8 Kuliner Khas Banjarmasin yang Lezat dan Wajib Kita Cicipi

Beruntungnya kita tinggal di Bumi Pertiwi ini, yang memiliki hasil bumi dan rempah-rempah berlimpah, dan menghasilkan kekayaan kuliner yang tiada duanya. Kuliner Khas Banjarmasin adalah salah satu warisan kebudaayan dan kuliner Kalimantas Selatan yang bisa kita cicipi, memiliki cita rasa yang unik dan sudah pasti lezat. Mustahil Rekan tidak menyukainya.

8 Kuliner Khas Banjarmasin yang Lezat dan Wajib Kita Cicipi

8 Kuliner Khas Banjarmasin yang Lezat dan Wajib Kita Cicipi

Lidah orang Banjar akrab dengan masakan bercita-rasa asam, pedas, manis dan gurih. Mereka memiliki banyak ragam kuliner tradisional yang sedap dan mengundang selera makan.  Ada banyak Kuliner Khas Banjarmasin yang bisa kita coba jika kita sedang berada di kota ini.

Soto Banjar

Kuliner Banjarmasin

www.bahanresep.com

Kuliner Khas Banjarmasin yang wajib kita coba yang sudah terkenal adalah Soto Banjar. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat.

Seperti halnya soto ayam, bumbu soto Banjar berupa bawang merah, bawang putih dan merica, tetapi tidak memakai kunyit. Bumbu ditumis lebih dulu dengan sedikit minyak goreng atau minyak samin hingga harum sebelum dimasukkan ke dalam kuah rebusan ayam. Rempah-rempah nantinya diangkat agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu dihidangkan.

Penjual soto Banjar menyajikan sate ayam sebagai menu pendamping. Nasi sop adalah sebutan untuk soto Banjar yang dikuahkan ke sepiring nasi dan tidak berisi ketupat.

 

Cacapan Asam

Kuliner Khas Banjarmasin

www.picoku.net

Cacapan asam ini masakan yang biasa disantap sebagai makanan pendamping untuk berbagai kuliner khas Banjarmasin, terutama makanan yang diproses dengan cara dibakar, direbus, digoreng, dan diasinkan.

Makanan-makanan tersebut nantinya akan dicocol ke cacapan asam dan kemudian disantap bersama nasi beserta lauk pauk lainnya. Dalam bahasa Banjar, cacapan berarti cocolan. Jadi cacapan asam menurut orang Banjar adalah cocolan asam.

 

Ikan Seluang Goreng

Kuliner Khas Banjar

oleholehkhasbanjar.blogspot.com

Rekan sangat beruntung jika sedang wisata kuliner khas Banjarmasin dan bisa mencoba kuliner khas banjar yang satu ini. Meski sering dicari oleh para pencinta kuliner, ikan saluang termasuk jenis ikan yang cukup sulit dibudidayakan. Sejauh ini, produksi ikan saluang masih mengandalkan hasil tangkapan masyarakat nelayan sungai yang tersebar di sepanjang daerah aliran sungai Barito.

Ikan saluang biasanya dimasak kuning, dipindang, dan digoreng – baik digoreng biasa ataupun digoreng tepung. Saluang goreng yang renyah ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Banjarmasin.

Satu bungkus ikan Saluang goreng dengan berat seperempat kilogram dijual dengan harga Rp 30.000. Ini berarti satu kilogram ikan saluang goreng berharga Rp 120.000. Harganya juga akan bertambah jika ikan ini diolah dalam bentuk ikan goreng tepung.

Di Banjarmasin terdapat sedikitnya sepuluh rumah makan dan pusat penjualan oleh-oleh khas Banjar yang menjual ikan saluang goreng segar dalam kemasan. Selain renyah, ikan goreng ini juga tahan lama sehingga cocok dibawa sebagai oleh-oleh ke tempat yang jauh.

Biasanya ikan seluang goreng dibeli para wisatawan untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Kalau kita mau merasakan keseruan menggigit kerenyahan ikan seluang goreng, maka bisa mencarinya di pasar-pasar terdekat. Ikan seluang goreng biasanya dibungkus dalam kemasan plastik atau ada juga yang dikemas dalam kotak. Pembelinya banyak dan biasanya mereka tidak membeli satu kotak, tetapi bisa tiga hingga lima kotak. Kemasan seperti itu sengaja dibuat untuk mempermudah para pembeli yang ingin mendapatkan makanan khas Banjarmasin untuk oleh-oleh ini.

 

Lontong Orari

Kuliner Khas Banjarmasin

travel.detik.com

Lontong orari ini berbeda dengan lontong lainnya, yang isinya bukan cuma menggunakan isian seperti irisan labu, buncis, dan isian lontong yang umum ditemukan di daerah-daerah lain. Lontong orari atau lontong sayur khas Banjarmasin disajikan bersama lauk berupa ikan gabus dan telur atau ayam yang dibumbui merah. Lontong Orari adalah kuliner khas Banjarmasin yang patut kita coba.

 

Ketupat Kandangan

Kuliner Khas Banjarmasin

tempatwisataindonesia.id

Ketupat Kandangan termasuk kuliner Banjarmasin yang wajib kita cicipi. Seperti ketupat pada umumnya, bahan untuk membuat ketupat berasal dari beras. Perbedaan ketupat Kandangan dengan jenis ketupat lainnya adalah penggunaan ikan gabus (haruan) sebagai menu pelengkap. Ikan gabus ini dipanggang lebih dulu sebelum dimasak menggunakan santan. Kemudian, ikan gabus beserta kuahnya disiramkan ke ketupat. Kuliner ini dapat dihidangkan untuk makan pagi, siang atau malam.

Ketupat disiram dengan kuah bersantan yang diracik dari bumbu-bumbu tradisional seperti kayu manis, pala, cengkih, dan kapulaga. Kuah agak kental dengan rasa yang sangat khas gurih. Untuk bersantap biasanya ada sepotong ikan asap. Ikannya bisa gurame, patin, atau gabus.

 

Ikan Patin Gangan Asam

Kuliner Khas Banjarmasin

www.makanajib.com

Di anugerahi kekayaan bahari yang melimpah, membuat kuliner khas Banjarmasin berbahan dasar ikan dengan berbagai resep yang beragam.

Salah satu makanan khas Banjarmasin berbahan dasar ikan yang tak kalah populer dengan ikan seluang goreng atau iwak karing sapat adalah ikan patin gangan asam. Sayur Gangan asam ini berbahan dasar ikan patin. Karena menggunakan ikan patin, maka sayur ini mempunyai kuah yang berlemak.

Penduduk Banjarmasin biasanya menambahkan campuran timun, kacang panjang, dan gol pada ikan patin gangan asam. Saat ingin disantap, ikan patin gangan asam lebih sedap jika ditambah dengan sambal acan. Di rumah makan yang tersebar di Banjar, sayur ini mudah didapati. Ikan patinnya yang besar-besar ditambah dengan nasi putih hangat akan membuat kita bahagia.

 

Nasi Itik Gambut

Kuliner Khas Banjarmasin

www.agrowindo.com

Nasi itik gambut. Ini adalah kuliner khas Banjarmasin yang mempunyai karakteristik tersendiri. Rasanya sangat melekat dengan lidah masyarakat Banjar. Makanan ini dinamakan nasi itik gambut karena berasal dari sebuah daerah di Banjarmasin yakni Gambut. Di Gambut cukup banyak warung yang menjual nasi itik gambut yang bisa kamu sambangi untuk merasakan kenikmatan dari masakan khas orang Banjar ini.

Nasi itik gambut selalu ramai diserbu pembeli. Kalau kamu lagi kurang beruntung, maka bisa mampir lagi ke warung yang sama lain hari. Nasi itik gambut sendiri adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan menggunakan itik yang dibumbui sebagai lauknya. Rasanya seperti bumbu balado yang bercita-rasa manis. Kalau ingin menambah selera makan, kamu bisa mengambil beberapa sendok makan sambal yang tersedia di setiap meja.

 

Apam Barabai

Kuliner Khas Banjarmasin

kumparan.com

Apam barabai adalah makanan asli dari kota Barabai, salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan. Di Banjarmasin, kue apam barabai juga dikenal sebagai makanan ringan untuk pengganjal perut sebagian besar orang. Kalau kamu ingin berkeliling menikmati pesona alam Banjamasin, tidak ada salahnya untuk membawa apam barabai sebagai teman makan di perjalanan.

Kue apam barabai sendiri terbuat dari tepung beras, santan, gula merah atau putih, dan tape singkong. Kue khas Banjarmasin yang terkenal ini memiliki tampilan bulat dan bertubuh tipis. Kue basah ini rasanya legit dan lembut. Di Banjarmasin tersedia dua jenis kue apam barabai, ada yang berwarna merah kecokelatan dan warna putih. Yang berwarna merah kecokelatan terbuat dari gula merah. Sedangkan yang warna putih tidak menggunakan gula merah. Untuk rasanya sama-sama enak, khas, gurih, dan manis.

Selain kuliner khas Banjarmasin diatas, masih banyak kuliner Banjarmasin yang bisa kita coba lho. Misalnya; Sate Tulang, Mie Bancir, Bubur Bayaak, Ikan Asin Telang dan masih beragam Kuliner Khas Banjarmasin lainnya yang mengugah selera.

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: