5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak yang berasal dari buah zaitun yang kaya akan khasiat, biasanya minyak zaitun digunakan oleh para perempuan untuk menjaga kecantikan. Selain bermanfaat untuk kecantikan, minyak zaitun memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh manusia.

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh Manusia

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Asal mula minyak zaitun yaitu berasal dari buah zaitun, buah zaitun itu sendiri berasal dari pohon zaitun yang hidup di daerah yang beriklim panas hingga daerah yang memiliki iklim sedang, seperti Asia, Afrika, dan daerah Laut Tengah. Pohon zaitun itu sendiri sudah ada sekitar 5000 tahun yang lalu di daerah Crete, Yunani. Minyak zaitun dihasilkan dengan cara, buah zaitun yang sudah matang diperas dan minyak dari buah zaitun tersebut diekstrak hingga menjadi minyak zaitun.

Minyak zaitun dikenal sebagai minyak yang mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin E, vitamin K, omega 9, omega 6, omega 3, lemak jenuh, phenolic, serta zat besi yang dapat berguna untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, minyak zaitun memliki banyak khasiat yang dapat berguna untuk kesehatan tubuh Rekan Bijak. Lalu, apa saja khasiat dari minyak zaitun untuk kesehatan tubuh?

Mencegah serta Mengurangi Risiko Kanker

Minyak Zaitun

Sumber : Fimela.com

Minyak zaitun memiliki sifat yang kaya akan antiokidan serta anti inflamasi, phenolic serta vitamin E yang terkandung dalam olive oil dapat membantu Rekan Bijak untuk mencegah serta mengurangi risiko penyakit kanker.

Seperti pada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Epidemiology and Community Health mengatakan bahwa, minyak zaitun dapat mengurangi risiko terkena kanker pankreas. Selain dapat mengurangi risiko kanker pankreas, olive oil juga dapat membantu untuk mencegah serta mengurangi risiko kanker lainnya, seperti kanker kulit dan kanker kanker payudara.

Untuk mencegah serta mengurangi risiko pada kanker kulit, Rekan Bijak dapat gunakan minyak zaitun sebagai pengganti body lotion, jika Rekan Bijak menggunakan olive oil sebagai pengganti body lotion secara rutin, maka dapat melindungi kulit Rekan Bijak dari efek bahaya sinar matahari yaitu UVA dan UVB.

Mengontrol Kolesterol

Minyak Zaitun

Sumber : go-dok.com

Sebenarnya tubuh Rekan Bijak membutuhkan kolesterol, namun yang tidak baik untuk tubuh, jika Rekan Bijak kelebihan kolesterol, terutama kolesterol jahat. Untuk mengontrol kolesterol pada tubuh Rekan Bijak atau untuk menurunkan kadar kolesterol jahat Rekan Bijak dapat menggunakan minyak zaitun, olive oil tersebut dapat Rekan Bijak konsumsi seperti meminum langsung olive oil, mencampurkan olive oil dengan salad, atau menggunakan olive oil sebagai minyak untuk memasak makanan Rekan Bijak.

Minyak zaitun dapat membantu mengontrol kolesterol pada tubuh Rekan Bijak, karena, olive oil memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Saat Rekan Bijak mengkonsumsi olive oil, maka kolesterol dalam darah Rekan Bijak dapat teroksidasi.

Membantu Menyembuhi Alzheimer

Minyak Zaitun

Sumber : hellosehat.com

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang menyerang daya ingat seseorang, penyakit ini umumnya menyerang orang yang sudah lanjut usia. Lupa merupakan hal yang sangat wajar, akan tetapi, lupa yang terlalu sering atau terlalu parah tidak baik untuk tubuh, dan hal tersebut dapat berdampak kepada penyakit Alzheimer. Untuk mencegah atau mengurangi penyakit Alzheimer, Rekan Bijak dapat mengkonsumsi olive oil.

Hal ini di dukung dari salah satu dokter yaitu dokter Domenico Pratico yang menemukan bahwa dengan mengkonsumsi minyak zaitun terbukti dapat berpengaruh untuk mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer, karena, minyak zaitun dapat mengurangi produksi amyloid plaque dan phosporylated pada tubuh.

Mengurangi Risiko Depresi

Minyak Zaitun

Sumber : suara.com

Depresi merupakan keadaan yang dapat menyerang hampir setiap manusia, depresi ditandai dengan perasaan sedih, tertekan, muram. Mengalami depresi tidak baik untuk kesehatan tubuh, oleh karena itu, untuk mengurangi risiko depresi, Rekan Bijak dapat mengkonsumsi olive oil. Jika Rekan Bijak ingin mengurangi dari risiko depresi, alangkah lebih baik, Rekan Bijak sambil mengkonsumsi makanan sehat lainnya, seperti sereal gandum, ikan berminyak, dan sayuran, yang diiringi dengan mengkonsumsi olive oil.

Mencegah serta Mengurangi Penyakit Jantung

Minyak Zaitun

Sumber : app.kurio.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa olive oil memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satu kandungan dalam olive oil yang dapat mencegah atau mengurangi penyakit jantung yaitu polifenol dan antioksidan. Dengan mengkonsumsi olive oil setiap hari sekitar empat sendok makan, akan dapat mencegah serta mengurangi risiko serangan jantung.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan khasiat dari minyak zaitun untuk kesehatan tubuh manusia? Jika sudah, Rekan Bijak bisa mulai konsumsi minyak zaitun ya!

Minyak Zaitun

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: