10 Jurusan Kuliah Paling Unik yang Tidak Akan Ditemui di Indonesia

Jurusan-jurusan unik ada banyak di Indonesia, contoh saja Teknik Batik yang mungkin tak akan ditemukan di luar negeri. Namun, ternyata banyak loh jurusan-jurusan yang tidak ditemukan di Indonesia dan terkenal sangat unik karena dianggap tidak mempunyai mata kuliah yang jelas.

10 Jurusan Kuliah Paling Unik yang Tidak Akan Ditemui di Indonesia

10 Jurusan Kuliah Paling Unik yang Tidak Akan Ditemui di Indonesia

Pernahkah kalian merasa aneh dengan keberadaan jurusan yang unik dan tidak pernah didengar sebelumnya? Dan kamu merasa seperti, untuk apa Disiplin Ilmu ini ada? Pasti kamu akan berpikir seperti itu dan itu merupakan hal yang wajar karena kalian tidak pernah mencoba Disiplin Ilmu tersebut, jadi kamu tidak merasakan langsung kegunaan dari jurusan yang kamu anggap unik itu.

Di Indonesia sendiri, banyak jurusan di Universitas di Indonesia yang dianggap oleh masyarakat umum sebagai sesuatu unik dan masih yang banyak tidak mengetahui manfaatnya nanti di masa depan. Sebut saja Ilmu Teknik Penyuluhan, Teknik Batik dan Seni Karawitan. Namun, banyak jurusan yang unik di Dunia, bahkan cenderung jauh lebih unik daripada jurusan-jurusan yang ada di Indonesia. Bahkan mungkin saja, ketika orang-orang lulus dari jurusan-jurusan unik ini, mereka tidak tau harus bekerja dimana.

Lalu, apa sajakah jurusan-jurusan yang unik ada di Dunia? Simak berikut ini.

Folklore and Mythology(Ilmu Folklor dan Mitologi)

jurusan

Sumber : Ancient-origins.net

Lokasi : Harvard University

Siapa yang tidak tahu Universitas Harvard? Selain menjadi salah satu Universitas terbaik di Dunia, Universitas ini juga mempunyai Disiplin Ilmu yang tergolong unik, yakni Mitologi dan Dongeng. Jurusan ini mempelajari bagaimana Mitologi dan Dongeng dibuat, lalu dari sejarah-sejarahnya, dan lain-lain. Di Disiplin Ilmu ini juga kamu dapat memilih Mitologi dan Dongeng yang kamu ingin fokus.

Jika kamu sangat menyukai dongeng atau sejarah, atau juga mitologi dari banyak budaya seperti Mitologi Dewa Dewi Yunani atau Dewa Dewi Viking, kamu sangat disarankan untuk masuk ke Jurusan ini. Untuk profesi di masa depan, kamu bisa menebaknya : Sejarawan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan Sejarah, seperti Arkeolog atau pun dosen.

Adventure Education(Edukasi Petualangan)

Jurusan

Sumber : Tripadvisor.co.nz

Lokasi : Plymouth State University

Dalam Edukasi Petualangan, kamu akan diajari bagaimana kamu bertualang dan kamu pastinya akan diminta untuk mencoba bertualang. Jika kamu sangat menyukai tantangan dan kamu menyukai bertualang, jurusan ini sangat cocok untukmu. Kamu bahkan bisa belajar bagaimana cara untuk memanjat sebuah batu yang besar, melakukan pendakian gunung secara aman, dan lain-lain.

Sekali lagi, jika kamu sangat menyukai bertualang, kamu mungkin harus mencoba Disiplin Ilmu ini. Jangan takut akan ketidaktersediaan pekerjaan, karena banyak pekerjaan yang bisa kamu dapatkan dari Disiplin Ilmu ini, contohnya adalah menjadi seorang pemandu pendakian, bekerja di taman nasional, atau bahkan menjadi pengusaha alat-alat pendakian.

Auction Studies(Ilmu Pelelangan)

jurusan

Sumber : Radarbangka.co.id

Lokasi : Harrisburg Area Community College

Dalam Disiplin Ilmu ini, kamu akan diajarkan menjadi seorang Juru Lelang. Jadi, dalam sebuah pelelangan, baik dalam pelelangan sebuah karya seni atau pun pelelangan harta lainnya, dibutuhkan seorang Juru Lelang yang berani berteriak, membuat acara dari awal sampai akhir dengan berhasil, dan lain-lain.

Di Jurusan ini, memang setelah lulus nanti, pastinya kamu akan langsung mendapatkan pekerjaan yang bisa dianggap pasti : Menjadi seorang juru lelang. Kamu akan memahami tentang Hukum Lelang, Komunikasi dengan para hadirin, dan lain-lain.

Egyptology

Jurusan

Sumber : thenegativepsychologist.com

Lokasi : Brown University

Mungkin karena kebudayaan di Timur Tengah kuno sangatlah hebat dan besar saat zaman itu, apalagi kebudayaan dekat Timur Tengah disana merupakan salah satu dari 4 kebudayaan dunia kuno. Dan semua itu berawal dari Kebudayaan Mesir Kuno, dan Kebudayaan Mesir Kuno dikenal telah mempengaruhi keberadaan budaya-budaya di bangsa-bangsa sekitarnya.

Kebudayaan Mesir Kuno dikenal sudah mempengaruhi kebudayaan-kebudayaan yang maju selanjutnya, seperti kebudayaan Mesopotamia dan Kebudayaan-kebudayaan lainnya. Jadi, jurusan ini diciptakan. Dan profesinya pun menjadi seorang Egyptologis, Arkeolog dan Sejarawan.

PGA Golf Management(Manajemen PGA Golf)

Jurusan

Sumber : Pgm.osu.edu

Lokasi : University of Maryland Eastern Shore

Ingin belajar Golf sambil belajar Manajemen? Di Disiplin Ilmu ini, kamu dapat belajar keduanya! Kamu akan diajarkan bagaimana cara menjadi seorang Pemain Profesional Golf, juga kamu akan dilatih cara bermain Golf yang baik dan benar. Ditambah lagi kamu juga akan belajar Manajemen, dan biasanya kamu akan lebih difokuskan dalam Manajemen Hotel.

Di Jurusan ini, kamu juga belajar tentang manajemen. Untuk Profesi Pekerjaan, kamu dapat menjadi seorang Manajer Area Golf, atau pun menjadi Manajer Hotel. Atau mungkin, kamu akan langsung bekerja di PGA Tour!

Theme Park Engineering(Teknik Tempat Hiburan)

Jurusan

Sumber : Tripsavvy.com

Lokasi : California State University

Di Jurusan ini, kamu dapat belajar tentang mendesain sebuah tempat hiburan dan taman hiburan menggunakan teknik-teknik yang ada. Sebenarnya, Disiplin Ilmu ini penting dan akan sangat digunakan, bahkan jika pun orang-orang yang lulus dari Disiplin Ilmu ini tidak bekerja di tempat dan taman hiburan, mereka dapat bekerja di tempat yang banyak fokus dalam teknologi-teknologi.

Mengapa? Karena mereka juga belajar tentang teknik-teknik Desain dalam Taman, Teknik Metode Komputer, Teknik Elektronik dalam Taman, dan lain-lain, sehingga mereka belajar banyak hal tentang teknik.

Chemistry and Paper Engineering(Teknik Kertas dan Kimia)

jurusan

Sumber : Asia.nikkei.com

Lokasi : Western Michigan University

Masuk ke dalam Disiplin Ilmu bernama Teknik Kertas, berarti kamu mempelajari segala sesuatu tentang Kertas. Kamu akan mempelajari kertas mulai dari cara pembuatan kertas dari benda-benda non organik maupun organik, cara penjualan kertas, hingga teknik kimia yang berhubungan dengan kertas.

Teknik Kertas ini pastinya akan membuat kamu bekerja di ranah bidang yang berhubungan dengan kertas. Namun, tenang saja, sangat banyak perusahaan kertas saat ini, ditambah lagi kamu juga bisa menjadi seorang pengusaha kertas atau pun peneliti dalam menemukan bahan daur ulang yang cocok untuk mengganti peran kayu yang selama ini menjadi bahan baku kertas.

Popularity Culture Studies(Ilmu Budaya Popularitas)

Jurusan

Sumber : Edunews.id

Lokasi : Bowling Green State University

Di dalam Jurusan unik ini, kamu akan belajar tentang budaya yang populer yang telah mempengaruhi masyarakat umum secara luas, dan hal ini dapat membuat suatu budaya yang baru. Dalam Disiplin Ilmu ini, kamu dapat mempelajari tentang budaya-budaya yang ada di banyak negara, dari Ilmu Asia, Amerika, lalu juga Ilmu Antropologi hingga Ilmu-ilmu kewanitaan.

Pekerjaan yang dapat dilakukan di Disiplin Ilmu ini adalah pekerjaan-pekerjaan di Perusahaan Media Massa maupun Perusahaan yang bersifat Startup. Karena kamu pasti akan menganalisa tentang budaya-budaya populer, dan perusahaan pun harus juga mengikuti budaya-budaya tersebut agar perusahaan bisa terus mengikuti perkembangan zaman.

Race Track Studies(Studi Trek Balap)

Jurusan

Lokasi : University of Arizona

Jurusan ini mempelajari tentang Trek Balap, loh! Kamu dari Disiplin Ilmu ini memang dipersiapkan untuk bekerja di tempat-tempat khusus Trek-trek balap, mulai dari Trek Balap lari, Trek Balap Kuda hingga Trek Balap Mobil. Kamu akan belajar tentang Manajemen Trek Balap, Memulai suatu usaha Trek Balap, hingga mengorganisasikan sebuah perusahaan Trek Balap, hingga kamu belajar tentang Trek Balap itu sendiri.

Ilmu ini dapat melahirkan orang-orang yang memang dari awal ingin bekerja dalam ranah-ranah balapan. Jika kamu menyukai F1, MotoGP, Balap Kuda hingga Lari Maraton, mungkin kamu cocok untuk jurusan ini!

Nannying(Ilmu Mengasuh)

Jurusan

Sumber : Hotfrog.com

Lokasi : Sullivan University

Jika Rekan Bijak ingin menjadi seorang pengasuh bayi, sangatlah dianjurkan untuk masuk ke jurusan ini. Jurusan ini tergolong unik dan jarang disebut, karena “hanya mengasuh bayi”. Padahal, jika kamu tidak tau cara mengasuh bayi dengan baik dan benar, justru akan menjadi bumerang untuk orangtuanya.

Untuk profesi, ya, seperti biasa, kamu sudah ilmu ini untuk pekerjaan apa : Menjadi seorang pengasuh. Ditambah lagi kamu akan diajarkan untuk berkomunikasi dengan orangtua sang bayi, akan diajarkan bagaimana cara memberikan makanan yang sehat kepada bayi, dan juga diajarkan bagaimana berperilaku dan mempunyai itikad yang baik.

Nah, ini jurusan yang Rekan Bijak bisa pilih jika memang Rekan Bijak seseorang yang Anti Mainstream. Jika Rekan Bijak tertarik dengan ilmu-ilmu unik ini, mengapa Rekan Bijak tidak coba untuk mendapatkan beasiswa untuk masuk ke Disiplin Ilmu yang Rekan Bijak inginkan? Pasti seru loh!

jurusan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: