7 Kunci Mengelola Sebuah Usaha Menjadi Lebih Sukses

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha terdapat berbagai macam rintangan, halangan, hingga masalah yang ada. Dari berbagai macam rintangan, halangan, hingga masalah dapat mempengaruhi sebuah bisnis atau usaha menjadi lebih baik atau bahkan menjadi lebih buruk.

7 Kunci Mengelola Sebuah Usaha Menjadi Lebih Sukses

7 Kunci Mengelola Sebuah Usaha Menjadi Lebih Sukses

Dalam membuat serta mengelola sebuah usaha, pasti ada saja saat sebuah usaha atau bisnis di dalam keadaan sangat baik, dan bahkan keadaan sangat buruk. Berbagai macam cara atau kunci dilakukan agar bisnis atau usaha dapat menjadi lebih baik atau lebih sukses. Untuk membuat sebuah usaha atau bisnis menjadi lebih sukses, harus melakukan berbagai macam cara yang tepat. Lalu, bagaimana kunci atau cara untuk mengelola sebuah usaha atau bisnis menjadi lebih sukses?

Melayani Konsumen dengan Baik

Kunci

Sumber : garagarabaca.blogspot.com

Dalam sebuah usaha atau bisnis, konsumen merupakan hal utama yang perlu diperhatikan dengan sangat baik. Usaha atau bisnis tidak akan bisa berjalan dengan baik, jika tidak ada konsumen yang menggunakan atau memakai produk dari usaha atau bisnis yang telah Rekan Bijak kelola. Supaya usaha atau bisnis yang Rekan Bijak bisa lebih sukses, Rekan Bijak harus melayani serta memperhatikan konsumen dengan sangat baik.

Sebaiknya, dalam memberikan pelayanan, jangan pilih kasih terhadap konsumen. Hal ini harus diperhatikan oleh Rekan Bijak, karena, Rekan Bijak tidak pernah tahu perkataan apa yang akan dikeluarkan oleh konsumen Rekan Bijak. Untuk itu, berikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh konsumen atau calon konsumen Rekan Bijak.

Baca Juga : 6 Prinsip Perang ala Sun Tzu yang Harus Kamu Terapkan dalam Berbisnis

Meningkatkan Promosi

Kunci

Sumber : antarafoto.com

Promosi, siapa sih orang yang tidak senang dengan adanya promosi? Nah, hal yang perlu Rekan Bijak lakukan supaya usaha atau bisnis yang telah Rekan Bijak kelola menjadi lebih sukses adalah dengan meningkatkan promosi terhadap produk yang Rekan Bijak tawarkan. Menawarkan promosi tidak harus jumlah yang besar, Rekan Bijak bisa meningkatkan promosi dengan berbagai macam cara, seperti memberikan gratis biaya admin jika konsumen sudah menggunakan produk sebanyak tiga kali dari bisnis atau usaha Rekan Bijak.

Dan meningkatkan promosi untuk menarik perhatian konsumen atau calon konsumen tidak selalu membuat Rekan Bijak rugi, jika Rekan Bijak dapat mengatur strategi dalam meningkatkan promosi, Rekan Bijak bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

Baca Juga :

Mengukur Kinerja 

Kunci

Sumber : Beritabali.com

Beberapa orang yang telah memiliki bisnis atau usaha terkadang lupa untuk mengukur kinerja sumber daya manusia yang telah berperan dalam sebuah usaha atau bisnis. Padahal mengukur kinerja dari sumber daya manusia dapat membuat usaha atau bisnis yang Rekan Bijak punya menjadi lebih sukses.

Mengukur kinerja dapat membuat Rekan Bijak mengetahui keluhan atau kelebihan dari sumber daya manusia yang ada di usaha atau bisnis Rekan Bijak. Sebaiknya, Rekan Bijak mengkukur kinerja paling sedikit yaitu setahun sekali. Walaupun, Rekan Bijak memiliki orang di bagian HRD, tetapi Rekan Bijak tetap harus turun langsung untuk mengetahui kinerja sumber daya manusia yang telah Rekan Bijak punya.

Membentuk Tim 

Kunci

Sumber : dynamicteamsolutions.org

Setelah mengetahui kinerja dari sumber daya manusia yang Rekan Bijak punya dalam usaha atau bisnis, langkah selanjutnya, Rekan Bijak dapat membentuk tim khusus dari berbagai macam divisi yang ada untuk membantu Rekan Bijak dalam menyusun strategi yang akan membuat usaha atau bisnis Rekan Bijak menjadi lebih sukses.

Dalam membuat tim, Rekan Bijak dapat memilih orang-orang berbakat yang memiliki pemikiran yang “out of the box“, dan orang-orang yang siap menghadapi berbagai macam konsekuensi. Tujuan utama dari membentuk tim yaitu membantu Rekan Bijak, jika seandainya Rekan Bijak telah buntu dalam mencari ide-ide kreatif.

Baca Juga : 5 Cara Praktis untuk Mengelola Perencanaan Keuangan Usaha

Memperluas Jaringan dan Mencari Investor

Kunci

Sumber : magazine.job-like.com

Kunci mengelola usaha agar menjadi lebih sukses selanjutnya yaitu dengan memperluas jaringan dan mencari investor. Memperluas jaringan yang dimaksud ini yaitu memperluas daerah pemasaran dari usaha atau bisnis yang di punya Rekan Bijak, tujuan dari memperluas daerah pemasaran agar produk dari usaha atau bisnis yang di punya Rekan Bijak memiliki semakin banyak calon konsumen dan konsumen tetap.

Selain memperluas jaringan, Rekan Bijak sebaiknya mencari investor yang berguna untuk membuat usaha atau bisnis yang Rekan Bijak memiliki laju pertumbuhan ke arah yang lebih baik, sehingga dapat membuat usaha atau bisnis Rekan Bijak menjadi sukses. Dengan adanya berbagai investor, Rekan Bijak tidak perlu lagi pusing memikirkan modal tambahan untuk usaha atau bisnis yang di punya.

Baca Juga : 7 Keuntungan yang Didapat Saat Bergabung di Komunitas Bisnis

Meningkatkan Sumber Daya

Kunci

Sumber : e2i.com.sg

Selanjutnya, kunci dalam mengelola usaha atau bisnis agar menjadi lebih sukses adalah dengan meningkatkan sumber daya yang telah ada. Sumber daya yang harus ditingkatkan adalah sumber daya manusia, cara untuk meningkatkan sumber daya manusia dari usaha atau bisnis yang Rekan Bijak punya dengan cara, seperti memberikan pelatihan khusus dengan seorang ahli, menghadiri seminar atau workshop, dan berbagai macam pelatihan lainnya. Dengan meningkatkan sumber daya, maka, Rekan Bijak akan mendapatkan keuntungan berupa kinerja pada sumber daya manusia di usaha atau bisnis Rekan Bijak yang di punya.

Baca Juga : Yuk, Cermati 5 Kualitas Diri Ini Sebelum Membuka Usaha Baru!

Kenali Kompetitor

Kunci

Sumber : twitter.com

Mengenal kompetitor yang dimaksud yaitu mengenal pesaing bisnis yang serupa, dengan mengenal kompetitor bisnis, maka, dapat memacu Rekan Bijak untuk memberikan hal yang terbaik bagi konsumen, dan membuat Rekan Bijak tertantang untuk bisa membuktikan bahwa produk dari usaha atu bisnis yang Rekan Bijak punya tidak kalah dengan yang dipunya kompetitor. Dan mengenal kompetitor, akan membuat Rekan Bijak memikirkan berbagai macam strategi untuk membuat usaha atau bisnis menjadi lebih sukses.

Baca Juga : 6 Alasan Penting Memiliki Target untuk Mengembangkan Suatu Bisnis

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan kunci mengelola usaha agar menjadi lebih sukses? Jika iya, semoga dapat membantu Rekan Bijak dalam mengelola usaha atau bisnis yang di punya ya!

Kunci

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: