7 Kesalahan yang Biasa Dilakukan saat Belanja di Jualan Online

Pernahkah kamu berbelanja di jualan-jualan online? Jualan online memang sedang menjamur di era-era digital saat ini. Jualan-jualan online banyak menawarkan banyak fitur yang tidak ditawarkan oleh toko-toko konvensional. Namun, karena kurangnya pengalaman saat berbelanja online, banyak orang melakukan kesalahan-kesalahan dalam berbelanja online.

7 Kesalahan yang Biasa Dilakukan saat Belanja di Jualan Online

7 Kesalahan yang Biasa Dilakukan saat Belanja Online

Sepertinya belanja di jualan online merupakan suatu hal yang sudah menjamur di dalam lapisan masyarakat Indonesia. Pada kenyataannya, online shop yang ada di Indonesia telah memaksa banyak produk-produk perusahaan yang akhirnya harus menurun penjualannya dikarenakan dari belanja online. Hal ini cukup menggambarkan bagaimana online shop telah menjadi suatu hal yang sangat berpengaruh pada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Indonesia.

Seringnya dan popularitas belanja online yang semakin lama semakin naik dan terus berkembang dan bertumbuh subur di Indonesia, membuat banyak orang lebih terpengaruh untuk segera berbelanja di jualan online yang ada. Banyak orang mulai memilih untuk belanja di jualan online juga dikarenakan dari sifat online shopping yang lebih efektif, efisien dan tidak menyita waktu.

Namun, meski begitu, masih ada banyak yang membuat jualan online bisa jadi lebih merugikan untuk para pelanggan dibandingkan toko konvensional, jika para pelanggan tersebut tidak mempunyai tips-tips dalam berbelanja di jualan online. Lalu, apa saja kesalahan yang biasa dilakukan para pelanggan ketika belanja di jualan online sehingga sebenarnya merugi?

Tertipu Gambar

jualan online

Sumber : Wolipop.detik.com

Penipuan gambar sering terjadi di saat ingin berbelanja online. Hal ini bisa saja terjadi karena ketidaktelitian, ditambah lagi juga rasa nafsu yang mengelilingi ketika ingin membeli suatu hal, apalagi jika barang tersebut sedang diskon atau pun lebih murah daripada yang lainnya. Seperti gambar yang diatas, tentunya orang tersebut sangatlah kecewa dengan barang yang telah dibelinya, karena ia menganggap lampu di gelasnya akan menyala, namun kenyataannya berbeda dan sangat jauh perbedaannya.

Lalu, bagaimana agar tidak tertipu seperti ini? Hal paling penting dalam belanja di jualan online adalah memeriksa kolom komentar, rating hingga rekomendasi-rekomendasi yang ada. Hal-hal ini penting ketika berbelanja online. Dari sini, kita dapat melihat review dari orang lainnya. Dengan adanya review tersebut, orang-orang akan bisa lebih berpikir dua kali untuk membeli suatu barang, baik jika murah maupun mahal.

Harga = Kualitas

jualan online

Sumber : Remaja.my

Ingat, dalam berbelanja apapun, harga adalah kualitas. Walaupun tidak semua hal yang murah adalah barang-barang berkualitas lebih rendah, namun harus diakui, jika suatu barang sudah murah, kebanyakan dari barang tersebut berkualitas lebih rendah dibandingkan dengan barang-barang yang mahal. Hal ini sudah menjadi rahasia umum, namun pada kenyataannya, masih banyak orang yang berpikir, harga murah kualitas seharusnya mahal, dan ini pola pikir yang salah.

Solusinya, jika melihat ada barang yang murah, walaupun merasa kualitasnya baik, ada baiknya mencari barang yang sma namun dengan harga yang sedikit lebih mahal, agar kualitasnya lebih terjamin. Lebih baik lagi, untuk segera melihat dan membaca-baca tentang review yang ada dari komentar-komentar pelanggan lainnya yang sudah pernah membeli.

Tidak Menghitung Ongkos Kirim

jualan online

Tidak menghitung ongkos kirim merupakan kesalahan lainnya yang dilakukan oleh seorang pelanggan. Mengapa hal ini penting? Banyak jualan online yang menjual barang-barang berat, dan harus kamu ketahui, bahwa barang-barang yang dijual, jika suatu barang makin berat, maka bisa jadi barang tersebut makin mahal. Ditambah lagi, ongkos kirim pun bisa berubah-ubah, jika pengirimannya memakai pengiriman Gojek atau Grabbike.

Lebih baik, ketika sudah membeli suatu barang, hitung kembali ongkos kirim. Terkadang, ongkos kirim bisa jadi lebih mahal atau lebih murah. Jika kamu ingin memakai asuransi pengiriman dan ingin memakai pengiriman yang lebih cepat, pastinya harganya akan bertambah lebih mahal.

Mempublikasikan Informasi Sendiri yang Bersifat Privasi saat Berbelanja di Jualan Online

jualan online

Sumber : Fortknoxster.com

Ingat, orang-orang bisa memakai akunmu untuk menipu! Ketika kamu mempublikasi atau berkomentar tentang suatu hal saat berbelanja di jualan online, atau pun di akunmu kamu mencantumkan segala sesuatu tentang informasi pribadi kamu, kamu mempunyai bahaya untuk langsung dikorek tentang informasi pribadi kamu, dan bisa jadi disalahgunakan oleh orang lain!

Jadi, lebih baik, ketika kamu berusaha mendaftarkan diri untuk belanja online, lebih baik kamu tidak memakai akun Google kamu atau Facebook kamu, dan lebih baik membuat akun secara manual dengan catatan memakai nama asli namun tidak dengan nama keluarga, dan tidak mencantumkan informasi pribadi yang bisa jadi disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab di bagian biografi kamu!

Koneksi Internet Bermasalah

jualan online

Koneksi internet yang bermasalah akan sangat merugikanmu, baik jika internetnya terasa lambat atau pun koneksi internet yang sering mati atau nyala. Apalagi jika kamu sedang berfokus ingin flash sale seperti yang biasa dilakukan oleh jualan online seperti Tokopedia atau pun Shopee. Ditambah, jika kamu ingin upload foto bukti pembayaran, namun karena lambat, seringkali upload gambar pun gagal, ditambah lagi jika karena koneksi bermasalah, gagal bayar pun terjadi sehingga barang tidak jadi dikirimkan.

Lebih baik, ketika kamu sedang fokus untuk membeli suatu barang dengan koneksi yang lambat, carilah tempat-tempat seperti kafe atau pun tempat yang ada wifi, bahkan jika harus rumah teman sekalipun. Hal ini agar meminimalisasi kemungkinan terjadinya kegagalan pembayaran.

Mengejar Poin Belanja

jualan online

Sumber : Livemint.com

Mengejar poin belanja adalah hal lainnya yang biasa dilakukan oleh para pelanggan belanja di jualan online agar mendapatkan diskon atau pun barang menarik lainnya. Mereka pun rela untuk membeli barang-barang yang ada, namun sebenarnya tidak terlalu digunakan, hanya untuk mencapai poin belanja. Hal ini seharusnya tidak dilakukan, karena bisa saja poin belanja yang dikumpulkan tersebut sebenarnya bisa jadi sebuah barang yang bisa dibeli dengan harga lebih murah dibandingkan dengan uang yang harus dikeluarkan untuk mencapai target poin tertentu.

Untuk itu, lebih baik kamu berhati-hati dalam membeli barang dan berpikir dua kali sebelum mengejar poin tertentu. Lebih baik, kamu pelan-pelan, tidak bernafsu dalam membeli barang dan lebih mengerti tentang apa yang kamu butuhkan saat ini.

Tidak Memeriksa Rincian

jualan online

Sumber : Vpnhaus.ncp-e.com

Tidak memeriksa rincian saat belanja di jualan online juga biasanya salah satu kesalahan yang dibuat oleh seseorang pelanggan. Hal ini sangatlah merugikan bagi pihak pelanggan. Tidak memeriksa rincian mulai dari harga, pemberian rating hingga komentar dan ulasan yang ada hanya akan membuat pihak pelanggan nantinya merugi, karena tidak tahu kualitas.

Tentunya, rincian deskripsi produk juga sangatlah penting, apalagi jika membeli barang-barang yang dikenal berteknologi, seperti smartphone, televisi atau pun laptop, sehingga lebih baik untuk memeriksa rincian. Ditambah lagi juga rincian seperti rating perusahaan, komentar orang-orang terhadap toko yang menjual, hingga rekomendasi-rekomendasi yang ada. Hal-hal seperti ini harus diperiksa.

Nah, begitulah Rekan Bijak. Kamu harus lebih merinci dan lebih serius ketika ingin belanja di jualan online! Yang dinamakan berbelanja, pastinya membutuhkan uang, dan kamu harus lebih berhati-hati dalam menggunakan uang. Jadi, kamu harus menghindari kesalahan-kesalahan yang ada dalam berbelanja online, seperti kesalahan yang ada di atas!

jualan online

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: