Kelebihan & Kekurangan BPJS Kesehatan vs Asuransi Kesehatan Swasta

Apa saja kelebihan dan kelemahan antara BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Swasta? Baca ulasannya dalam artikel dari Danabijak berikut ini!

Kelebihan & Kekurangan BPJS Kesehatan vs Asuransi Kesehatan Swasta

Kelebihan & Kekurangan BPJS Kesehatan VS Asuransi Kesehatan Swasta

Saat pemerintah meluncurkan program asuransi kesehatan yang dibawahi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Indonesia, banyak yang berpikir program ini akan membuat para pengguna perusahaan asuransi kesehatan swasta di tanah air “pindah tempat”. Namun nyatanya produk-produk asuransi kesehatan swasta masih diminati. Bahkan ada orang yang menjadi peserta BPJS dan asuransi kesehatan swasta sekaligus. Mari kita lihat baca tentang BPJS Kesehatan vs Asuransi Kesehatan Swasta : Kelebihan & Kekurangannya.

asuransi kesehatan

Sumber : www.caraandroid.net/

Keunggulan BPJS:

  1. Tidak perlu melakukan pengecekan medis di awal.
  2. Iuran premi yang relatif murah.
  3. Manfaat tanggungan premi yang relatif luas.
  4. Tidak ada batasan plafond asuransi.
  5. Semua tagihan RS akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan asalkan kita mengikuti. prosedur dan standar kelas yang telah ditentukan oleh pihak BPJS Kesehatan.

Kelemahan BPJS: 

  1. Proses pengurusan & birokrasi cenderung lambat dan berbelit-belit sehingga lama dan memakan banyak waktu.
  2. Antrian penggunaan BPJS sangat panjang terkadang tidak dibarengi dengan tenaga pelayanan yang jumlahnya seharusnya juga cukup dalam melayani masyarakat.
  3. Pilihan Rumah Sakit terbatas, dibatasi di dalam negeri.
  4. Kapasitas Rumah Sakit untuk Pasien BPJS cenderung terbatas.
  5. Rumah Sakit terkadang tidak mau menerima pasien BPJS jika kapasitas ruangannya sedang penuh.

 

asuransi kesehatan

Sumber : gayahidup.republika.co.id

Keunggulan Asuransi Swasta:

  1. Kecepatan dan kemudahan dalam proses pengurusan.
  2. Fleksibilitas dalam pemilihan rumah sakit, baik di dalam negeri maupun luar negeri.
  3. Kapasitas Rumah Sakit untuk Pasien Asuransi tidak terbatas.
  4. Rumah Sakit cenderung lebih terbuka dan lebih tanggap dalam menyambut pasien Asuransi Swasta dibanding pasien BPJS.

Kelemahan Asuransi Swasta:

  1. Memerlukan pengecekan medis yang sangat ketat di awal sehingga banyak yang dianggap tidak layak dan tidak bisa membuat asuransi kesehatan.
  2. Iuran premi yang cenderung mahal.
  3. Manfaat tanggungan premi yang cenderung terbatas (tidak memfasilitasi perawatan kehamilan, rawat jalan, perawatan gigi dan perawatan optik).
  4. Ada batasan plafond asuransi yang menyebabkan tidak semua tagihan bisa dibayarkan, khususnya jika biaya pengobatan mahal. Hal ini sangat memberatkan karena kita justru menggunakan proteksi untuk biaya pengobatan yang mahal.

 Segi Manfaat BPJS vs Asuransi Swasta

Setelah kita mengetahui dari segi besaran iuran/premi yang dibayarkan, lalu mari kita lihat perbandingan BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan swasta dari segi manfaatnya:

Asuransi Kesehatan Swasta

asuransi kesehatan

Sumber : dokternasir.web.id

  1. Pihak asuransi kesehatan memberikan manfaat untuk rawat inap seperti kamar, operasi, ambulan, obat, jaminan kematian, kunjungan dokter dan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan perawatan pasien di rumah sakit. Manfaat ini diberikan oleh hampir semua atau mayoritas pihak asuransi swasta
  2. Selain rawat inap, juga ada rawat jalan yang merupakan satu rangkaian setelah  pasien dirawat inap, dan ini satu paket dengan rawat inap.

BPJS

asuransi kesehatan

Sumber : news.detik.com

  1. BPJS Kesehatan ternyata juga memberikan pelayanan berupa rawat inap, rawat jalan, optik, gigi, dan kehamilan.
  2. BPJS Kesehatan juga memberi manfaat untuk layanan promotif dan preventif seperti penyuluhan, imunisasi, dan keluarga berencana. Selain itu ada manfaat non medis seperti ambulan. Bisa dibilang manfaat yang diberikan BPJS lebih lengkap dibanding asuransi kesehatan swasta.

Plafon BPJS vs Asuransi Swasta

Asuransi Kesehatan Swasta

  1. Untuk asuransi swasta memiliki batasan limit manfaat atau plafon asuransi. Misalnya, pasien boleh dirawat di sebuah rumah sakit dan ditanggung oleh asuransi selama batas maksimum rawat inap yang sudah disetujui. Begitu juga biaya-biaya rawat inap seperti kunjungan dokter, operasi, dan laboratorium punya limit biaya yang dicover Seandainya kita melebihi batas limit itu, kita harus membayar sendiri.
  2. Penghitungan plafon pada asuransi kesehatan swasta ada dua yaitu berdasarkan per-penyakit yang tidak memiliki batasan tahunan, atau berdasarkan waktu, misalnya plafon tahunan.

BPJS

  1. Untuk BPJS Kesehatan tidak memiliki limit manfaat. Hal ini tentu saja meringgankan beban untuk pasien, karena berapapun biaya yang dibutuhkan untuk proses pengobatan semua biaya ditanggung oleh BPJS Kesehatan.
  2. Namun, ada catatan penting yang harus anda ketahui, kita harus mengikuti prosedur yang sudah menjadi SOP BPJS Kesehatan.
  3. Prosedur tersebut meliputi ruangan perawatan sesuai dengan iuran yang mereka bayar jenis obat yang didapat juga sudah ditentukan, mengikuti SOP BPJS Kesehatan. Yang Pasti BPJS akan membayar pengobatan pasien sampai kita Biaya tambahan akan diminta pihak rumah sakit seandainya pasien ingin pindah ke ruang rawat lebih kelasnya lebih tinggi, atau pembelian sejumlah obat yang tidak ditanggung BPJS.

 Double Claim

Asuransi Kesehatan Swasta

  1. Untuk asuransi swasta, pasien bisa melakukan double claim. Double claim yang dimaksud adalah saat kita sakit dan membayar dengan asuransi kantor, kita tetap bia melakukan klaim melalui perusahaan asuransi sesuai manfaat asuransi yang kita pilih.

BPJS

  1. Untuk BPJS Kesehatan pasien tidak bisa melakukan double claim. Jika kita sakit dan dibayar oleh asuransi kantor, kita tidak bisa klaim lagi ke BPJS. Perlu diketahui BPJS hanya menerima klaim dari fasilitas kesehatan langsung dan tidak menerima klaim perorangan.

Inilah penjelasan dari Dana Bijak tentang BPJS Kesehatan vs Asuransi Kesehatan Swasta : Kelebihan & Kekurangannya. Rekan Bijak bebas memilih menurut keingingan dan kemampuan. Demikian ulasa menegenai Perbandingan BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan Swasta. Semoga bisa menjadi referensi yang tepat untuk Rekan Bijak semua.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: