10 Kebiasaan yang Sebenarnya Dapat Membahayakan Kesehatan

Di setiap orang, mempunyai kebiasaan-kebiasaan tertentu yang dianggap membuatnya nyaman. Bisa saja kebiasaan tersebut sebenarnya baik, namun ada juga kebiasaan-kebiasaan yang berakibat buruk, terutama kesehatan, dan bahkan mungkin saja akibatnya tersebut fatal dan berbahaya.

10 Kebiasaan yang Sebenarnya Dapat Membahayakan Kesehatan

10 Kebiasaan yang Sebenarnya Dapat Membahayakan Kesehatan

Apakah kamu pernah bertanya-tanya tentang kebiasaan kamu sehari-hari? Apakah kebiasaan tersebut baik, atau mungkin sesuatu yang kamu lakukan ternyata dapat berakibat buruk terhadap kesehatan? Sebenarnya banyak kebiasaan yang dilakukan, merupakan sesuatu yang baik dan mungkin saja dianjurkan, seperti berjalan kaki, mengajar orang-orang, dan lain-lain. Namun, juga ada juga hal rutin yang sebenarnya buruk untuk dilakukan, apalagi untuk kesehatan.

Hal-hal rutin yang sering dilakukan tersebut memang banyak yang dampaknya tidak akan terasa dalam jangka waktu yang pendek, namun akan sangat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang, bahkan tidak jarang hingga menunggu sampai tua untuk merasakan dampak dari kerutinan buruk yang dilakukan. Hal inilah yang membuat kamu harus lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu, dan sebisa mungkin jangan jadikan suatu hal yg rutin dilakukan. Lalu, apa saja kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari agar tidak berakibat buruk pada kesehatan?

Tidur Sehabis Makan

kebiasaan

Sumber : Healthland.time.com

Tidak sedikit orang yang setelah makan, langsung tidur. Memang, penelitian berkata bahwa setelah makan, orang menjadi mempunyai keinginan untuk tidur, karena adanya hormon yang dilepaskan ketika sedang makan, yaitu hormon serotonin yang menyebabkan rasa kantuk. Hal inilah yang membuat kita ingin tidur setelah makan. Namun, hal itu tidak boleh dilakukan. Mengapa?

Karena hal ini akan membuat adanya penimbunan lemak, dan akan terjadi kembungnya perut. Ketika perut kembung, akan membuat pola makan yang rusak karena sudah merasa kenyang. Lalu juga ada penyakit jangka panjang yang mengintai, yakni stroke. Ada penelitian bahwa orang yang makan 1 jam sebelum tidur, dapat menghindari kemungkinan terkena stroke sebesar 66%.

Baca Juga: 10 Manfaat Banyak Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Makan Buah Bersamaan dengan Sayur

kebiasaan

Kalau kata orang dulu, ada sesuatu yang dinamakan 4 sehat 5 sempurna. 4 sehat dimaksudkan untuk makanan-makanan yang dapat digolongkan makanan berat, yakni makanan pokok seperti nasi, lauk pauk seperti tahu tempe, sayur mayur seperti kangkung, dan buah-buahan seperti apel. Namun, ada penelitian selanjutnya, yakni sebenarnya minum jus atau makan buah bersamaan dengan sayur sebenarnya tidak dianjurkan. Mengapa?

Menurut penelitian, buah-buahan mempunyai kadar gula yang cukup tinggi. Karena kadar gula yang tinggi tersebut, walau gulanya tersebut adalah gula yang baik, namun kandungan gula pada buah dapat menghambat proses pencernaan sayur, jadi tidak disarankan.

Baca Juga: Alasan Sayur dan Buah Lebih Baik daripada Mengonsumsi Multivitamin

Kebanyakan Makan Sayur

kebiasaan

Ketika mendengar kata sayur, pasti terpikirkan banyak hal yang pastinya sehat. Memang, sayur memang dikenal sangat menyehatkan, bahkan jika perlu, tiap kali sedang ingin memakan makanan pokok, harus ada makanan sayur mayur. Namun, segala sesuatu harus juga ada batasan, termasuk dalam memakan sayur. Mengapa?

Memakan sayur-sayuran memang menyehatkan, namun tidak baik jika memakannya dengan berlebihan. Memakan sayur secara berlebihan dapat menyebabkan kekurangan gizi, dengan catatan jika sayuran menjadi menu pokok, karena sayuran tidak mempunyai kandungan lemak dan protein yang banyak. Ditambah lagi, kebanyakan makan sayur dapat menyebabkan penyerapan mineral yang terhambat, pencernaan juga akan terhambat dan sering mengeluarkan angin, dan juga berat badan juga bisa naik.

Baca Juga: 5 Makanan dengan Kandungan yang Efektif untuk Hambat Penuaan

Terlalu sering Nonton dan Main Handphone

kebiasaan

Sumber : SCMP.com

Memang, di zaman yang makin canggih ini, kebutuhan akan smartphone sangatlah tinggi. Apapun yang terjadi, suatu insiden besar atau pun kecil, dapat diketahui di barang kecil ini. Namun, yang menjadi perhatian ialah bukanlah masalah kemudahan tersebut, namun penggunaan smartphone yang bisa dikatakan terlalu tinggi, hingga tidak ada waktu untuk mengerjakan hal lain.

Hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan. Banyak dampak buruk pada kesehatan yang dihasilkan oleh penggunaan smartphone yang berlebihan, yakni membuat penglihatan terganggu, sakit kepala, membuat gangguan pendengaran yang mungkin dampak dari penggunaan earphone secara berlebihan, gangguan tidur, produktivitas, bahkan dikatakan juga dapat membuat penyakit-penyakit berbahaya seperti tumor otak, insomnia, hingga kelainan postur tubuh.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Sederhana yang Merusak Baterai Handphone Perlahan

Tidak Sarapan

kebiasaan

Karena tuntutan kesibukan pekerjaan maupun perkuliahan, banyak orang yang melewatkan sarapan. Sarapan tidak terlalu dipentingkan karena banyak orang yang merasa banyak hal lebih penting daripada sarapan, seperti ketepatan waktu datang ke tempat tujuan atau pun tidur seharian setelah mengalami keletihan yang berlebih ketika bekerja, sehingga saat hari libur memuaskan diri untuk tidur dan beristirahat.

Padahal, ada banyak dampak buruk yang dapat diakibatkan dari melewatkan sarapan. Hal-hal itu seperti gangguan jantung, diabetes hingga obesitas. Kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat membuat penyakit-penyakit tersebut dalam jangka panjang, sehingga lebih baik dihindari.

Baca Juga: Mengetahui 4 Makanan Pokok dari Berbagai Negara

Begadang

kebiasaan

Mungkin ini sudah biasa diperingatkan kepada orang-orang yang mempunyai kebiasaan ini, namun orang-orang hanya mendengarkannya, dan kalimat-kalimat peringatan pun dikeluarkan lewat kuping kiri. Padahal, kebiasaan begadang dikenal cukup berbahaya dan efeknya cukup parah dalam jangka waktu yang panjang. Dan tidak hanya penyakit secara fisik juga, namun juga kelelahan ketika akan menjalani aktivitas di siang harinya.

Penyakit-penyakitnya dalam jangka panjang pun juga dikenal sangatlah berbahaya. Sebut saja kanker terutama lever, sakit jantung, hingga sakit-sakit seperti demam dan flu pun juga bisa mengintai, apalagi jika dilakukan terus secara berulang. Bahkan, jika kamu seorang laki-laki, kamu harus berhati-hati ketika begadang karena begadang dapat membuat kualitas sperma turun. Oleh karena itu, lebih baik kebiasaan begadang dihindari.

Baca Juga: 7 Tips dan Trik Persiapkan Badan Untuk Hadapi Musim Hujan

Kelamaan Duduk

kebiasaan

Sumber : Videohive.net

Orang juga sangat sering duduk. Memang, kita hidup di zaman dimana duduk adalah bagian dari hidup, berbeda ketika zaman penjajahan. Ketika zaman penjajahan, orang-orang bepergian harus sambil berjalan, dan kuda pun hanya untuk golongan atas. Sekarang ini, orang-orang kemana pun duduk, menggunakan motor atau pun mobil, atau juga bus. Padahal, hal ini tidaklah baik dan dapat menyebabkan penyakit-penyakit tertentu dalam jangka waktu yang panjang.

Banyak dampak buruk dari duduk yang terlalu lama. Hal-hal seperti menyebabkan kolestrol, serangan jantung hingga diabetes adalah akibat buruk dari duduk yang terlalu lama. Jadi lebih baik, ketika kamu keseringan duduk, lebih baik kamu sesekali berdiri dan sedikit melakukan stretching agar otot juga tidak terlalu kaku.

Baca Juga: 10 Bahaya Duduk Terlalu Sering yang Membuat Kita Menjadi Tidak Sehat

Menggigit Kuku

kebiasaan

Sumber : Tribunnews.com

Menggigit kuku biasanya pertanda seseorang sedang grogi atau pun sedang bosan. Padahal, kegiatan menggigit kuku merupakan kebiasaan yang tidak baik. Selain karena dipandang orang lain sebagai kebiasaan yang jorok, juga menggigit kuku merupakan suatu hal yang memang berbahaya, terutama untuk kesehatan. Banyak kuman dan bakteri dari kuku yang bisa masuk ke dalam tubuh.

Bahkan ada juga yang hampir meninggal atau pun jarinya diamputasi. Contohnya adalah Luke Hanoman, seorang pria asal Inggris, yang mengisahkan diri mempunyai potensi meninggal karena kebiasaan menggigit kuku. Hal ini dikarenakan oleh bakteri sepsis yang berbahaya, dan tubuhnya pun sampai bengkak-bengkak karena hal ini.

Baca Juga: Ketahui Penyakit Pneumonia yang Sering Dikira Penyakit Flu

Makan Cepat

kebiasaan

Sumber : Pond5.com

Mungkin makan cepat dianggap berbahaya hanya sebatas takut keselak atau pun tidak sopan karena makan cepat dapat membuat sekitar makanan berpotensi kotor dan mejanya dapat banyak sampah. Namun, ada banyak dampak-dampak buruk yang mengintai pada bahaya makan cepat.

Salah satu dampak buruknya adalah pencernaan akan bekerja lebih keras, dan usus akan kesulitan untuk mencerna makanan-makanan yang ada dan hal itu akan membuat racun-racun makanan tertinggal di dalam tubuh, sehingga disarankan untuk tidak cepat-cepat makan. Hal lain yang mengintai ketika makan cepat-cepat adalah peningkatan kadar kalori, karena terlalu cepat makan sehingga tidak menikmatinya.

Baca Juga: 7 Cara Tepat untuk Menghindari Makanan Junk Food

Menahan Marah

kebiasaan

Sumber : Hijaz.id

Menahan amarah sering dilakukan oleh orang-orang yang memang tidak ingin orang lain sakit hati atau pun tidak ingin juga meluapkan rasa amarah karena takut sifat aslinya keluar. Padahal, menahan rasa amarah sebenarnya bukanlah hal yang baik untuk dilakukan, walaupun secara etika, lebih baik menahan amarah. Namun jika sudah terlalu lama, maka energi negatif yang ditahan akan membuat penyakit-penyakit fisik bermunculan.

Emosi dapat menyebabkan keluarnya energi negatif, dan dari energi negatif tersebut bisa muncul bahaya-bahaya mulai dari kanker, penyempitan arteri, hingga pelemahan kekebalan tubuh. Hal ini juga dapat mengganggu keseimbangan hormon. Jadi, leboh baik, jika kamu sedang marah dengan seseorang, lebih baik ungkapkan, namun secara halus dan sebaik mungkin pada waktu dan tempat yang tepat.

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Walau Sibuk Bekerja

Nah, Rekan Bijak, jika kamu mempunyai kebiasaan-kebiasaan seperti ini, lebih baik kamu segera menghentikan kebiasaan-kebiasaan ini agar tidak terserang penyakit-penyakit tertentu! Segeralah mengubah kebiasaan-kebiasan tersebut, Rekan Bijak!

kebiasaan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: