Ketahui Lebih Jauh Mengenai Penghargaan Nobel!

Dalam kehidupan manusia, ketika seseorang berhasil mengapai suatu mimpi atau keberhasilan akan diberikan penghargaan. Penghargaan hadir untuk memberikan suatu apresiasi kepada seseorang terhadap suatu keberhasilan atau suatu penghormatan untuk menghargai keberhasilan seseorang.

Ketahui Lebih Jauh Mengenai Penghargaan Nobel!

Ketahui Lebih Jauh Mengenai Penghargaan Nobel!

Ada berbagai macam penghargaan di dunia, salah satu penghargaan tertinggi di dunia untuk menghargai jasa seseorang yaitu penghargaan nobel. Penghargaan nobel adalah sebuah penghargaan untuk seseorang yang telah melakukan penelitian yang berbeda dari orang lain atau penelitian yang luar biasa, seseorang yang menemukan sesuatu yang baru atau unik, dan bagi seseorang yang memberikan kontribusi yang sangat baik kepada masyarakat.

Penghargaan ini hadir untuk yang pertama kalinya pada tahun 1901 untuk mengenang Alferd Nobel yang merupakan seseorang yang menemukan dinamit, dan penghargaan ini berawal dari wasiat yang diberikan oleh Alferd Nobel untuk memberikan sebuah penghargaan kepada seseorang berjasa besar bagi kemanusiaan, yang ditandatangi oleh beliau pada tanggal 27 November 1985.

Nobel

Sumber : .idntimes.com

Penghargaan ini terbagi menjadi enam macam, yaitu :

  • Penghargaan dibidang Fisiologi dan Kedokteran yang ditentukan oleh The Karolinska Institute
  • Penghargaan dibidang Fisika yang ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Swedia
  • Penghargaan dibidang Sastra yang ditentukan oleh Swedish Academy
  • Penghargaan dibidang Kimia yang ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Swedia
  • Penghargaan dibidang Perdamaian yang ditentukan oleh Norwegian Storting
  • Penghargaan dibiang Ekonomi yang ditentukan oleh Royal Swedish Academy of Sciences
Nobel

Sumber : kumparan.com

Setiap penghargaan diatas diadakan setiap tahun, akan tetapi, penghargaan ini sempat terhenti di beberapa tahun. Penghargaan ini terhenti pada tahun 1914-1918 saat terjadinya perang dunia pertama, dan pada tahun 1934-1945 saat perang dunia kedua. Bagi orang yang menerima penghargaan ini akan mendapatkan sejumlah uang, yang membuat seseorang bangga mendapatkan penghargaan ini yaitu dapat disegani dan dihormati oleh orang di seluruh dunia.

Biasanya pelaksanaan acara untuk memberikan penghargaan ini pada tanggal 10 Desember, yang merupakan tanggal wafanya Alferd Nobel. Walaupun, penghargaan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Desember, pada bulan oktober, nama-nama yang akan menjadi calon penerima sudah diumumkan oleh komite atau institusi yang menyelenggarakan.

Nobel

Sumber ; boombastis.com

Uniknya, setiap orang yang telah mendapatkan penghargaan ini, seseorang tersebut akan memiliki penghargaan ini selamanya, yang bisa diartikan bahwa penghargaan ini tidak bisa ditarik kembali dengan alasan apapun. Penghargaan ini biasanya diterima oleh pria, namun, pada tahun 1903 untuk pertama kalinya seorang wanita mendapatkan penghargaan ini, wanita tersebut bernama Marie Curie, beliau mendapatkan penghargaan ini dibidang fisika, dan beliau berhak menerima penghargaan ini, karena, telah menghasilkan penemuan berupa plutonium.

Seorang perempuan bernama Malala Yousafzai telah mencetak rekor dalam menerima penghargaan ini, karena, perempuan yang akrap dipanggil Malala ini merupakan penerima pengahargaan nobel termuda yaitu pada umur 17 tahun. Jika ada penerima penghargaan termuda, maka ada pula penerima penghargaan nobel tertua yaitu Leonid Hurwics, beliau menerima penghargaan ini saat berusia 90 tahun.

Nobel

Sumber : voaindonesia.com

Selain umur, fakta unik yang bisa didapatkan dari penghargaan ini yaitu ada seseorang yang menolak untuk mendapatkan penghargaan ini. Seseorang yang menolak penghargaan ini ada dua orang, yang pertama Bois Pasternak, beliau menolak penghargaan ini dengan alasan bahwa negara asal beliau menolak untuk menerima penghargaan ini.

Orang kedua yang menolak menerima penghargaan ini bernama Jean Paul Sastre, asalan beliau menolak, karena, beliau telah menatapkan bahwa tidak akan menerika segala bentuk gelar untuk dirinya sendiri. Dan, setiap orang yang telah menerima penghargaan ini akan disebut dengan Laureate, kata tersebut berdasarkan dari karangan bunga laurel yang akan diberikan kepada para pemenang kompetisi atletik dan pertemuan puitis di Yunani Kuno.

Nah, Rekan Bijak, itu dia beberapa penjelasan mengenai penghargaan nobel, semoga artikel diatas dapat bermanfaat ya, Rekan!

Nobel

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: