6 Macam Kebiasaan untuk Meningkatkan Saldo Tabungan

Apakah kamu merasa kamu memang sudah mempunyai tabungan, namun ingin meningkatkan isi saldo tabungan yang kamu miliki? Untuk meningkatkan isi saldo tabungan, kamu harus mempunyai beberapa kebiasaan yang harus dilakukan agar saldo tabunganmu bertambah.

6 Macam Kebiasaan untuk Meningkatkan Saldo Tabungan

6 Macam Kebiasaan yang Meningkatkan Saldo Tabungan

Rekan Bijak, apakah Rekan Bijak mempunyai tabungan, baik untuk beberapa saat yang akan datang, maupun untuk masa depan? Jika ya, maka kamu telah melangkah lebih maju daripada teman-temanmu yang tidak mempunyai tabungan! Namun jika tidak, sangat direkomendasikan Rekan Bijak untuk mulai menabung. Mengapa? Karena dengan adanya tabungan, Rekan Bijak dapat bersiap-siap dalam menghadapi apapun rintangan yang ada di masa depan, karena seperti yang kita tau, kita tidak tau apa yang akan terjadi esok hari, baik seperti tiba-tiba sakit atau tiba-tiba harus membayar pinjaman uang.

Lalu, jika sudah menabung, apa yang harus dilakukan? Biasanya, orang-orang akan hanya menabung seperti biasa tanpa masalah, namun sangatlah dihimbau agar mulai menyisihkan uang ekstra lagi untuk tabungan. Mengapa? Karena sekali lagi, mempunyai tabungan itu penting untuk masa depan, bahkan jika pun kita tidak tau tabungan itu untuk apa, tetap saja penting. Dan sangat direkomendasikan ketika kita menerima uang, pertama kali yang harus dilakukan adalah menyisihkan uang untuk menabung.

Lalu, jika sudah menabung, kita mungkin juga harus meningkatkan saldo tabungan kita agar tabungan kita bisa mungkin lebih terjaga. Lalu, bagaimana caranya agar tabungan kita bisa meningkat? Berikut ini adalah 6 kebiasaan untuk meningkatkan saldo tabungan kita.

Menyisihkan Uang Ekstra

tabungan

Sumber : Lampung.tribunnews.com

Menyisihkan uang ekstra atau mungkin bonus ketika sedang bekerja, adalah hal pertama yang dapat dilakukan untuk meningkatkan saldo tabungan yang kita punyai. Dengan adanya uang ekstra, ingat, jangan terburu-buru memakainya untuk uang jajan! Kamu juga harus memperhitungkan uang tersebut lebih baik digunakan untuk sekedar jajan atau disimpan.

Jika kamu tidak memperhitungkan uang ekstra, dan kamu tanpa pikir panjang langsung memakainya untuk kesenangan kamu, maka kamu melakukan kesalahan. Karena mungkin saja ada hal yang lebih penting daripada memakainya untuk sekedar bersenang-senang. Kebiasaan menyisihkan uang ekstra akan membuat tabungan yang kamu punya “menggendut”!

Ada Tujuan untuk Menabung

tabungan

Sumber : Beritagar.id

Mempunyai tujuan untuk menabung akan memudahkan kamu untuk meningkatkan keinginan untuk menabung. jika kamu mempunyai tujuan untuk menabung, kamu akan tau untuk apa kamu menabung, dan pastinya tujuan tersebut sesuai juga dengan keinginan kamu. Misalkan kamu ingin membeli sebuah mobil seharga Rp 150.000.000,-, dengan gaji Rp 7.000.000,-, kamu dapat menyisihkan Rp 3.000.000,- untuk mobil tersebut tiap bulannya. Apalagi ini demi keinginan kamu, pastinya kamu akan berusaha menambah uang untuk tabungan agar lebih cepat mendapatkan mobil tersebut.

Usahakan, ketika kamu menabung, kamu memastikan uang yang kamu simpan adalah untuk harta-harta yang bersifat dapat diinvestasikan, seperti tanah, rumah atau pun emas. Barang-barang yang dapat diinvestasikan akan membantu kamu ketika kamu sedang kesusahan.

Mempunyai Jadwal Menabung

Tabungan

Sumber : Ekonomi.kompas.com

Adanya jadwal untuk menabung akan membuat kamu lebih teratur dalam menyisihkan uang. Hal ini dapat meningkatkan simpanan uangmu, dan kesiapan kamu dalam menghadapi masa depan. Misalkan, kamu mempunyai tujuan untuk mempunyai rumah dalam waktu 5 tahun, kamu akan meningkatkan simpanan uangmu, dan akan berusaha sebaik mungkin agar hal itu tercapai.

Pastinya, kamu akan lebih disiplin dalam menabung ketika kamu menetapkan jadwal untuk menabung. Dan ditambah lagi, kamu akan menambah uangmu ke dalam tabunganmu ketika kamu merasa kamu harus secepat mungkin untuk mencapai tujuanmu. Dengan adanya mempunyai jadwal menabung, kamu akan membuat perilaku menabung menjadi suatu kebiasaan.

Tidak Mengeluarkan Uang untuk Hal-Hal yang Tidak Terlalu Penting

Tabungan

Sumber : Metro.sindonews.com

Mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting adalah hal yang sebenarnya kurang bijak, apalagi jika melakukan hal tersebut berulang kali, dan tiap hari. Jika bisa menghemat pengeluaran untuk sesuatu yang tidak terlalu penting, mengapa tidak mencoba hal tersebut? Ketika kamu menghemat untuk sesuatu yang tidak penting, pasti akan ada sisa uang di akhir bulan.

Misal, kamu menghabiskan per bulan Rp 3.000.000,- dengan gaji Rp 3.500.000,-, dan asumsinya Rp 500.000,- untuk tabungan. Dan Rp 3.000.000,- itu, sebagian kecil kamu pakai juga untuk seminggu sekali minum Starbucks. Jika kamu menghilangkan kegiatan minum kopi di Starbucks yang berarti kamu menghilangkan pengeluaran Rp 50.000,- seminggu, pada waktu sebulan kamu akan menghemat pengeluaran sebesar Rp 200.000,-. Rp 200.000,- tersebut bisa kamu taruh di tabunganmu, bukan?

Buat Anggaran Pendapatan dan Pengeluaran

Tabungan

Sumber : Simplyhomy.com

Adanya anggaran akan membuat kamu lebih jelas dan lebih mengerti tentang pengeluaran dan pendapatanmu. Mungkin, sering diantara kita berpikir “Apa yang saya lakukan sehingga uang saya mudah habis?” Itu karena kamu tidak mempunyai pencatatan anggaran. Seringkali kita tidak mencatat anggaran karena malas, padahal pencatatan anggaran itu penting. Kita jadi mengetahui untuk apa saja kita mengeluarkan uang.

Dengan adanya kebiasaan mempunyai pencatatan anggaran keuangan, kamu bisa jadi lebih berhati-hati menggunakan uang. Mungkin kamu melihat suatu barang murah, lalu kamu membelinya. Tidak terasa tiba-tiba uang habis di akhir bulan. Dengan adanya pencatatan keuangan, kamu akan berpikir dua kali untuk membeli suatu barang, yang bahkan bisa dikatakan murah. Dengan begitu, sisa uang yang ada bisa kamu taruh menjadi tabunganmu.

Jangan Sering-Sering Menggunakan Kartu Kredit

Tabungan

Sumber : Halomoney.co.id

Sering-sering menggunakan kartu kredit justru bisa jadi berdampak buruk untuk kesehatan keuanganmu. Memang, Kartu Kredit di satu sisi, tidak dapat dibantah bahwa mempermudah kita dalam setiap transaksi. Namun, juga kita harus ingat ada bunga dalam kartu kredit, yang justru, sekecil apapun bunga itu, hanya akan membuat pengeluaran kita bertambah.

Ketika mempunyai kartu kredit, sangat diharapkan agar kamu tidak terlalu tertarik untuk menggunakan kartu tersebut dalam berbelanja atau pun membeli segala sesuatu yang bisa jadi memanjakan mata. Lebih baik, kamu menggunakan kartu kredit untuk hal-hal yang penting-penting saja. Dengan mengubah kebiasaan memakai kartu kredit, mungkin sisa uang yang tadinya kamu pakai untuk membayar bunga, dapat kamu taruh di tabungan yang ada.

Nah, Rekan Bijak, mulai sekarang rajin-rajinlah menabung, agar masa depan atau pun nantinya kamu dapat tetap mempunyai dana urgen dalam sifat tabungan! Jika kamu masih merasa tabunganmu kurang, kamu dapat menggunakan kebiasaan-kebiasaan diatas yang ada!

 

tabungan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: