Ketahui Lebih dalam Mengenai Bahasa Tubuh Manusia dengan 5 Cara Ini!

Bahasa merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dengan bahasa maka manusia satu dengan yang lain bisa saling berinteraksi. Bahasa merupakan salah satu hal yang termasuk ke dalam komunikasi, di dalam komunikasi kepada sesama manusia.

Ketahui Lebih dalam Mengenai Bahasa Tubuh Manusia dengan 5 Cara Ini!

Ketahui Lebih dalam Mengenai Bahasa Tubuh Manusia dengan 5 Cara Ini!

Komunikasi merupakan proses pertukaran informasi dari satu manusia ke manusia lainnya. Komunikasi terdiri menjadi dua yaitu komunikasi verbal berupa lisan ataupun tulisan, dan komikasi non-verbal berupa bahasa tubuh. Untuk itu, dalam memahami orang lain, Rekan Bijak harus memahali bahasa tubuh dari orang lain.

Baca Juga : 5 Soft Skill yang Didapatkan Saat Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi

Bahasa tubuh atau body language adalah informasi yang disampaikan dengan isyarat tertentu. Tujuan mengetahui bahasa tubuh manusia untuk Rekan Bijak yaitu supaya Rekan Bijak bisa mudah memahami orang lain, tanpa harus orang tersebut menjelaskan secara jelas (menggunakan lisan atau tulisan). Lalu, bagaimana cara mengetahui bahasa tubuh manusia ya?

Mata

Cara yang pertama yaitu dengan melihat mata seseorang. Ada peribahasa yang mengatakan mulut bisa berbohong, tetapi mata tidak akan pernah bisa berbohong. Mungkin bagi Rekan Bijak peribahasa tersebut hanyalah peribahasa saja. Padahal, nyatanya peribahasa tersebut merupakan suatu hal yang benar. Rekan Bijak bisa melihat sesuatu dengan cara melihat mata seseorang. Cara melihat sesuatu atau informasi dari mata seseorang yaitu dengan melihat tatapan mata, kedipan mata seseorang, ukuran pupil.

TubuhSumber : merdeka.com

Tatapan mata ini bisa Rekan Bijak ketahui dengan menatap mata orang lain, jika tatapan mata orang lain melihat terlalu lama dan tajam, bisa diartikan sebagai ancaman. Kemudian, jika Rekan Bijak sedang berbicara dengan orang lain, lalu orang tersebut tidak mau menatap mata Rekan Bijak, bisa diartikan orang tersebut sedang berbohong. Mengartikan kedipan mata yaitu jika seseorang berkedip terlalu cepat memiliki arti tidak nyaman, merasa tertekan, atau sedang berbohong. Dan, yang terakhir pupil mata seseorang bisa diartikan sebagai jika seorang tertarik akan suatu hal, maka, pupil mata orang tersebut akan membesar.

Ekspresi Wajah

TubuhSumber : jatim.tribunnews.com

Cara selanjutnya yaitu dengan melihat ekspersi wajah. Bagi beberapa orang melihat ekspresi wajah merupakan hal yang paling mudah untuk mengerti body language seseorang. Penelitian menunjukkan, bahwa, ekspersi wajah mampu memperlihatkan kredibilitas seseorang, keramahan seseorang, hingga kecerdasan seseorang. Dengan adanya ekspresi wajah, maka, Rekan Bijak dapat melihat emosi seseorang, seperti marah, senang, sedih.

Gerakan Bibir

TubuhSumber : Hellosehat.com

Selanjutnya, cara mengetahui body language yaitu dengan melihat gerakan bibir. Seseorang yang mengigit bibir bisa diartikan sebagai orang tersebut sedang merasakan khawatir, cemas, tertekan, takut, dan tidak aman. Kemudian, seseorang yang ujung bibir turun kebawah maka bisa diartikan orang tersebut tidak setuju, dan sedang merasakan kesedihan. Dan, yang terakhir jika seseorang mengantupkan bibir, maka, bisa diartikan sebagai ketidakpercayaan, ketidaksukaan, dan ketidaksetujuan.

Baca Juga : Ingin Membuat Pidato yang Didengar Orang-Orang? Inilah 8 Tipsnya!

Posisi Tangan dan Kaki

TubuhSumber : Qerja.com

Cara yang selanjutnya yaitu dengan melihat posisi tangan dan posisi kaki. Dalam mengartikan body language yang ini, cukup sulit, karena, sudah banyak orang yang pintar mengelabui seseorang dengan posisi tangan atau posisi kaki. Posisi tangan yang bisa Rekan Bijak ketahui yaitu saat seseorang memangku tangan di depan dada, maka, bisa diartikan orang tersebut sedang marah atau sedang melindungi diri dari ancaman tertentu. Kemudian, jika seseorang sedang duduk di kursi, kemudian kaki seseorang menggerakkan telapak kaki keatas-kebawah secara cepat, maka, bisa diartikan orang tersebut sedang cemas.

Gestur

TubuhSumber : brilio.net

Cara yang terakhir supaya Rekan Bijak mengerti tentang bahasa tubuh yaitu dengan melihat gestur seseorang. Selain ekspresi, body language yang mudah di mengerti bagi Rekan Bijak yaitu gestur. Dengan melihat gestur seseorang, maka, Rekan Bijak bisa mengetahui informasi apa yang sedang berikan orang lain. Contoh dari gestur yaitu melambaikan tangan. Gestur memang mudah dimengerti, tetapi di setiap negara memiliki arti dari gestur yang berbeda. Seorang yang mengangkat jempol bisa diartikan sebagai baik, siap. Tetapi di Iran, mengangkat jempol diartikan sebagai meminta tumpangan.

Baca Juga : 7 Cara Jitu Meningkatkan Kecerdasan Emosi (EQ)

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan apa saja cara mengartikan bahasa tubuh? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel diatas ya!

Tubuh

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: