5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari di Kantor

Sebagai manusia yang sudah dewasa, kita pastinya akan memasuki dunia pekerjaan. Terkadang, tanpa kita sadari ada banyak hal-hal yang membuat kita tidak profesional dalam pekerjaan. Hal itu harus dihindari demi kelancaran karir kita.

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari di Kantor

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari di Kantor

Kadang tanpa kita sadari kita telah bersikap buruk di kantor, dan membuat kolega kerja kita tidak nyaman dengan kita. Hal semacam ini harus kita hindari dan jangan sampai terjadi. Karena akan membuat nilai personal kita semakin berkurang. Kita harus tau bagaimana bersikap dengan baik dan mengontrol diri kita untuk bersikap profesional. Hindarilah hal buruk yang bisa membuat keadaan kantor menjadi tidak nyaman, diantaranya adalah;

 

Tidak Tepat Waktu

Kantor

magazine.job-like.com

Dalam dunia pekerjaan waktu adalah segalanya, jika kita tepat waktu dalam hal apapun rekan kerja atau atasan kita akan lebih menganggap kita lebih profesional karena kita tepat waktu. Salah satu hal yang harus paling dihindari adalah tidak datang terlambat, hal ini akan mencerminkan ketidak kepedulian kita terhadap jam kerja dan bahkan pekerjaan kita sendiri. Jika memang ada halangan yang memaksa Rekan untuk datang terlambat, kabarilah dulu atasan anda untuk meminta izin.

 

Menunda-nunda Pekerjaan

Kantor

www.fool.com

Jangan sesekali Rekan menunda pekerjaan yang diberikan, jika tidak ada alasan atau hambatan khusus. Terkadang memang kita bisa jenuh dan bosan, namun bukan berarti hal itu bisa dijadikan alasan untuk menunda pekerjaan. Apalagi hingga menggampangkan pekerjaan, lalu kita merasa bisa mengerjakannya di menit-menit terakhir deadline. Akan sangat baik jika kita mengerjakan pekerjaan kita semaksimal mungkin dan tepat waktu. Jika ada kesusahan yang menghambat pekerjaan kita, diskusikan hal tersebut pada rekan/atasan kita agar kita tidak terlalu lama berkutat di masalah tersebut. Akan sangat disayangkan jika kita sering menunda pekerjaan, hal ini akan menggambarkan sejauh mana tingkat profesionalisme kita.

 

Terlalu Sering Mengobrol

Kantor

excelle.monster.com

Jika kita terus berjalan dari satu rekan ke rekan kerja lain hanya untuk mengobrol dan wara-wiri, hal ini bisa memberi reputasi yang tidak bagus pada diri kita. Berbincang dengan kolega memang tidak salah, namun kita harus tahu waktu dan batas. Jangan sampai pekerjaan kita jadi tidak fokus hanya karena kita keasyikan mengobrol. Begitu juga jika ada rekan kita yang mengajak kita ngobrol, lebih baik fokuskan diri kita dengan pekerjaan. Kita bisa dengan sopan memotong pembicaraanya.

 

Bersikap Negatif

Kantor

www.cnbc.com

Contoh bersikap negatif adalah kita sering mengeluh dan menggerutu tentang pekerjaan atau hal apapun yang membuat kolega kita di kantor terganggu. Misalnya kita selalu protes dengan pekerjaan yang diberikan, dan tidak menerima kritikan/ revisi yang ditujukan pada kita. Kita selalu merasa sudah melakukan hal yang benar dan kurang mau membuka pikiran apalagi menerima saran. Hal ini juga bisa menghambat karir dan kinerja kerja kita, lantaran kita akan dianggap tidak profesional. Hal ini akan sangat mengganggu teman kantor kita dan membawa aura negatif.

 

Tidak Bisa Mengontrol Diri Sendiri

Kantor

www.cnbc.com

Terkadang suasana hari kita bisa buruk karena hal yang tidak kita inginkan, namun jangan lupa mengontrol diri kita agar tidak melampiaskan amarah atau kejengkelan kita pada rekan kerja kita. Jangan pernah kita membawa suasana hari yang buruk ke tempat kerja kita. Selain akan mempengaruhi produktivitas kerja kita, kesuraman kita juga akan mempengaruhi rekan yang lainnya. Bisa-bisa di sekeliling kita juga ikut emosi melihat tingkah kita yang menyebalkan.

Inilah hal-hal buruk yang harus kita hindari jika kita adalah seorang karyawan di kantor. Hal ini akan menghambat karir kita kedepannya. Semoga hal ini tidak akan terjadi pada Rekan 🙂

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: