Kamu Punya Hewan Peliharaan di Rumah? Yuk, Cari Tahu 7 Manfaatnya!

Di suatu kehidupan pasti terdiri dari berbagai makhluk hidup, makhluk yang di maksud yaitu manusia, flora, dan fauna. Seluruh makhluk hidup yang ada saling berhubungan, dan saling membutuhkan. Jadi tidak ada satupun makhluk hidup yang bisa hidup sendiri di dunia. Untuk itu, setiap makhluk hidup haru saling menjaga antara satu dengan yang lainnya.

Kamu Punya Hewan Peliharaan di Rumah? Yuk, Cari Tahu 7 Manfaatnya!

Kamu Punya Hewan Peliharaan di Rumah? Yuk, Cari Tahu 7 Manfaatnya!

Dari ketiga unsur makhluk hidup tersebut, manusia dan hewan atau binatang merupakan kedua unsur makhkuk hidup yang biasa berinteraksi. Biasanya manusia memiliki hewan peliharaan untuk menemani keseharian hidupnya, hewan peliharaan yang biasa di rawat oleh manusia yaitu kucing, anjing, kelinci, ular, dan masih banyak lagi.

Salah satunya alasan manusia memiliki hewan peliharaan yaitu sayang dengan hewan atau merasa kasihan kepada hewan yang dilihat. Ternyata memiliki hewan untuk di pelihara dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia, tetapi, biasanya manusia tidak menyadari manfaat-manfaat tersebut. Lalu, apa saja manfaat memiliki hewan peliharaan untuk manusia ya?

Melatih Tanggung Jawab

Hewan PeliharaanSumber : kanal247.com

Manfaat yang pertama yaitu melatih tanggung jawab. Ketika, Rekan Bijak memutuskan untuk memelihara hewan atau binatang, maka, Rekan Bijak harus merawat hewan atau binatang dengan cara memberi makan, minum, menyayangi hewan atau binatang tersebut seperti Rekan Bijak sayang kepada sesama manusia. Tidak bisa dipungkiri, bahwa hewan atau binatang merupakan makhluk hidup yang memiliki perasaan untuk merasakan sesuatu. Untuk itu, Rekan Bijak harus bertanggung jawab merawat binatang peliharaan dengan baik, karena, hewan atau binatang juga makhluk hidup.

Mengurangi Rasa Bosan dan Jenuh

Hewan Peliharaan
Sumber : asuransisimasnet.com

Manfaat yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi rasa bosan dan jenuh. Tidak bisa dipungkiri, saat berada di rumah sendirian dengan waktu yang lama pasti bisa membuat Rekan Bijak merasakan bosan dan jenuh. Salah satu cara mengurangi rasa bosan dan jenuh saat berada di rumah yaitu dengan memiliki binatang peliharaan. Dengan adanya hewan atau binatang peliharaan, maka, Rekan Bijak bisa memiliki teman untuk bermain, ketika merasa bosan dan jenuh.

Baca Juga : 4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Selain Traveling untuk Mengisi Liburan

Meningkatkan Kepeduliaan

Hewan PeliharaanSumber : hiburan.dreamers.id

Selanjutnya, manfaat memelihara hewan yaitu meningkatkan kepedulian. Rasa kepedulian atau empati tidak tumbuh dengan cepat, melainkan harus di mulai dari sejak kecil. Untuk itu, jika Rekan Bijak ingin adik sepupu, keponakan, bahkan anah Rekan Bijak menjadi orang yang peduli kepada makhluk hidup lainnya, cobalah untuk memelihara hewan.

Mengajarkan anak untuk memelihara seekor binatang atau hewan, maka, bisa menimbulkan rasa peduli atau empati. Alasan timbulnya rasa peduli atau empati dari memelihara hewan atau binatang ini adalah anak akan menyadari, bahwa hewan peliharaan mereka sama seperti manusia yang membutuhkan makan, minum, tempat tinggal, olahraga, dan kasih sayang.

Baca Juga : 7 Cara Jitu Meningkatkan Kecerdasan Emosi (EQ)

Membuat Seseorang Banyak Bergerak

Hewan PeliharaanSumber : lifestyle.kompas.com

Manfaat selanjutnya yaitu bisa membuat seseorang banyak bergerak. Hewan atau binatang biasanya merupakan makhluk hidup yang aktif bergerak, salah satu hewan atau binatang peliharaan yang senang bergerak yaitu anjing, kucing, hamster, kelinci. Memiliki hewan peliharaan yang senang bergerak aktif, maka, dapat membuat Rekan Bijak ikut banyak bergerak.

Contohnya, saat Rekan Bijak memiliki seekor anjing untuk di pelihara, maka, Rekan Bijak harus rutin mengajak anjing yang Rekan Bijak pelihara untuk jalan-jalan, dengan begitu mau-tidak mau pasti Rekan Bijak jadi sering bergerak. Dengan banyak bergerak, bermanfaat bagi tubuh serta kesehatan Rekan Bijak, manfaat tersebut yaitu badan menjadi lebih sehat.

Baca Juga : 7 Tips Olahraga Sederhana Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Memperkuat Ikatan Keluarga

Hewan PeliharaanSumber : Grid.ID

Kemudian, manfaat yang bisa Rekan Bijak dapatkan yaitu memperkuat ikatan keluarga. Sebaiknya, Rekan Bijak menentukan hewan peliharaan yang disukai oleh seluruh anggota keluarga. Tujuannya yaitu untuk membuat seluruh anggota keluarga terlibat merawat hewan tersebut. Dengan adanya kerjasama untuk merawat hewan atau binatang peliharaan, maka, bisa membuat ikatan kelurga menjadi kuat, karena seluruh anggota keluarga merasa untuk bertanggung jawab kepada hewan yang pelihara.

Baca Juga : 5 Manfaat Liburan Akhir Tahun di Alam Bersama Keluarga

Mencegah Alergi

Hewan PeliharaanSumber : hellosehat.com

Manfaat yang bisa Rekan Bijak rasakan yang selanjutnya yaitu mencegah alergi. Tidak bisa dipungkiri, bahwa seorang manusia bisa saja memiliki alergi yang ditimbulkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah alergi bulu. Tetapi, menurut studi yang dihasilkan dari Clinical dan Experimental Alergi menyakan, bahwa, alergi pada anak-anak dapat berkurang atau dicegah, jika mereka hidup bersama dan tinggal bersama sejak bayi. Hasil studi lain mengatakan, bahwa, anak yang hidup bersama hewan peliharaan lebih kebal dan tahan terhadap alergi, eksema, demam musiman.

Memperbaiki Gaya Hidup

Hewan PeliharaanSumber : Tirto.ID

Manfaat yang terakhir yaitu memperbaiki gaya hidup. Memperbaiki gaya hidup yang dimaksud yaitu dapat membantu Rekan Bijak kecanduan merokok, tidur lebih nyenyak, meredakan stress, mengurangi rasa sakit, serta mengoptimalkan kerja otak. Dengan begitu, maka, bisa membantu Rekan Bijak untuk memperbaiki gaya hidup. Misalkan, Rekan Bijak memiliki masalah tidur atau insomnia, maka, dengan mendengar dengkuran kucing, bisa membantu Rekan Bijak untuk tidur lebih cepat, dan nyenyak.

Baca Juga : 5 Manfaat Mendengarkan Musik dalam Kehidupan

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan berbagai manfaat memiliki hewan peliharaan? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel di atas ya!

Hewan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: