7 Kebiasaan yang Tidak Disadari Dapat Membuat Uangmu Mubazir

Banyak kebiasaan orang-orang yang justru membuang uang-uang. Memang membuang uang adalah hal yang biasa untuk kebutuhan sehari-hari, namun tidak biasa adalah ketika seseorang membuang uang untuk sesuatu yang mubazir karena mungkin saja tidak terlalu dibutuhkan atau hanya karena "lapar mata". Apakah kamu salah satunya yang suka mubazir uang?

7 Kebiasaan yang Tidak Disadari Dapat Membuat Uangmu Mubazir

7 Kebiasaan yang Tidak Disadari Dapat Membuat Uangmu Mubazir

Ada banyak kebiasaan yang dianggap bisa membuat uang menjadi mubazir. Yang jadi masalah adalah, orang-orang seringkali tidak sadar bahwa kebiasaannya dapat uang menjadi terbuang sia-sia, hingga barang-barang yang dibeli pun menjadi barang-barang yang mubazir. Kemubaziran ini tentunya harus dihindari, mengingat uang itu penting untuk kehidupan sehari-hari dan tidak boleh dibuang secara sia-sia, apalagi zaman sekarang ini harus pandai-pandai menabung mengingat di hari tua ketika pensiun, uang tersebut akan sangat berguna.

Kebiasaan-kebiasaan ini biasanya kebiasaan-kebiasaan kita sehari-hari dan biasanya bersifat sangat normal di kalangan sepergaulan, padahal sebenarnya kebiasaan yang dilakukan dapat membuat uang kita mubazir untuk sesuatu yang mungkin saja kita tidak butuhkan. Lalu apa saja kebiasaan-kebiasaan kita yang membuat uang kita mubazir? Simak, Rekan Bijak!

Gaya Hidup Mewah

mubazir

Sumber : Insideretail.hk

Almarhum Bob Sadino pernah suatu kali berkata, “Bergayalah sesuai dengan isi dompetmu.” Dan kata-kata Almarhum Bob Sadino memang tidak ada yang salah. Maksud dari kata-katanya adalah orang harus mempunyai isi dompet yang memadai jika ingin hidup mewah, namun jika tidak memadai, jangan berusaha untuk hidup mewah, karena hal itu hanya akan membuat hidup susah.

Kebanyakan orang mempunyai kebiasaan untuk hidup mewah, seperti selalu membeli barang-barang mewah yang mahal seperti ikat pinggang yang diatas Rp 1.000.000,- atau pun makan-makan di tempat yang terkenal memang mahal, padahal uang untuk sehari-hari pun pas-pasan dan hanya mempunyai uang seadanya. Hal ini karena rasa gengsi yang ada diantara teman-teman sepergaulan, sehingga terpaksa untuk ikut-ikutan hidup mewah.

Terlalu Mencintai Harga Promo

mubazir

Sumber : Travel.tempo.co

Kecintaan terhadap harga promo adalah sesuatu yang memang biasa dan normal oleh manusia. Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang mencintai harga promo dan langsung membeli barang promo tersebut tanpa basa-basi, padahal barang-barang yang sedang dikenai harga promo pun bisa saja sudah dinaikkan terlebih dahulu baru didiskon, atau pun barang-barang promo tersebut memang barang-barang yang terpinggirkan.

Kecintaan terhadap barang promo memang biasa, namun perlakuan kita terhadap barang promo tersebut adalah yang menentukan kebiasaan kita. Jika kita memang langsung membeli tanpa pikir matang-matang, uang kita mungkin saja mubazir karena membeli barang yang mungkin saja tidak terlalu kita pakai. Namun sebaliknya, jika kamu memang menginginkan suatu barang yang kamu yakini akan kamu pakai dan akan menguntungkan kamu, juga kamu sudah memikirkan matang-matang, maka kamu pastinya tidak akan memubazirkan uangmu.

Memakai Kartu Kredit

mubazir

Sumber : Blog.unibulmerchantservices.com

Pemakaian kartu kredit sangatlah digemari karena kemudahan dalam pemakaiannya, ditambah lagi penagihan uangnya pun akan dilakukan di akhir-akhir. Namun, karena kemudahan ini akan membuat kamu menjadi lebih boros dalam penggunaan uang. Memang pada satu sisi menjamin keefektifitasan dan efisiensi dalam pembayaran, namun di sisi lain hal itu justru membuat pemborosan.

Dengan kata lain efisiensi yang diberikan dari kartu kredit malah memberikan efek yang tidak baik bagi kebiasaan-kebiasaan orang. Orang-orang akan berpikir, “Yang penting beli dulu, uang urusan belakangan.” Padahal, hal ini tidaklah baik untuk keuangan, apalagi kartu kredit mempunyai bunga tiap transaksi, ditambah lagi juga mempunyai “ongkos-ongkos” tertentu, yang hanya akan membuat uang terbuang lebih banyak.

Berboros-borosan di Internet

Mubazir

Sumber : Shutterstock.com

Boros di internet merupakan hal yang baru untuk banyak orang, karena masih tidak begitu banyak yang memakai uang yang banyak di internet. Namun, semakin zaman berkembang, pastinya transaksi lewat internet akan makin banyak. Dan juga, banyak orang yang sudah terbiasa untuk berbelanja dan bertransaksi di Internet, baik membeli barang-barang di online shop maupun membeli aplikasi.

Banyak orang yang membeli segala sesuatu di internet karena merasa waktunya tidak banyak, dan ia butuh membeli suatu barang. Apalagi jika barang tersebut sedang promo. Kebiasaan mubazir ini juga bisa “membantu” uang untuk habis lebih cepat.

Membawa Banyak Uang di Dompet

mubazir

Sumber : Mia7unior.blogspot.com

Membawa banyak uang di dompet, percaya atau tidak dapat membuat kamu lebih sering memubazirkan uang. Mengapa? Karena sekali lagi, efektifitas membuat segala sesuatu lebih mudah dibeli. Masih banyak toko atau bahkan semua warung yang tidak memakai kartu-kartu tertentu untuk bertransaksi, sehingga dengan adanya uang kertas, kita akan lebih mudah mengeluarkan uang.

Kemudahan dalam pengeluaran uang tentunya akan membuat kita lebih tertarik untuk membeli sesuatu, dan bukannya menjaga uang tersebut agar tidak habis, kita malah memakai seluruh uang tersebut untuk membeli sesuatu yang mungkin saja kita tidak terlalu butuh.

Ceroboh dalam Penggunaan Barang yang Ada

Mubazir

Sumber : aggiebilingualed.com

Dalam penggunaan barang, banyak orang yang memang mungkin saja tidak sengaja merusak barang kepunyaannya. Hal itu merupakan hal yang biasa, namun yang tidak biasa ialah kecerobohan itu menjadi suatu kebiasaan. Misalkan, kehilangan baju, sedangkan baju tersebut digunakan untuk pergi ke kampus, atau merusak ponsel karena suka memainkan ponsel tersebut saat sedang mengisi baterai.

Hal-hal seperti ini mungkin kebiasaan yang dipandang biasa, namun kebiasaan ini merupakan kebiasaan ceroboh yang harus dihindari, ditambah lagi hanya akan membuat uang keluar lebih banyak, baik untuk memperbaiki barang tersebut maupun mengganti dengan barang yang baru.

Tidak Berani Berkata Tidak

mubazir

Sumber : istockphoto.com

Tidak berani berkata tidak mungkin bukan hanya masalah satu atau dua orang, namun banyak orang yang mengalami masalah yang sama. Biasanya, orang yang tidak berani berkata tidak mempunyai alasan karena tidak enak dengan teman saat diajak pergi dan membeli makanan-makanan, atau pun karena gengsi. Hal inilah yang justru juga ikut membuang uang secara mubazir walaupun tidak secara langsung.

Memberanikan diri dalam berkata tidak ketika diajak teman untuk pergi ke suatu tempat yang mungkin saja berpotensi membuang uang secara mubazir, akan membantu kamu menghemat uang dengan banyak. jadi, beranilah untuk berkata tidak!

Rekan Bijak, apakah Rekan Bijak masih sering boros dalam penggunaan uang? Rekan Bijak harus segera meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat boros! Kebiasaan-kebiasaan ini bisa membuat uang pasti habis bahkan sebelum mendapatkan uang lagi! Jika kamu sudah kehabisan uang, kamu disarankan untuk meminjam terlebih dahulu di situs-situs khusus untuk peminjaman uang, seperti Danabijak. Mengapa? Karena bunganya selain rendah, juga tidak merepotkan, tidak seperti situs lainnya! Jadi, tunggu apa lagi?

mubazir

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: