Mengenal Quarter Life Crisis dan 5 Cara Mengatasinya!

Dalam kehidupan manusia, setiap manusia bisa mengalami berbagai macam kondisi. Kondisi yang dialami oleh manusia dapat berpengaruh terhadap suasana hati, yang terkadang suasana hati baik-baik saja, hingga suasana hati yang bisa membuat seseorang mengalami depresi. Dan hal tersebut dapat berpengaruh kepada kehidupan manusia.

Mengenal Quarter Life Crisis dan 5 Cara Mengatasinya!

Mengenal Quarter Life Crisis dan 5 Cara Mengatasinya!

Salah satu kondisi yang bisa membuat seseorang menjadi depresi yaitu saat mengalami quarter life crisis atau yang dikenal sebagai galau. Quarter life crisis merupakan suatu keadaan yang membuat seseorang bimbang, galau, sedih mengenai arah dan kualitas hidup seseorang.

Seseorang yang biasanya mengalami quarter life crisis, ketika memasuki umur 20an-30an tahun, dan biasanya lebih sering dialami saat Rekan Bijak sudah memasuki umur 25 tahun. Bahkan, menurut studi asal Inggris, keadaan ini adalah akan dialami oleh seseorang yang berusia 25 tahun yang sudah mulai merasakan berbagai persoalan dalam hidup, persoalan hidup yang dimaksud ini yaitu merasakan khawatir yang berlebihan kepada berbagai macam hal, seperti pekerjaan, hubungan asmara, dan berbagai permasalahan dewasa yang lainnya.

Baca Juga : Cintai Diri Sendiri dengan Lakukan 5 Investasi Diri Ini, Agar Hidup Lebih Berkualitas!

Kemudian, menurut Themuse.com, seseorang yang mengalami keadaan ini tidak mengenal gender, jadi baik pria ataupun wanitia bisa mengalami keadaan krisis ini. Tetapi, biasanya wanita tidak begitu lama menghadapi keadaan krisis ini, jika dibandingkan dengan seorang pria. Dan, menurut Pijar Psikologi, ada dua faktor yang mengakibatkan seseorang mengalami keadaan krisis ini, yaitu faktor eksternal, dan faktor internal. Lalu, bagaimana cara mengatasi quarter life crisis ya?

Belajar Menerima Kondisi

Quarter Life Crisis

Sumber : hot.detik.com

Hal pertama yang harus Rekan Bijak lakukan untuk mengatasi keadaan krisi ini yaitu dengan mecoba untuk menerima kondisi diri sendiri. Menerima kondisi diri sendiri yang dimaksud yaitu tidak menyalahkan diri sendiri terhadap segala sesuatu yang akan menimbulkan masalah, dan tidak melarikan diri dari masalah yang ada.

Menerima kondisi bukan berarti Rekan Bijak menyerah pada suatu keadaan, melainkan mencoba untuk belajar menyelasaikan masalah yang ada dengan bijak. Dengan menerima kondisi diri sendiri, maka, dapat membantu Rekan Bijak untuk bangkit dari keadaan krisis yang sedang melanda. Sebaliknya, jika Rekan Bijak menolak untuk menerima suatu kondisi, maka, bisa memperburuk keadaan, dan akan membuat Rekan Bijak merasa marah, serta menyalahkan diri sendiri.

Lakukan Mirror Therapy

Quarter Life Crisis

Sumber : Kumparan.com

Cara mengatasi selanjutnya yaitu dengan melakukan mirror terapy, mirror terapy ini sudah dibahas dalam buku Emotional Healing, karya Irma Rahayu yang merupakan seorang soul healer dan founder Emotional Healing Indonesia. Terkadang beberapa orang merasa sudah mengenal diri mereka sendiri, namun, nyatanya seseorang tersebut belum sepenuhnya mengenal diri sendiri.

Untuk itu, dengan melakukan mirror terapy, Rekan Bijak bisa mengenali diri sendiri. Caranya cukup mudah, yaitu Rekan Bijak melakukan bercermin, lihatlah pantulan diri Rekan Bijak, lihat kelebihan serta kekurangan yang ada di diri Rekan Bijak, setelah itu terimalah dengan rasa syukur segala kekurangan serta kelebihan yang dimiliki. Kemudian, Rekan Bijak dapat memberikan ucapan terima kasih kepada diri sendiri, terhadap berbagai kekurangan dan kelebihan yang ada di diri sendiri.

Baca Juga : Ketahui 4 Macam Karakter Kepribadian yang Ada Pada Manusia!

Jangan Membandingkan

Quarter Life Crisis

Sumber : fositip.com

Selanjutnya, cara yang harus Rekan Bijak lakukan untuk mengatasi keadaan krisis ini yaitu tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Dengan membandingkan diri sendiri dengan orang lain, maka, akan membuat Rekan Bijak merasa selalu kurang terhadap segala sesuatu yang telah Rekan Bijak capai, dan terkadang membuat Rekan Bijak mengeluh, serta tidak bersyukur terhadap keadaan yang sudah Rekan Bijak jalani.

Tidak bisa dipungkiri, melihat kesuksesan seseorang dapat membuat kita termotivasi untuk menjadi lebih baik, akan tetapi, sudah tidak baik, jika Rekan Bijak membandingkan diri sendiri dengan orang lain, karena, setiap orang memiliki kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Jadi untuk mengatasi keadaan krisis ini, Rekan Bijak harus tetap ingat, bahwa seseorang pasti memiliki kekurangan, dan bisa saja yang mungkin Rekan Bijak bisa, tidak bisa dilakukan oleh orang yang Rekan Bijak bandingkan, dan tetaplah bangga terhadap diri sendiri.

Ceritakan kepada Sahabat

Quarter Life Crisis

Sumber : idntimes.com

Selanjutnya, cara mengatasi keadaan krisis ini yaitu ceritakan kepada sahabat. Terkadang beberapa orang saat mengalami keadaan krisis ini lupa bahwa, mereka memiliki seorang sahabat yang akan selalu membantu, menyemangati, dan berada di berbagai macam kondisi yang kita alami. Untuk itu, jika Rekan Bijak merasa sulit mengatasi keadaan krisis ini sendirian, Rekan Bijak dapat menceritahan kepada sahabat yang Rekan Bijak percaya.

Dengan menceritakan kepada sahabat, Rekan Bijak bisa merasakan lega dan sedikit tenang terhadap keadaan krisis yang sedang Rekan Bijak hadapi. Dan, dengan menceritakan kepada sahabat, Rekan Bijak tidak akan mengalami keadaan krisis yang semakin buruk, karena, ada orang yang mendukung, serta menyemangati Rekan Bijak untuk menyelesaikan masalah.

Baca Juga : 8 Tipe Teman yang Harus Dihindari Dalam Hidup Kita

Konsultasi dengan Ahlinya

Quater Life Crisis

Sumber : steemkr.com

Cara mengatasi yang terakhir ini bisa Rekan Bijak lakukan, jika Rekan Bijak benar-benar sulit mengatasi keadaan krisis ini yaitu konsultasi dengan ahlinya. Konsultasi dengan ahlinya yang dimaksud yaitu Rekan Bijak melakukan konsultasi dengan psikolog yang Rekan Bijak percaya. Dengan konsultasi dengan psikolog, maka, Rekan Bijak bisa mendapatkan saran, masukan, serta cara yang baik untuk mengatasi keadaan krisis ini.

Baca Juga : Mengalami Krisis Finansial? Yuk, Hadapi dengan 5 Cara Ini!

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan mengenai quarter life crisis dan berbagai cara mengatasinya? Jika iya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat ya!

Quarter Life Crisis

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: