Ketahui Penyakit Pneumonia yang Sering Dikira Penyakit Flu

Dalam kehidupan kita sebagai manusia, ada beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh, salah satunya yaitu penyakit. Ada berbagai macam penyakit yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, berbagai macam penyakit tersebut memiliki dampak yang beragam.

Ketahui Penyakit Pneumonia yang Sering Dikira Penyakit Flu

Ketahui Penyakit Pneumonia yang Sering Dikira Penyakit Flu

Dari berbagai macam penyakit yang ada, salah satu penyakit yang paling sering menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yaitu flu. Ada berbagai macam gejala penyakit yang mirip dengan penyakit flu, salah satunya yaitu penyakit pneumonia. Penyakit pneumonia sering dikira sebagai penyakit flu, karena, gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini hampir mirip dengan gejala yang ditimbulkan jika Rekan Bijak mengalami penyakit flu.

Baca Juga : Rutin Minum Air Hangat? Ini 6 Manfaat yang akan Dirasakan Tubuh!

Gejala yang dimaksud yaitu batuk, demam, dan sesak napas. Namun, pada nyatanya penyakit pneumonia dengan penyakit flu merupakan kedua penyakit yang berbeda. Penyakit pneumonia atau yang dikenal di Indonesia sebagai penyakit paru-paru basah adalah infeksi yang terjadi pada kantung yang berada di paru-paru manusia, penyakit ini disebabkan oleh adanya bakteri, virus, ataupun jamur. Pada penyakit ini, dapat menyerang salah satu sisi pada paru-paru maupun seluruh sisi pada paru-paru. Lalu, bagaimana cara mengetahui penyakit pneumonia?

Penyebab

Pneumonia

Penyebab yang utama timbulnya penyakit paru-paru basah, menurut hellosehat.com adalah kondisi pneumonia ini terjadi saat bakteri melewati mekanisme pertahanan tubuh dan masuk ke paru-paru, sehingga dapat menyebabkan radang. Bakteri-bakteri yang menyebabkan bakteri pneumonia adalah Streptococcus spMycoplasma spStaphylococcus spHaemophillus sp, dan Legionella sp.

Selain beberapa bakteri yang dapat menyebabkan penyakit paru-paru basah timbul, ada penyebab lain yang dapat membuat penyakit ini timbul, penyebab tersebut yaitu daya tahan tubuh melemah, seorang perokok aktif, seorang yang sering meminum alkohol, pasien yang menjalani perawatan di ruang ICU/ICCU, Rekan Bijak mengirup udara yang tercemar akan zat kemikal, dan seorang pasien yang telah lama terbaring atau tidak mengalami perubahaan pada sebuah tempat dengan jangka waktu yang panjang dan lama.

Penyakit ini dapat menular pada sistem kekebalan tubuh Rekan Bijak dengan lingkungan Rekan Bijak, contohnya Rekan Bijak terbiasa berada di kantor, lalu ada teman Rekan Bijak yang memiliki penyakit ini, maka, Rekan Bijak dapat tertular dari teman kantor Rekan Bijak. Tetapi, Rekan Bijak harus waspada jika Rekan Bijak tertular penyakit ini saat Rekan Bijak sedang berada di rumah sakit, karena, jika Rekan Bijak tertular saat di rumah sakit, penyakit ini akan sulit untuk disembuhkan.

Baca Juga : 10 Manfaat Banyak Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Gejala

Pneumonia

Sumber : alodokter.com

Walaupun ada beberapa gejala pada penyakit paru-paru basah mirip dengan gejala yang ada pada penyakit flu, penyakit paru-paru basah memiliki berbagai gejala lain yang dapat Rekan Bijak rasakan atau lihat perbedannya yaitu  batuk yang disertai dengan darah atau dahak yang berwarna hijau atau kuning, mengigil, berkeringat, susah bernafas atau sesak nafas, selera makan menurun, detak jantung terasa cepat, nyeri otot.

Penyakit paru-paru basah dapat menyerang semua orang, tidak mengenal umur, dan penyakit ini merupakan penyakit mematikan di dunia, seperti yang dikatakan oleh badan kesehatan dunia atau yang dikenal sebagai WHO bahwa penyakit pneumonia merupakan 16% penyebab kematian pada balita di dunia pada tahun 2015. Untuk itu, Rekan Bijak harus tetap waspada terhadap penyakit ini, dan jangan menganggap remeh penyakit pneumonia yang kerap kali dikira sebagai penyakit flu pada umumnya.

Baca Juga : 8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Walau Sibuk Bekerja

Cara Mencegah

Pneumonia

Sumber : mydr.com.au

Ada berbagai cara untuk Rekan Bijak lakukan supaya mencegah terjadinya penyakit paru-paru basah seperti mengkonsumsi makanan yang sehat, mengatur pola hidup sehat dengan berolahraga yang cukup, menghindari orang yang sedang merokok atau berhenti sebagai perokok aktif, menjaga kebersihan diri sendiri, dan melakukan vaksinisasi.

Baca Juga : Melihat 5 Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan Pribadi

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan bahwa penyakit pneumonia dengan penyakit flu itu berbeda? Jika sudah, semoga Rekan Bijak tidak terserang penyakit jenis ini ya!

Pneumonia

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: