12 Rekomendasi Kuliner Khas Padang yang Lamak Nian

Sudah diketahui bersama bahwa masakan Padang punya banyak rumah makannya sendiri di berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri. Padang sendiri adalah salah satu wilayah di Sumatera Barat yang juga terkenal dengan makanan berbahan dasar daging dan santan. Soal rasa, masyarakat Minangkabau lebih menyukai rasa pedas, sehingga kebanyakan masakannya adalah bercita rasa pedas.

12 Rekomendasi Kuliner Khas Padang yang Lamak Nian

12 Rekomendasi Kuliner Khas Padang yang Lamak Nian

“Karano Raso Indak Pernah Baduto” Ya, bahkan hampir semua masyarakat Indonesia mengakui jika kuliner khas Padang adalah salah satu terbaik yang ada di Bumi Nusantara. Cita-rasa makanan khas Padang adalah bersantan, pedas dan kandungan rempah-rempah yang kuat dalam masakannya. Hampir semua masakan yang dihasilkan di Tanah Minangkabau ini selalu menjadi favorit bagi para pelancong yang singgah disini. Bagi para perantau dari tanah Singgalang ini masakan Padang adalah pengobat rindu yang bisa ditemukan dimana saja mereka berada, namun tidak ada bisa menyamai kenikmatan makan makanan asli di Ranah Bundo sendiri. Jika Rekanbijak sedang berwisata ke Padang, banyak makanan khas Padang yang harus kita coba, sebagian diantaranya akan dibahas dibawah ini.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Kuliner Malam di Padang yang Murah dan Lezat

Rendang

Kuliner Khas Padang

pomacikitchen.com

Sebagai orang Indonesia kita pasti tahu makanan yang mendapat predikat makanan ter-enak-se-dunia, pada tahun 2011, rendang. Kuluner khas Padang ini dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International. Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Tak hanya sekadar makanan, bagi orang Minangkabau, rendang adalah martabat orang Minang. Rendang pula sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Minang yang tak bisa dipisahkan. Pembuatan rendang yang cukup lama dengan penuh kesabaran pun membuat makanan ini menjadi istimewa. Tak heran rasanya sanggup mengalahkan ribuan makanan khas lainnya. Rendang yang paling lezat itu adalah rendang yang warnanya benar-benar gelap. Terbayangkan, bagaimana nikmatnya menyantap rendang langsung di Kota Padang.

Sate Padang

Kuliner Khas Padang

whattocooktoday.com

Selain Rendang, Sate Padang juga menjadi kuliner khas Padang yang banyak digemari orang. Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan) dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas. Sate Padang kaya rasa sampai ke serat-seratnya
Sebelum dibakar, daging sapi direbus dahulu dengan beraneka macam rempah-rempah. Rempah yang digunakan terdiri dari cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, asam kandis, ketumbar, jinten, kunyit, jahe, lengkuas, merica, gula dan garam yang dihaluskan.

Jadi, tidak heran kan kalau rasa daging Sate Padang sangat khas karena bumbu dari rempah-rempahnya yang meresap ke dalam serat-serat daging. Berbeda dengan Sate Madura yang menggunakan bumbu kacang sebagai pasangannya, Sate Padang memiliki bumbu pendamping yang dibuat dari dari tepung beras yang sudah diencerkan kemudian dicampur ke dalam air rebusan daging yang kaya akan rempah-rempah tadi. Sate Padang yang memiliki cita-rasa pedas dan gurih ini sangat nikmat disantap ketika masih hangat dengan asap yang mengepul.

Baca Juga: 7 Kuliner Resto Legendaris Padang Ini Wajib Dikunjungi

Dendeng Balado

Kuliner Khas Padang

haluannews.com

Dendeng Balado adalah masakan khas Sumatera Barat dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi yang dikeringkan lalu dibakar/ digoreng kering. Daging goreng ini lalu diberi bumbu balado. Dendeng memiliki bumbu cabai yang di-ulek kasar, dan diberi bumbu bawang putih agar makin harum. Tahukan Rekan? Jika setidaknya berbagai macam jenis dendeng, yaitu: dendeng balado, dendeng batokok, dendeng lambok, dan dendeng baracik. Jika kita penasara, kita bisa datang langsung dan mengeksplorasi kuliner khas Padang.

Soto Padang

Kuliner Khas Padang

resepdanmasakan.com

Jika Rekanbijak sedang traveling ke Kota Padang dan hendak memakan makanan yang berkuah dan segar, Soto Padang adalah jawaban yang tepat untuk mengisi perut kita. Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun (mie dari tepung beras), ditambah perkedel kentang dan dihidangkan panas-panas. Isiannya yang lengkap dengan aroma yang rempah khas bisa menggugah selera makan kita bertambah. Kita juga bisa menambahkan air jeruk limau, sambal dan kerupuk merah.

Kuliner yang satu ini banyak disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan, hal ini disebabkan tidak lain karena rasanya yang nikmat dan segar. Bagaimana tidak, Bumbu Soto Padang terdiri dari berbagai macam jenis serta campuran rempah – rempah yang menjadikan olahan ini memiliki citarasa yang nikmat dan tentunya berkhasiat. Sangat pas jika menikmati Soto Padang di malam hari, dibawah Jembatan Sitti Nurbaya yang penuh lampu temaram. Walaupun hanya dibawah jembatan, rasanya sungguh romantis bukan?

Baca Juga: Inilah Aneka Soto Daerah di Indonesia yang Wajib Kamu Coba!

Ikan Asam Padeh

Kuliner Khas Padang

food.detik.com

Ikan Asam Padeh (Asam Pedas) merupakan salah satu makanan khas Minangkabau yang tidak menggunakan santan. Meski tak bersantan, kuah asam padeh tampak keruh karena menggunakan kemiri. Asam padeh paling sering dipadukan dengan ikan tongkol. Masakan ini juga menggunakan berbagai jenis ikan dan hidangan laut seperti ikan kakap, tuna, Ikan kembung, gurami, dan cumi-cumi sebagai bahan utama yang kemudian dibumbui dengan asam jawa, cabai, dan rempah-rempah lainnya. Sesuai namanya, rasa masakan ini terasa asam dari kandis dan pedas dari cabai. Kuliner khas Padang ini memiliki rasa yang segar dan asam, jika kita sudah mencobanya dijamin nasi kita akan dibanjiri kuah asam padeh yang segar ini

Hidangan ikan asam pedas dikenal secara meluas di Sumatera dan di Semenanjung Melayu. Hidangan ini dikenal baik dalam khazanah seni memasak Minangkabau ataupun Melayu. Hidangan asam pedas Minang dapat ditemukan dengan mudah di seluruh Rumah Makan Padang. Namun bagi para perantau Minang hanya kampung halaman dan masakan Bundo yang bisa mengobati rindu akan masakan khas Padang.

Gulai Itiak

Kuliner Khas Padang

resepkoki.id

Masakan ini menggunakan itik sebagai bahan dasar, dengan bumbu cabe keriting hijau, laos, kunyit, jahe, daun salam daun jeruk dan daun kunyit. Membuatnya digunakan bebek (itik) muda yang setelah dipotong lalu dibakar terlebih dahulu. Hasilnya adalah gulai bebek (itik) yang berwarna hijau. Makanan ini adalah modifikasi dari masakan khas kota Gadang, Kabupaten Agam. Dibeberapa daerah Gulai Itiak sudah mulai mengalami perubahan resep dan cara memasak, contonya di Koto Gadang, Kabupaten Gadang. Mereka menamakan Gulai Itiak Lado Mudo. Dengan menambahkan banyak cabai agar lebih terasa pedas.

Modifikasi yang dilakukan adalah menambah tingkat rasa pedas dan tidak menggunakan santan. Setiap ekor bebek dimasak dengan setengah cabai hijau kering. Bebek yang dipakai untuk masakan ini adalah bebek muda yang dagingnya masih empuk. Biasanya umurnya sekitar 6 bulan. Untuk kita yang menyukai makanan pedas, cobalah sensasi “tendangan” Gulai Itiak yang pedas ini, dijamin kita pasti ingin tambah lagi.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Wisata Padang yang Patut Dikunjungi

Ayam Pop

Kuliner Khas Padang

sukaresepmasakan.blogspot.com

Ayam pop menjadi salah satu hidangan terpopuler dari rumah makan khas Minang. Ayam dengan bumbu yang terserap sempurna tersebut menjadi pilihan favorit banyak orang. Tekstur ayam yang lembut dan rasanya yang manis dan gurih membuat masakan ayam ini unik dan berbeda. Restoran Family Benteng Indah di Bukittinggi, Sumatera Barat, disebut-sebut sebagai tempat asal hidangan ayam pop. Dari restoran inilah ayam goreng saus putih khas Minang kemudian terkenal hingga ke luar negeri. Sampai semua orang yang berkunjung ke restoran ini pasti selalu memesan hidangan Ayam Pop.

Resep bumbu yang digunakan untuk masakan Ayam Pop masih dirahasiakan hingga saat ini, karena bumbunya sangat sedikit akan mudah ditiru jika dibeberkan. Tekstur ayam sendiri sedikit alot namun mudah dikunyah, khas daging ayam kampung. Ukurannya juga tak terlalu besar. Dari hidangan Ayam Pop ini, hal yang paling istimewa adalah sambal dari Ayam Pop di Restoran Family Benteng Indah. Sambalnya berwarna merah dengan rona jingga yang bertekstur halus. Rasanya pedas, pahit, dan asam. Ketika mencocol Ayam Pop dengan sambal ini, rasa ayam akan mendominasi. Sambal tersebut menggunakan daun jeruk, kayu manis, tomat, dan petai.

Gajeboh

Kuliner Khas Padang

www.indonesiakaya.com

Sesuai namanya, makanan khas Sumatera Barat ini juga punya kuah seperti gulai pada umumnya. Kuah yang digunakan adalah asam pareh, namun disajikan tanpa santan sedikitpun, sehingga tampilannya akan memerah. Selain rasa gurih, berkat kuah tersebut maka akan ada cita rasa pedas yang timbul. Bahkan berkat perpaduan antara kuah dengan banyaknya lemak, banyak yang mengatakan bahwa gajeboh adalah makanan paling lezat. Walaupun rasanya lezat, jangan memakan ini dengan porsi banyak ya Rekan, karena bisa meningkatkan kadar kolesterol.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Padang yang Ranca Bana

Martabak Kubang

Kuliner Khas Indonesia

www.foody.id

Martabak Mesir atau Martabak Kubang adalah kudapan yang terbuat dari adonan tepung yang berisi telur, daging berbumbu, dan daun bawang serta disajikan bersama kuah cuka dan berasal dari Nagari Kubang, sebuah nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Walaupun martabak bukan makanan asli Indonesia, namun jika namanya adalah martabak kubang, maka itu adalah hasil akulturasi martabak luar dengan lokal. Masyarakat di luar Sumatera Barat, lebih sering menyebutnya sebagai Martabak Kubang. Adapula yang menyebutnya sebagai Martabak Padang, karena masyarakat non Minangkabau lebih mengenal etnis penjualnya sebagai Orang Padang.

Perbedaanya dengan martabak telur teknik pembuatannya, yaitu adonan kulit Martabak Kubang akan dibanting beberapa kali hingga melebar. Bahkan untuk menghidangkannya akan disajikan pula kuah dengan rasa pedas yang berpadu dengan asam manis. Kulit itulah yang nantinya akan diisi dengan daging sapi atau rendang dan daun bawang, bawang merah, bawang putih, pala, lengkuas, jahe, jintan, bunga lawang, daun atau bubuk kari, daun salam, dan bahkan santan, sehingga akan terlihat lebih padat. Martabak Kubang dimakan dengan kuah cuka asam manis dan potongan acar.

Nasi Kapau

Kuliner Khas Padang

www.liputan6.com

Nasi Kapau adalah nasi ramas khas nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka (cubadak), gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cangcang (tulang dan daging kerbau), gulai babek (babat) atau paruik kabau. Nasi Kapau biasanya selalu dilengkapi gulai nangka ciri khas Nasi Kapau.

Masih ada pilihan gulai-gulai yang khas, meliputi gulai cangcang yang berisi tulang dan daging kerbau, gulai tunjang yang berisi urat kaki kerbau dan sapi, dan gulai usus (gulai tambunsu) yaitu gulai yang berupa usus sapi berisi telur kocokan. Untuk menjumpai pedagangnya, di kawasan Pasar Bawah Bukittinggi terdapat banyak pedagang Nasi Kapau yang menjamur. Kuliner khas Padang ini juga sering dijumpai di Jakarta.

Baca Juga: 6 Tips dan Trik Mengeluarkan Biaya yang Minim Saat Wisata Kuliner!

Nasi Sala

Kuliner Khas Padang

www.indonesiakaya.com

Mungkin kita masih jarang mendengar kuliner khas Padang yang satu ini. Nasi sala adalah hidangan ikan bertepung yang disajikan bersama nasi dan sambal. Kata ‘sala’ dalam bahasa setempat bisa diartikan sebagai digoreng, sama seperti kuliner khas lainnya dari Pariaman, sala lauak. Ciri khas dari gorengan yang disebut ‘sala’ adalah baluran adonan tepung yang menyelimutinya. Lapisan adonan ini menciptakan tekstur renyah yang menggugah selera pada ikan tersebut.Penggunaan ikan sebagai lauk pauk nasi sala adalah jenis ikan gembulo atau lebih dikenal dengan ikan kembung. Setelah ikan siap dan telah dibersihkan dari kotoran dan sisik, ikan akan dilumuri dengan tepung beras yang telah berbumbu dari cabai giling, lengkuas, daun kunyit, dan bawang putih.

Nantinya ikan akan digoreng sampai bewarna kecokelatan, baru bisa disajikan. Keunikan dari nasi sala adalah nasinya akan dibungkus ke dalam daun pisang dengan ukuran satu kepal tangan. Nama nasi tersebut oleh masyarakat sekitar sering dinamai dengan nasi sek. Rasa ikannya yang gurih renyah akan sangat lezat bila bercampur dengan pedasnya samba lado yang dibuat dari cabai merah asli. Selain nasi, satu porsi nasi sala juga ditemani dengan sambal lado dan ikan goreng tadi.

Sala Lauak

Kuliner Khas Padang

resepkoki.id

Sala Lauak adalah makanan gorengan khas Pariaman, Sumatera Barat. Makanan ini berbentuk bola, mirip comro di Jawa Barat, namun alih-alih oncom, isi dari sala lauak biasanya teri atau udang halus. Biasanya teksturnya lembek di dalam dan renyah di permukaan. Sesuai namanya, yang berarti goreng dari kata sala, maka cara pemasakan sala lauak juga dengan cara digoreng. Namun penggorengan itu terjadi apabila adonan dari daging ikan yang telah halus dicampur dengan tepung sebagai luarannya telah dibuat. Dalam proses pembuatan adonan tersebut nantinya akan dibuat bulat atau pipih, bisa juga sesuai selera baru bisa digoreng.

Warna yang akan timbul seusai penggorengan adalah kecokelatan, dengan rasa gurih dan renyah yang timbul saat menggigitnya. Sebenarnya sala lauak terdapat dua varian, yakni yang berbentuk bulat dinamakan sala keras karena luarannya agak keras. Namun jenis lain, yaitu sala lunak punya tekstur yang lebih lunak dengan bentuk pipih. Selain itu, perbedaan lainnya adalah bahannya, jika yang keras memakai ikan asin, maka yang lunak menggunakan ikan stuhuak. Sebagai salah satu jenis gorengan, ikan stuhuak akan sangat tepat menjadi lauk makan maupun camilan, apalagi dicocol dengan sambal.

Baca Juga: 3 Alasan Harus Berwisata Mengunjungi Kota Padang

Meskipun sesungguhnya berbagai resep masakan Sumatera Barat mayoritas tidak berasal dari kota Padang, misalnya kota Bukittinggi, Solok,Padang Pariaman, Payakumbuh, dan sebagainya juga dikenal memiliki tradisi kuliner yang kaya, kita patut bersyukur karena dari kekayaan kuliner khas Sumatera Barat ini bisa menyatukan perbedaan, semua orang di Indonesia suka dengan masakan Padang dan berkatnya bisa sama-sama bangga dengan kekayaan kuliner Indonesia.

1 Comment

Write a comment
  1. roezd9
    January 30, 02:42 roezd9

    artikikelnya mantap
    sangant bermanfaat sekali..!!!

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: