Kenali 7 Macam Aset yang Termasuk ke Dalam Aktiva Tidak Berwujud

Aset atau aktiva merupakan sumber ekonomi atau kekayaan yang dapat memberikan manfaat suatu usaha di masa yang akan datang. Aset atau aktiva itu sendiri memliki dua jenis, yang pertama aset berwujud yaitu yang bisa dilihat secara kasatmata atau terlihat secara fisik, dan yang kedua yaitu aset tak berwujud yang tidak bisa dilihat secara kasatmata.

Kenali 7 Macam Aset yang Termasuk ke Dalam Aktiva Tidak Berwujud

Kenali 7 Macam Aset yang Termasuk ke Dalam Aktiva Tidak Berwujud

Aset atau aktiva tidak berwujud adalah aset non moneter atau aset yang bisa berubah sewaktu-waktu seiring dengan berjalannya waktu, yang tidak memiliki bentuk fisik, tetapi tetap memiliki peran nyata bagi perusahaan. Aktiva tidak berwujud memiliki peran yang penting, karena, memiliki cash flow bagi perusahaan di masa yang akan datang dan memiliki manfaat yang cukup lama. Lalu, apa saja macam-macam aset yang termasuk ke dalam aset tak berwujud?

Baca Juga : 6 Jenis Aset Paling Menguntungkan untuk Jangka Panjang

Hak Paten

Aktiva

Sumber : Tribunnews.com

Hak paten merupakan hak yang diberikan oleh pemerintah kepada seseorang atau pihak yang telah menemukan hal baru untuk membuat, memproduksi, menjual, bahkan mengawasi suatu penemuan dengan jangka waktu tertentu.

Hak paten tersebut bisa digunakan sendiri oleh orang yang menemukannya atau diserahkan kepada pihak lain sesuai dengan kesepakatan. Hak paten ini sendiri tidak bisa diperbarui, melainkan, sebuah perusahaan hanya bisa memperpanjang umur dari hak paten yang telah diberikan oleh pemerintah, dan biasanya jangka waktu yang diberikan dari hak paten itu sendiri yaitu 17 tahun.

Hak Cipta

Aktiva

Sumber : dailysocial.id

Hak cipta atau yang lebih dikenal dengan copyright merupakan hak yang diberikan atau dijamin oleh undang-undang yang dibuat oleh pemerintah kepada pengarang, pemain, artis untuk menerbitkan, menjual, serta mengawasi hasil karya yang telah dibuat, berupa musik, pekerjaan pementasan, gambar, dan lain sebagainya.

Hal yang membedakan hak paten dengan hak cipta yaitu hak cipta dapat dijual kepada pihak lain, sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Namun, hak paten tidak dapat dijual, walaupun ada perjanjian yang akan disepakati.

Baca Juga : 4 Macam Produk Kreatif Karya Anak Bangsa Indonesia

Merk Dagang

Aktiva

Sumber : marketingnull.blogspot.com

Merk dagang merupakan sebuah hak tunggal yang akan diberikan oleh pemerintah kepada perorangan atau badan usaha yang akan menggunakan suatu nama, lambang usaha, atau tanda pengenal atas suatu barang yang akan dijual atau dipasarkan.

Manfaat memiliki merk dagang yaitu dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan penjual dari produk atau jasa, karena, konsumen atau publik akan mengetahui atau mengenai suatu perusahaan dengan mudah. Salah satu contoh merk dagang yaitu Coca Cola, Windows, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 3 Perbedaan antara Berbisnis dengan Berdagang

Hak Franchise

Aktiva

Sumber : goukm.id

Hak franchaise merupakan hak yang digunakan untuk suatu fasilitas tertentu yang dimiliki oleh pihak (franchisor) kepada pihak lain yang akan menggunakan fasilitas (franchaise) tersebut. Maksud dari hak franchaise ini, sebuah badan usaha atau perorangan yang akan atau telah menggunakan fasilitas harus menggunakan hak tersebut sesuai dengan perjanjian mengenai kepetingan yang sudah disepakati bersama. Dalam hal ini, biasanya franchisor akan memberikan jangka waktu tertentu dan memiliki hak untuk mencabut fasilitas yang telah diberikan, jika pihak franchaise tidak memenuhi perjanjian yang telah disepakati.

Hak Sewa

Aktiva

Sumber : experian.com

Hak sewa atau yang di kenal juga dengan leasehold merupakan hal yang digunakan untuk aset atau aktiva tetap tertentu yang telah diatur dalam perjanjian sewa-menyewa, seperti properti, dan peralatan. Dalam menjalankan hak sewa ini, seseorang yang menyewa suatu aktiva atau aset tertentu harus membayar sejumlah uang kepada orang yang memberikan sewa. Untuk itu, dalam hak sewa ini terdapat dua cara pembayaran sewa. Pertama, sewa dibayar setiap periode tertentu. Kedua, sewa dibayar untuk beberapa periode tertentu.

Baca Juga : Ingin Membuka Usaha Laundry? Yuk, Simak Hal Ini Terlebih Dahulu

Hak Eksklusif

Aktiva

Sumber : Jurnal.id

Hak eksklusif merupakan hak khusus yang diberikan oleh pemerintah atau negara untuk mengelola fasilitas untuk publik atau fasilitas yang berhubungan dengan sumber daya alam yang dimiliki oleh negara. Harga yang diperoleh dari hak eksklusif ini meliputi biaya survei, biaya riset, biaya pemetaan, dan berbagai biaya lain yang berhubungan dengan perolehan hak tersebut, hingga hak eksklusif ini dapat dinyatakan siap untuk berkontribusi kepada perusahaan.

Baca Juga : 3 Macam Biaya yang Dikeluarkan ketika Memutuskan untuk Berbisnis

Goodwill

Aktiva

Sumber : maxmanroe.com

Aset atau aktiva terakhir yang termasuk ke dalam aktiva tidak terwujud yaitu goodwill. Goodwill yang dimaksud disini yaitu kelebihan pembayaran yang terdapat dalam suatu usaha atas aktiva yang dibutuhkan perusahaan dibandingkan dengan nilai pasar. Goodwill disini hanya akan dicatat oleh perusahaan jika membeli bisnis dari orang lain atau perusahaan lain.

Baca Juga : 8 Aset Tak Berwujud yang Harus Dimiliki oleh Seorang Pebisnis

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan beberapa macam aset yang termasuk ke dalam aktiva tidak berwujud? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel di atas ya!

Aset

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: