Kuasai 5 Bahasa Asing Ini untuk Menunjang Karir di Era Global

Berkembangnya era globalisasi membuat ruang komunikasi semakin meluas hingga dapat mencapai seluruh belahan dunia. Untuk bisa berkomunikasi degan dunia luar tentunya kita memerlukan penguasaan bahasa yang baik tidak hanya bahasa inggris saja.

Kuasai 5 Bahasa Asing Ini untuk Menunjang Karir di Era Global

Kuasai 5 Bahasa Asing Ini untuk Menunjang Karir di Era Global

Kemampuan bahasa asing menjadi salah satu kelebihan profesional yang dapat menunjang perkembangan karir rekan. Perusahaan dan bisnis yang ada di dunia ini akan terus berkembang di masa depan. Diperkirakan pada tahun 2025 nanti, ada sekitar 50% perusahaan terbesar di dunia akan memiliki basis pasar di negara berkembang.

Dan tidak hanya itu saja sebuah data dari CarrerBuilder.com menunjukan sekitar 38% pengusaha di Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka berencana mempekerjakan kandidat yang menguasai 2 bahasa. Dalam menentukan bahasa asing yang perlu dipahami ada 2 faktor yang patut untuk dipertimbangkan.

Yang pertama adalah jumlah penutur asli dan PDB yang dimiliki oleh sebuah negara. Dengan menjadikan dua hal tersebut sebagai pedoman, berikut 5 bahasa asing yang perlu dikuasai untuk menunjang karir di era global ini :

Bahasa Inggris

Menunjangsumber : krishnalearningcenter.com

Bahasa yang memiliki 365 juta penutur asli ini adalah pilihan pertama saat rekan mempertimbangkan bahasa bisnis yang perlu dikuasai. Karena bahasa ini pun sudah menjadi bahasa internasional karena perdagangan yang terjadi di dunia biasanya menggunakan bahasa inggris.

Setiap negara yang memiliki kekuatan ekonomi seperti Amerika Serikat, Inggris dan Australia biasanya akan menggunakan bahasa inggris. Bahkan saat seseorang sedang berbicara dengan orang asing yang ditemui pasti mereka akan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa kedua, dengan jumlah 380 juta penutur.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Tes Bahasa Inggris : IELTS dan TOEFL

Bahasa Mandarin

Menunjangsumber : squline.com

Terdapat 935 juta penutur asli bahasa mandarin, menjadikannya sebagai salah satu bahasa yang banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Jumlah penutur asli bahasa mandarin jauh lebih banyak daripada gabungan penutur asli bahasa Inggris dan Spanyol.

Bahkan Bloomberg memberikan peringkat kepada bahasa Mandarin sebagai bahasa bisnis nomer satu yang harus dikuasai setelah bahasa inggris. Menguasai bahasa ini akan menunjang rekan dalam berkarir, apalagi bisnis saat ini banyak di dominasi produk asal cina.

Baca Juga : Ingin Bisa Bahasa Mandarin Tanpa Kursus? Inilah 6 Cara Belajarnya!

Bahasa Spanyol

Menunjangsumber : zakiazak3003.wordpress.com

Dengan penutur asli sebanyak 329, bahasa spanyol merupakan salah satu bahasa yang banyak digunakan di Eropa. Bahasa Spanyol tidak hanya digunakan dalam bisnis saja, tetapi juga di daam masyarakat pada umumnya.

Tidak hanya itu saja, bahasa spanyol juga menjadi bahasa kedua yang banyak digunakan di Amerika Serikat. Terdapat pula lebih dari 20 negara yang ada di dunia yang menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi. Jadi bahasa ini bisa menjadi salah satu pertimbangan rekan untuk dipelajari yang akan menunjang karir.

Baca Juga : Yuk, Belajar 5 Tes Bahasa Asing yang Memiliki Berbagai Manfaat

Bahasa Arab

Menunjangsumber : TaufikHamim.name

Bahasa Arab memiliki 280 juta penutur asli. Bahasa Arab menjadi semakin populer seiring semakin banyaknya tempat-tempat wisata mewah yang berada di Arab. Bahkan Departemen pertahanan Amerika mempekerjakan khusus orang-orang yang bisa bahasa ini untuk ditempatkan di berbagai posisi.

Selain itu, bahasa Arab juga dinilai penting bagi rekan yang berprofesi di bidan keuangan dan industri media. Karena perekonomian negara timur tengah yang memang tidak kalah dengan Amerika yang menjadi negara pemasok bahan bakar dunia.

Baca Juga : Selain Bahasa Inggris, 7 Bahasa Asing Ini Berguna di Masa Depan Loh!

Bahasa Jepang

Menunjangsumber : boombastis.com

Bahasa Jepang memiliki 127 juta penutur asli. Untuk masuk ke dunia perbisnisan Jepang, rekan perlu menguasai bahasa ini hingga sudah mencapai tahap yang hampir sempurna. Jika rekan berhasil menguasai bahasa Jepang, rekan bisa memasuki dunia bisnis jepang yang dari dulu memang sudah memasuki dunia internasional apalagi perusahaan otomotif yang memang sudah terkenal menduia.

Baca Juga : Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa-Bahasa Asing?

Itu dia rekan beberapa rekomendasi bahasa asing yang perlu dikuasai untuk menunjang karir di era global ini. Apalagi saat ini Indonesia sedang membuka diri untuk MEA dan sedang berjalan menuju dunia internasional. Tentu persaingan akan semakin ketat dan rekan perlu menguasai setidaknya satu atau dua bahasa asing untuk dapat bersaing.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi rekan dan orang terdekat rekan bijak yaa!

Menunjang

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: