dengan baik dan kamu pasti bisa! Dan selalu ingat bahwa hal-hal lain seperti meminta perpanjangan jangka waktu berutang pun juga bisa dilakukan, tetapi sebaik mungkin untuk coba membayar utang tepat waktu, Rekan Bijak!

Utang

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: