Yuk, Ikuti 6 Kegiatan Ini untuk Antisipasi Bencana Alam

Perubahan cuaca merupakan hal yang wajar, tidak bisa dipungkiri dengan perubahaan cuaca atau pergantian cuaca sering kali kita mendapati berbagai macam bencana alam yang datang. Berbagai macam bencana alam yang datang mulai dari daratan hingga lautan. Dan bencana alam hampir dirasakan oleh seluruh manusia di dunia.

Yuk, Ikuti 6 Kegiatan Ini untuk Antisipasi Bencana Alam

Yuk, Ikuti 6 Kegiatan Ini untuk Antisipasi Bencana Alam

Terjadinya berbagai macam bencana alam yang datang, membuat kita menjadi waspada dan melakukan berbagai macam kegiatan atau hal untuk mengantisipasi bencana yang datang.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa kita tidak bisa benar-benar memprediksi bencana alam yang akan datang, tetapi ada berbagai macam hal atau kegiatan yang dapat kita lakukan untuk mengantisipasi bencana alam. Lalu, apa saja hal atau kegiatan yang dapat kita lakukan untuk mengantisipasi bencana alam?

Menyiapkan Survival Kit

Bencana Alam

Sumber : journal.sociolla.com

Hal utama yang dapat Rekan Bijak lakukan untuk mengantisipasi berbagai bencana yang akan datang yaitu dengan menyiapkan survival kit. Survival kit yang harus disiapkan oleh Rekan Bijak meliputi senter, obat-obatan, selimut, masker, tali, radio, dan sejumlah bahan makanan yang cukup untuk keperluan selama tiga sampai tujuh hari.

Sebelum menyiapkan berbagai macam survival kit, sebaiknya Rekan Bijak pastikan bahwa semua barang atau alat yang ada termasuk ke dalam survival kit masih bisa dipakai, masih dapat berfungsi dengan baik, dan makanan yang jauh dari kadaluarsa. Hal tersebut perlu Rekan Bijak perhatikan atau lakukan untuk menghindari suatu hal yang tidak diinginkan.

Menyimpan Dokumen Berharga

Bencana Alam

Sumber : bintangnusantaramap.com

Langkah selanjutnya yang dapat Rekan Bijak lakukan untuk mengantisipasi bencana yang akan datang yaitu dengan menyimpan dokumen berharga atau surat-surat berharga. Rekan Bijak tidak pernah bisa memprediksi kapan bencana akan dating, oleh karena itu, sebelum terjadinya bencana, sebaiknya Rekan Bijak menyimpan dokumen atau surat-surat berharga dengan cara laminating semua dokumen atau surat-surat berharga yang Rekan Bijak punya, hal ini dilakukan agar dokumen atau surat-surat berharga Rekan Bijak tidak mudah rusak.

Lalu, selanjutnya simpan dokumen atau surat-surat berharga Rekan Bijak di email, dengan cara scan semua dokumen atau surat-surat berharga Rekan Bijak, hal ini mengantisipasi jika dokumen atau surat-surat berharga yang Rekan Bijak punya dalam bentuk cetak yang asli tidak dapat ditemukan, maka, Rekan Bijak masih menyimpan dokumen atau surat-surat berharga dalam bentuk lain.

Menyediakan Tas Darurat (Earthquake Emergency Bag)

Bencana Alam

Sumber : produsen.omahkreasitas.com

Setelah menyiapkan survival kit, menyimpan dokumen atau surat-surat berharga, langkah selanjutnya Rekan Bijak siapkan tas darurat, tas darurat berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan survival kit serta dokumen atau surat-surat berharga Rekan Bijak.

Seandainya, bencana alam akan datang, dan Rekan Bijak masih ada kesempatan untuk menyelamatkan diri atau menyelamatkan barang-barang, maka, Rekan Bijak hanya perlu mengambil tas darurat, lalu berlindung atau berlari atau menyelamatkan diri dari berbagai macam bencana yang akan datang.

Mengikuti Perkembangan Informasi

Bencana Alam

Sumber : Liputan6.com

Langkah yang sangat penting untuk mengantisipasi bencana alam yang akan datang yaitu Rekan Bijak harus terus mengikuti perkembangan informasi mengenai bencana, untuk Rekan Bijak yang berada di Indonesia, Rekan Bijak dapat mengunduh aplikasi resmi BMKG,.

Pada aplikasi resmi BMKG, terdapat berbagai macam informasi mengenai bencana yang ada di Indonesia, selain menginformasikan mengenai bencana alam yang ada, di aplikasi resmi BMKG terdapat pula informasi mengenai cuaca, iklim, dan berbagai macam informasi mengenai Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Selain mencari informasi mengenai bencana dengan menggunakan aplikasi resmi BMKG, Rekan Bijak dapat mengikuti informasi melalui berbagai portal berita hingga stasiun televisi yang ada.

Pengetahuan tentang Bencana Sejak Dini

Bencana Alam

Sumber : jpninfo.com

Saat terjadi bencana alam, hampir kebanyakan orang mengalami kepanikkan, untuk itu sebelum terjadi bencana, sebaiknya Rekan Bijak mendapatkan pengetahuan mengenai bencana yang akan datang. Pengetahuan yang dimaksud disini yaitu bagaimana sikap yang harus dilakukan Rekan Bijak jika seandainya bencana datang, seperti bencana alam yaitu gempa, maka sikap utama yang Rekan Bijak lakukan jika tidak bisa pergi ke tempat yang aman, Rekan Bijak dapat berlindung dibawah meja.

Dengan mendapatkan pengetahuan mengenai bencana alam, akan membuat Rekan Bijak menjadi lebih siap jika sewaktu-waktu bencana datang. Dan dengan mendapatkan pengetahuan mengenai bencana, selain dapat menolong diri sendiri, Rekan Bijak dapat membantu menolong orang lain.

Melindungi dengan Polis Asuransi

Bencana Alam

Sumber : 99.co

Langkah yang dapat Rekan Bijak lalukan jika seandainya bencana akan datang yaitu dengan melindungi rumah, harta benda, diri sendiri, keluarga, dan hal-hal berharga lainnya kepada polis asuransi. Ada berbagai macam asuransi, oleh karena itu, Rekan Bijak dapat asuransikan berbagai hal-hal berharga yang Rekan Bijak punya.

Dengan mengasuransikan berbagai macam hal yang berharga, maka, Rekan Bijak tidak perlu khawatir jika seandainya bencana datang, dan hal-hal berharga yang Rekan Bijak punya membutuhkan bantuan, karena, akan dibantu dengan polis asuransi yang telah Rekan Bijak bayarkan sebelum terjadi bencana.

Nah, Rekan Bijak, itu dia beberapa hal atau kegiatan yang dapat Rekan Bijak lakukan untuk mengantisipasi bencana alam ya!

Bencana Alam

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: