Kenali 3 Masalah yang Muncul Akibat Memakai Contact Lens

Contact lens merupakan benda yang awal mula memiliki fungsi sebagai alat bantu penglihatan selain Kacamata, namun, seiring berjalannya waktu, contact lens tidak hanya digunakan untuk alat bantu melihat, akan tetapi, untuk keperluan menampilkan diri menjadi lebih baik atau keperluan kosmetik.

Kenali 3 Masalah yang Muncul Akibat Memakai Contact Lens

Kenali 3 Masalah yang Muncul Akibat Memakai Contact Lens

Contact Lens atau Lensa Kontak memiliki dua jenis yaitu softlens, softlens adalah jenis lensa kontak lunak, yang terbuat dari plastik lembut dan fleksibel yang memungkinkan oksigen masuk ke dalam kornea, namun, softlens memiliki periode dalam pemakaiannya, yaitu ada yang satu kali pakai langsung dibuang, ada juga yang bertahan hingga beberapa bulan, kemudian selanjutnya hardlens, hardlens adalah lensa kontak yang lebih keras jika dibandingkan dengan lensa kontak jenis lunak, namun, pada hardlens dapat membuat penglihatan jauh lebih jelas dibandingkan dengan softlens, untuk perawatannya lebih murah, karena, hardlens lebih tahan lama.

Awal mula adanya contact lens yaitu untuk membatu penglihatan seseorang yang memiliki kekurangan, berupa minus, namun seiring berjalannya waktu, contact lens dapat berguna untuk menambah kepercayaan diri seseorang. Tidak bisa dipungkiri, bahwa menggunakan contact lens lebih menambah percaya diri jika dibandingkan memakai kacamata yang cenderung membuat image seseorang seperti kutu buku. Diantara kedua jenis contact lens, yang memiliki banyak penggemar yaitu softlens.

Banyak orang menggunakan softlens karena bahannya yang lunak, sehingga, nyaman untuk di pakai, lalu kegunaan lain dari seseorang memakai softlens adalah untuk keperluan mempercantik diri atau menambah kepercayaan diri, karena, softlens mudah untuk digunakan dan juga memiliki berbagai macam warna yang akan membuat warna mata seseorang berbeda dari yang asli. Selain kegunaan yang beragam dari contact lens, ada juga masalah yang akan dapat timbul ketika memakai contact lens, lalu apa saja ya masalah yang akan timbul?

Iritasi Mata

Contact Lens

Sumber : obatherbalternatif.info

Mata merupakan salah satu bagian dari tubuh yang rentan akan berbagai hal, oleh karena itu, hal yang paling sering terkena oleh mata adalah iritasi. Iritasi bisa diakibatkan dari berbagai macam, seperti halnya disini yaitu Rekan Bijak memakai jenis lensa kontak  pada saat tangan tidak bersih atau belum mencuci tangan terlebih dahulu, lupa akan tanggal kadaluarsa, terkena debu saat memakai jenis lensa kontak.

Hal yang paling sering terjadi oleh orang-orang yang memakai lensa kontak adalah lupa melepas lensa kontak, dimana Rekan Bijak sudah memakai lensa kontak dengan waktu yang cukup lama, dan hal tersebut yang akan membuat iritasi pada mata, karena, dengan menggunakan lensa kontak, maka mata akan kekurangan oksigen, sehingga, membuat bakteri jauh lebih mudah untuk masuk ke dalam mata dan mengakibatkan iritasi pada mata Rekan Bijak.

Alergi

Contact Lens

Sumber : Alodokter.com

Masalah yang akan timbul jika Rekan Bijak terlalu lama atau terlalu sering memakai lensa kontak adalah alergi.  Alergi mata yang ditimbulkan akibat Rekan Bijak terlalu lama atau terlalu sering memakai lensa kontak yaitu Rekan Bijak akan merasakan gatal di daerah mata, rasa tidak nyaman pada mata, kemudian membuat mata Rekan Bijak menjadi memerah.

Tidak bisa dipungkiri bahwa menggunakan lensa kontak akan menutup bola mata yang membuat bola mata ataupun seluruh bagian mata kekurangan oksigen, oleh karena itu, memakai lensa kontak terlalu lama atau terlalu sering dapat menimbulkan alergi pada mata. Jadi, sebaiknya jika Rekan Bijak sudah merasakan gejala-gejala seperti mata gatal, mata memerah ataupun rasa tidak nyaman pada mata, kurangi pemakaian lensa kontak dan periksa mata Rekan Bijak.

Merubah Bentuk Bola Mata

Contact Lens

Sumber : liveabout.com

Memakai contact lens selain membantu penglihatan, dapat membuat Rekan Bijak menjadi lebih gaya, akan tetapi, janganlah terlalu sering memakai lensa kontak, karena, jika Rekan Bijak terlalu sering atau memakai lensa kontak hampir setiap hari, maka bentuk bola mata Rekan Bijak akan berubah.

Apa hubungannya memakai lensa kontak dengan bentuk bola mata yang berubah? Yap, tentu dua hal tersebut dapat berhubungan jika dipakai secara rutin atau terlalu sering digunakan, karena, dengan pemakaian lensa yang rutin akan membuat bola mata Rekan Bijak menjadi terbiasa dengan adanya lensa kontak dan membuat bola mata Rekan Bijak berubah mengikuti atau mempengaruhi bentuk dari lensa kontak yang biasa Rekan Bijak gunakan.

Nah, Rekan Bijak, alangkah lebih baik jika memakai lensa kontak sesuai dengan aturan yang berlaku agar tidak mengalami masalah-masalah seperti yang ada di artikel di atas ya!

Contact Lens

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: