6 Keuntungan Membeli Rumah Bekas Dibandingkan Rumah Baru

Sekarang ini, orang-orang sedang ingin mencari rumah yang murah, dan tidak mengagetkan, pemerintah mulai menggalakkan rumah 0 rupiah atau 0%. Pasalnya, rumah sekarang ini sulit dicari yang murah, apalagi rumah di dalam ibukota. Rumah bekas adalah salah satu solusi jika orang ingin mencari rumah dengan harga murah dan bisa dinegosiasi.

6 Keuntungan Membeli Rumah Bekas Dibandingkan Rumah Baru

6 Keuntungan Membeli Rumah Bekas Dibandingkan Rumah Baru

Rumah bekas, atau biasa disebut orang sebagai rumah seken, adalah tempat tinggal yang sebelumnya sempat dihuni oleh orang lain dan akan segera dihuni oleh orang-orang selanjutnya. Dengan begitu, rumah tersebut ditinggalkan orang lain dan menjadi hak huni orang-orang yang ada selanjutnya. Rumah bekas tentunya menjadi pilihan oleh orang-orang dalam masyarakat yang sedang mencari tempat tinggal seumur hidup dan pastinya, dekat dengan tempat kerjanya.

Rumah bekas pun menjadi pilihan beberapa orang karena rumah tersebut menyediakan banyak hal dengan lengkap dan dianggap sesuai dengan kebutuhan yang ada, sehingga banyak orang lebih memilih rumah bekas dibandingkan rumah baru yang dianggap belum ada fasilitas, ditambah lagi dengan sistem cicilan yang lebih memberatkan. Keuntungan dari rumah bekas pun cukup banyak dibandingkan rumah-rumah baru. Lalu, apa sajakah keuntungan dari rumah bekas?

Lebih Siap Huni

rumah bekas

Sumber : Liputan6.com

Rumah seken terbukti lebih siap ini. Mengapa? Karena rumah seken lebih sudah dibuktikan dengan keadaannya yang mampu ‘menopang’ pemilik sebelumnya di dalam rumah. Terlebih lagi, walau ada keadaan seperti ada kerusakan parah terjadi dalam rumah seperti atap yang bocor atau pun lantai yang sudah rusak atau pun retak, masih bisa diperbaiki dengan cara lainnya.

Berbeda dengan rumah baru. Biasanya, rumah baru itu seringnya belum siap huni dan harus menunggu hingga siap huni. Hal ini diakibatkan dari para pengembang yang sedang berfokus mencapai target nilai ekonomis untuk membangun perumahan yang ada.

Harga Bisa Nego

rumah bekas

Sumber : Jabar.tribunnews.com

Harga rumah seken bisa dipastikan bisa nego dan cenderung harganya pun juga lebih murah. Rumah seken dapat lebih murah atau pun lebih mahal dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti mulai dari pemilik rumah yang sedang membutuhkan dana cepat, ketersediaan fasilitas di sekitar rumah, atau pun tingkat kebisingan dari sekitar rumah. Hal-hal seperti itu mempengaruhi.

Dengan begitu, sang pemilik rumah pun bisa dinegosiasi mengenai harga rumahnya, dan bisa saja mendapatkan harga rumah yang lebih murah dibandingkan harga tetap pada awalnya. Hal ini berbeda dengan rumah baru. Walaupun rumah baru memiliki banyak promosi tertentu, harganya tidak bisa ditawar atau dinegosiasikan, dan mempunyai harga tetap yang sudah ditetapkan oleh para pengembang.

Fasilitasnya (Biasanya) Lebih Lengkap

rumah bekas

Sumber : Rumahdijual.com

Fasilitas sekitar rumah bekas biasanya tidak perlu lagi ditanyakan kelengkapannya. Biasanya, rumah seken memiliki fasilitas sekitar rumah, mulai dari minimarket yang dekat, juga dekat dengan pemukiman warga lainnya, ditambah lagi juga tempat makan yang mudah didapatkan sehingga mudah untuk mencari makan tanpa perlu mengeluarkan mobil atau motor. Cukup dengan berjalan.

Hal ini tentunya merupakan sebuah nilai positif yang sangat besar bagi rumah seken. Fasilitas seperti inilah yang sebenarnya dibutuhkan oleh orang-orang, terutama orang-orang yang sudah berkeluarga, karena kemana-mana pun menjadi lebih dekat. Hal ini berbeda dengan rumah baru yang cenderung lebih sulit karena pengembang biasanya fokus mencari tanah baru yang jauh dari kebisingan agar orang-orang pun lebih nyaman tinggal disana, ditambah dengan harga tanah yang bisa jadi lebih murah.

Lingkungan Tetangga yang Mendukung

rumah bekas

Sumber : Aniberta.com

Apakah Rekan Bijak merupakan orang yang senang bersosialisasi, berkenalan dengan orang-orang baru, ditambah lagi juga merupakan orang yang mudah bosan? Rumah bekas mungkin adalah salah satu solusi untuk Rekan Bijak yang ingin bertemu dengan orang-orang baru. Rumah seken biasanya mempunyai tetangga-tetangga lainnya di sekitar rumah yang sudah tinggal lama di sekitar rumah yang Rekan Bijak akan tinggal.

Berbeda dengan rumah baru. Rumah baru berada di komplek baru sehingga membuat orang-orang sulit menemukan tetangga di sekitar rumahnya. Hal ini akan membuat lingkungan sekitar menjadi membosankan dan cenderung benar-benar sulit untuk menemukan orang-orang baru.

Pajak Bangunan (Biasanya) Lebih Murah

rumah bekas

Sumber : Tirto.id

Pajak bangunan dari rumah bekas pun cenderung lebih murah. Mengapa? Karena pajak rumah seken sudah terkena depresiasi sehingga akan lebih murah ketimbang baru dibangun. Pajak rumah yang sebenarnya telah menjadi masalah bagi banyak orang-orang pembeli rumah, akan menjadi lebih diringankan masalahnya dengan keberadaan rumah seken.

KPR Lebih Mudah Didapatkan

rumah bekas

Sumber : Poskotanews.com

KPR juga lebih mudah didapatkan jika ingin membeli rumah bekas. Pasalnya, rumah bekas sudah memiliki bentuk fisik yang jelas, punya kepemilikan yang jelas, serta kisaran harga yang sudah pasti. Faktor-faktor tersebut merupakan 3 pertimbangan utama bank dalam memberikan KPR. Hal inilah juga yang membuat rumah seken terlihat lebih “seksi” oleh kreditur dibandingkan rumah baru.

Rumah baru belum memiliki fisik yang jelas dan baru hanya konsep, kepemilikan belum jelas, ditambah harga yang bisa naik secara tiba-tiba. Biasanya, pihak pengembang rumah baru sudah mempunyai KPR dengan bekerjasama dengan bank tertentu, namun jika tidak ada, kamu harus mencari sendiri KPR nya.

Nah, bagaimana dengan kamu Rekan Bijak? Apakah kamu ingin membeli rumah, tetapi dengan harga yang lebih jelas? Kamu dapat membeli rumah bekas! Jika kamu merasa uang yang didapatkan masih kurang, kamu dapat meminjam sedikit demi sedikit dengan Danabijak. Selain bunganya yang rendah dan kemudahan pendaftaran pinjaman uang, Danabijak merupakan salah satu solusi untuk kamu yang butuh uang cepat, apalagi jika kamu ingin beli rumah!

rumah bekas

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: