4 Peran Komunitas dalam Meningkatkan Literasi Finansial

Komunitas merupakan suatu wadah untuk orang-orang saling berdiskusi satu sama lain, dan biasanya tentang sesuatu yang biasa disukai secara bersama. Dari situ, biasanya banyak pengetahuan yang akan diajarkan, termasuk literasi finansial. Banyak peran dari komunitas yang dapat membantu meningkatkan literasi finansial.

4 Peran Komunitas dalam Meningkatkan Literasi Finansial

4 Peran Komunitas dalam Meningkatkan Literasi Finansial

Literasi finansial merupakan kemampuan seseorang dalam mempunyai kecakapan atau suatu kemampuan tertentu dalam hal keuangan. Dapat diartikan, dengan adanya literasi finansial, seseorang dapat mengerti tentang keuangannya sendiri dan mempunyai pengetahuan tentang keuangannya, dan lebih mengerti dalam mengontrol keuangan. Hal ini penting mengingat banyaknya kebutuhan yang dibutuhkan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan pribadinya.

Keberadaan literasi finansial merupakan hal yang dapat dipelajari secara langsung dan dapat diajarkan dengan cara apapun, termasuk dengan cara bergabung dengan suatu komunitas tertentu. Menurut Soenarno, komunitas adalah struktur interaksi sosial yang terdiri dari berbagai dimensi fungsional yang ditandai dengan adanya hubungan timbal balik dan saling menguntungkan. Pada intinya, komunitas merupakan suatu struktur yang ada hubungan timbal balik dan bersifat simbiosis mutualisme.

Oleh karena itu, jika bergabung ke suatu komunitas, dapat meningkatkan literasi finansial. Dengan bergabung ke suatu komunitas, kita dapat berdiskusi dengan komunitas yang kita masuki. Lalu, apa saja peran komunitas dalam meningkatkan literasi finansial? Simak dibawah ini!

Wadah untuk Diskusi Finansial

Finansial

Sumber : jsrdesign.sg

Diskusi merupakan suatu hal yang sudah biasa dilakukan suatu komunitas, apalagi jika diskusi tentang sesuatu yang mereka sukai dan fokuskan secara bersama. Namun, pastinya suatu komunitas tidak pernah melepas suatu hal yang terpenting : keuangan. Mengapa diskusi tentang keuangan itu penting? Karena tanpa adanya uang, mungkin saja tak ada yang namanya suatu komunitas, dan segala sesuatu memang membutuhkan uang. Bahasa kasarnya, tak ada yang gratis di dunia ini, termasuk dalam komunitas.

Diskusi finansial pun penting untuk dibicarakan, dan pastinya akan sering dibicarakan dalam suatu diskusi komunitas, baik keuangan yang bersifat pribadi maupun keuangan satu komunitas. Oleh karena itu, komunitas pun sangat membantu dalam membuat suatu diskusi keuangan dan perencanaan keuangan.

Wadah untuk Saling Berbagi Pengetahuan, termasuk Pengetahuan Literasi Finansial

finansial

Berbagi pengetahuan merupakan salah satu hal yang membuat komunitas merupakan wadah yang memang enak untuk ditempati, apalagi pengetahuan tentang sesuatu yang digemari bersama. Dari berbagi pengetahuan, kamu dapat juga belajar tentang literasi keuangan. Dengan adanya pengetahuan tentang literasi keuangan, kamu dapat belajar dari seseorang yang memang sudah mengerti literasi keuangan lebih dari kamu di dalam komunitasmu.

Ditambah lagi, jika seseorang tersebut memang ahli dalam literasi keuangan, kamu dapat terus belajar dengan orang tersebut. Ditambah lagi, jika kamu semakin dekat dengannya, tentunya kamu akan diberikan tips-tips tertentu dalam literasi keuangan!

Wadah untuk Mempunyai Teman Baru yang Mungkin Saja Ahli Literasi Finansial

Finansial

Sumber : Intheblack.com

Mempunyai teman baru berarti kamu mempunyai koneksi baru dan kamu mungkin saja akan mendapatkan segala keuntungan yang ada, termasuk teman yang mempunyai kemampuan literasi keuangan. Teman yang mempunyai kemampuan literasi keuangan atau finansial sangatlah penting untuk kamu yang ingin meningkatkan pengetahuan keuangan.

Tentunya, kamu akan selain banyak belajar dengannya tentang literasi keuangan, kamu akan lebih sering bepergian dengannya untuk sekedar diskusi hal-hal yang disukai bersama, atau pun diskusi tentang suatu hal yang merupakan kepentingan bersama. Literasi finansial pun secara tidak langsung akan diajarkan kepada kamu!

Wadah untuk Anggota-anggotanya Saling Memotivasi dalam Apapun, Termasuk Menerapkan Literasi Keuangan

finansial

Saling memotivasi dalam suatu komunitas merupakan hal yang lazim terjadi, dan memang salah satu keuntungan bergabung komunitas adalah saling mendukung dan saling memotivasi satu sama lain, dan saling mengkritik jika ada suatu kesalahan. Dan hal ini juga pastinya terjadi ketika dalam suatu komunitas, anggota-anggotanya saling mempelajari tentang literasi finansial.

Dengan saling memotivasi ini, kamu tidak akan merasa berjuang sendiri atau menjadi seperti lone warrior, tetapi pastinya akan banyak yang mempunyai masalah dalam literasi keuangan, dan kalian pastinya akan saling menguatkan dalam meningkatkan literasi keuangan!

Nah, Rekan Bijak, apakah kamu tertarik bergabung dalam suatu komunitas agar kamu bisa meningkatkan kemampuan literasi finansial kamu? Dengan meningkatkan literasi finansial, kamu dapat memberikan keputusan-keputusan keuangan yang pastinya menguntungkan untuk kamu! Jadi, pastikan ya, kamu sudah bergabung ke suatu komunitas jika kamu ingin meningkatkan kemampuan literasi keuangan!

finansial

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: