6 Kegiatan yang Tidak Boleh dilakukan Setelah Olahraga

Olahraga, olahraga merupakan sebuah kegiatan yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Ada berbagai macam kegiatan olahraga yang dapat dilakukan, mulai dari olahra ringan hingga olahraga berat, olahraga yang berada di dalam ruangan dan olahraga yang berada di luar ruangan.

6 Kegiatan yang Tidak Boleh dilakukan Setelah Olahraga

6 Kegiatan yang Tidak Boleh dilakukan Setelah Olahraga

Kegiatan olahraga tidak mengenal umur, baik orang yang masih muda atau orang yang sudah lanjut usia bisa melakukan berbagai macam kegiatan olahraga. Olahraga sangat disarankan bagi setiap manusia yang berada di bumi, melakukan kegiatan olahraga dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh manusia, akan tetapi, melakukan kegiatan olahraga harus tetap teratur dan tidak berlebihan, karena, sesuatu hal yang berlebihan tidak baik. Sebelum melakukan kegiatan olahraga, Rekan Bijak sebaiknya melakukan berbagai macam hal seperti melakukan pemanasan yang berguna agar tubuh Rekan Bijak tidak kaget.

Baca Juga : 12 Ragam Jenis Olahraga yang Murah dan Bisa Dilakukan di Rumah

Setelah melakukan pemanasan, Rekan Bijak dapat melakukan kegiatan olahraga sesuai dengan olahraga yang dipilih oleh Rekan Bijak. Setelah olahraga ada juga beberapa kegiatan yang harus dilakukan oleh Rekan Bijak, namun, setelah melakukan kegiatan olahraga ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh Rekan Bijak. Lalu, apa saja kegiatan yang tidak boleh dilakukan setelah Rekan Bijak selesai berolahraga ya?

Menunda Minum

Kegiatan

Sumber : Kompas.com

Melakukan olahraga merupakan kegiatan fisik yang mengharuskan Rekan Bijak bergerak secara aktif, hal tersebut akan membuat Rekan Bijak mengeluarkan keringat. Mengeluarkan keringat saat berolahraga merupakan hal yang sangat bagus, karena, dengan mengeluarkan keringat, maka, lemak yang ada di tubuh Rekan Bijak telah terbakar.

Saat berolahraga akan membuat Rekan Bijak mengeluarkan keringat, maka, jangan pernah menunda untuk minum, setelah Rekan Bijak selesai olahraga sekitar 3-5 menit, maka, sebaiknya Rekan Bijak harus segera minum, minuman yang harus Rekan Bijak minum setelah selesai berolahraga yaitu air mineral. Jangan pernah menunda untuk minum setelah berolahraga, jika Rekan Bijak menunda minum, maka tubuh Rekan Bijak akan dehidrasi, dan hal itu akan berdampak kepada tubuh Rekan Bijak yang akan merasakan lelah atau mengantuk walaupun sudah tidur dengan cukup.

Baca Juga : 10 Manfaat Banyak Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak Melakukan Pendinginan

Kegiatan

Sumber : tempo.co

Sebelum melakukan kegiatan olahraga, Rekan Bijak sangat disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, dan saat Rekan Bijak sudah selesai berolahraga, sebaiknya jangan lupa juga untuk melakukan pendinginan. Melakukan pendinginan setelah selesai berolahraga berguna untuk membantu otot dan tubuh menjadi rileks.

Dengan melakukan pendinginan, maka Rekan Bijak dapat membantu tubuh untuk menurunkan frekuensi denyut jantung dan tekanan darah secara perlahan hingga kembali ke kondisi tubuh Rekan Bijak yang maksimal setelah berolahraga. Dan melakukan pendinginan dapat mengurangi risiko cedera setelah Rekan Bijak berolahraga.

Baca Juga : 6 Jenis Kegiatan Olahraga di Kantor, Tanpa Harus Ribet

Menunda Makan

Kegiatan

Sumber : ilovelife.co.id

Setelah melakukan olahraga kemudian Rekan Bijak merasakan lapar merupakan hal yang wajar, karena merasakan lapar setelah berolahraga menandakan bahwa nutrisi yang telah disimpan oleh tubuh Rekan Bijak telah berkurang, nutrisi dari tubuh Rekan Bijak akan dialirkan ke otot rangka Rekan Bijak.

Oleh karena itu, sebaiknya Rekan Bijak tidak menunda makan setelah berolahraga, karena, sisa nutrisi yang tidak terpakai, tidak akan cukup untuk memulihkan tubuh Rekan Bijak setelah selesai berolahraga. Sebaiknya, Rekan Bijak mengkonsumsi makanan setalah 15-30 menit setelah selesai berolahraga, jika Rekan Bijak menunda makan lebih dari waktu yang disarankan, maka, kemampuan otot Rekan Bijak untuk tumbuh dan bergenerasi akan berkurang.

Makan Terlalu Banyak dan Makan Makanan Berlemak

Kegiatan

Sumber : metropolitan.id

Menunda makan setelah melakukan aktivitas berolahraga tidak baik, tetapi tidak baik juga, jika Rekan Bijak makan terlalu banyak atau makan makanan berlemak setelah menyelesaikan kegiatan olahraga.

Makan terlalu banyak setelah selesai melakukan kegiatan olahraga tidak baik, karena, akan meningkatkan asupan kalori harian, dan tidak baik makan makanan berlemak setelah olahraga, karena, makanan makanan berlemak memiliki kalori yang tinggi, dengan adanya kalori yang tinggi, maka, makanan tersebut sulit untuk dicerna oleh tubuh Rekan Bijak dan akan menghambat proses pemulihan.

Baca Juga : 7 Cara Tepat untuk Menghindari Makanan Junk Food

Tidak Mandi

Kegiatan

Sumber : hellosehat.com

Melakukan kegiatan mandi bagi beberapa orang tidak menjadi masalah, namun, tidak mandi setelah berolahraga bagi sebagian orang akan menjadi masalah, karena, saat Rekan Bijak berolahraga akan mengeluarkan keringat, dan hal tersebut akan membuat tubuh Rekan Bijak menjadi berbau dan akan menganggu orang sekitar, selain berbau, tidak mandi setelah berolahraga akan berakibat buruk untuk kesehatan Rekan Bijak.

Rekan Bijak tidak mandi setelah berolahraga akan membuat kulit Rekan Bijak sulit untuk bernapas dan akan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang akan membuat tubuh Rekan Bijak menjadi gatal-gatal. Oleh karena itu, sebaiknya Rekan Bijak mandi setelah melakukan kegiatan olahraga, dan mandi setelah 10-15 menit Rekan Bijak selesai berolahraga.

Tidak Tidur dengan Cukup

Kegiatan

Sumber : colorismen.com

Tidur setelah Rekan Bijak berolahraga sangat penting bagi tubuh, dimana tubuh Rekan Bijak akan merasakan kelelahan setelah melakukan berbagai macam kegiatan olahraga, untuk memulihkan kembali fisik Rekan Bijak setelah melalukan aktifitas yang cukup berat, sebaiknya Rekan Bijak tidur selama 7-8 jam saat tidur malam. Jika Rekan Bijak tidak tidur dengan cukup, maka akan membuat Rekan Bijak merasa kelelahan pada siang hari.

Baca Juga : Rutin Minum Air Hangat? Ini 6 Manfaat yang akan Dirasakan Tubuh!

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan kegiatan apa yang tidak boleh dilakukan setelah olahraga? Jika sudah, jangan lakukan kegiatan tersebut ya, Rekan!

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: