Mana yang Kamu Pilih? Kerja Kantoran atau Jadi Wirausahawan?

Bekerja merupakan kewajiban serta kebutuhan yang harus dilakukan setiap orang demi menyokong kehidupan sehari-hari. Tanpa bekerja, akan sulit bagi kita mendapat pemasukan setiap bulan. Akibatnya, kita akan mengalami kesulitan pula dalam memenuhi setiap kebutuhan yang ada.

Mana yang Kamu Pilih? Kerja Kantoran atau Jadi Wirausahawan?

Mana yang Kamu Pilih? Kerja Kantoran atau Jadi Wirausahawan?

Mungkin, dilema mulai muncul, khususnya bagi para fresh graduate. Akan dibawa ke mana kehidupan karir kelak? Apakah menjadi wirausahawan atau karyawan? Pertanyaan tersebut kerap muncul dibenak meskipun akhirnya keputusan berada di tangan masing-masing.

Demi melangsungkan hidup, ada 2 profesi yang dapat dipilih, yakni memulai usaha sendiri (menjadi wirausahawan) atau menjadi karyawan kantoran.

Berikut Danabijak akan coba memberikan pandangan terkait kelebihan dan kekurangan menjadi karyawan dan wirausahawan :

MODAL

Apa pun pilihan kita, entah itu kerja kantoran atau membuka bisnis sendiri, keduanya sama-sama membutuhkan modal. Untuk melamar kerja saja kita dituntut untuk memiliki keterampilan dan ilmu yang sesuai. Sementara itu, untuk memulai usaha, bukan hanya modal keterampilan serta ilmu yang wajib dimiliki, tapi juga modal material, seperti uang maupun barang. Kedua modal inilah yang sering jadi penghambat. Jika mengalami masalah modal saat ingin membuka usaha sendiri, coba pertimbangkan untuk mengajukan pinjaman online sebagai solusi.

Salah satu pinjaman online terpercaya adalah Danabijak. Selain karena prosesnya yang cepat dan bunganya kompetitif, Danabijak juga memberikan rasa aman bagi setiap nasabahnya.

RISIKO

Masing-masing pilihan juga mempunyai risiko. Menjalani profesi sebagai wirausaha berarti siap menanggung kerugian jika usaha tidak berjalan sesuai dengan harapan. Tidak jarang, aset pribadi pun harus dikorbankan demi menutupi kerugian.

wirausahawan

Menjadi karyawan atau berwirausaha, sama-sama memiliki risiko. Mulai dari terancam PHK sampai bisnis yang mengalami kerugian.

Lain halnya dengan wirausaha, menjadi karyawan berarti harus siap menanggung risiko terkena PHK sewaktu-waktu. Penyebab PHK beragam, mulai dari perusahaan yang mengalami kerugian hingga performa kerja yang dianggap kurang maksimal.

WAKTU KERJA

Pekerja kantor wajib mengikuti peraturan jam kerja yang telah ditentukan. Kita tidak bisa leluasa mengatur jam kerja sendiri. Sistem yang ada wajib dipatuhi oleh seluruh karyawan. Sanksi kerja sudah menunggu jika ada karyawan yang tidak mematuhi jam kerja.

Tapi, hal ini tidak berlaku bagi wirausaha. Tak ada istilah jam masuk dan jam pulang, semuanya fleksibel dan tergantung kesediaan wirausaha tersebut dalam menyediakan waktu bagi usaha yang digeluti.

FASILITAS

Setiap pekerja kantor berhak mendapatkan gaji bulanan. Selain itu, biasanya ada fasilitas tertentu dari kantor, seperti perlindungan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, serta jaminan masa tua yang diberikan. Saat karyawan sakit, kantor yang akan menanggung biaya perawatan.

Beda dengan karyawan, wirausaha tidak memiliki fasilitas tersebut. Semua disediakan sendiri, tak ada perlindungan asuransi atau jaminan hari tua.

PENGHASILAN

Dari segi penghasilan, seorang karyawan memiliki sumber pemasukan yang lebih pasti dibanding seorang wirausaha karena mendapatkan gaji yang sama jumlahnya setiap bulan. Sementara itu, seorang wirausaha, apalagi jika baru saja membuka usaha, belum tentu mendapatkan pemasukan setiap bulannya.

POLA KERJA

Selain harus mematuhi aturan kerja, seorang karyawan juga memiliki target yang musti dicapai. Target kerja bisa dalam jangka waktu tahunan, bulanan, mingguan, bahkan harian. Jika karyawan tidak mampu memenuhi ekspektasi perusahaan maka risiko harus siap ditanggung. Risiko paling berat adalah kehilangan pekerjaan.

wirausahawan

Karyawan umumnya memiliki target setiap tahun, bulan, minggu bahkan hari sementara wirausaha target diatur lebih fleksibel.

Lain halnya dengan wirausaha. Atasan adalah diri kita sendiri. Oleh karena itu, sikap kemandirian sangat berperan di lahan ini. Meskipun berhak mengatur semuanya sendiri, tapi kita tetap tidak boleh bersikap seenaknya. Jika kita tidak bisa mengelola usaha dengan baik, usaha akan hancur seketika.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: