15 Makanan ini Dipercaya Membawa Keberuntungan di Berbagai Negara

Dalam tradisi di negara tertentu tradisi memakan sesuatu masakan atau buah, bisa dianggap membawa keberuntungan. Simak makanan apa saja yang makanan yang membawa keberuntungan ini.

15 Makanan ini Dipercaya Membawa Keberuntungan di Berbagai Negara

15 Makanan ini Dipercaya Membawa Keberuntungan di Berbagai Negara

Di beberapa negara makanan bukan hanya sekedar pengisi energi sehari-hari, melainkan makanan menjadi suatu simbol atau tradisi. Bahkan ada beberapa makanan yang dianggap membawa keberuntungan bagi rakyat setempat. Hal ini menjadikan makanan itu memiliki cerita yang unik, yuk kita lihat apa saja makanan yang dianggap membawa keberuntungan dari berbagai negara.

Ketupat

Membawa Keberuntungan

www.cnnindonesia.com

Makanan khas Indonesia ini seakan menjadi menu wajib untuk hidangan berkumpul bersama keluarga saat Idul Fitri. Awalnya masyarakat memiliki kebiasaan menggantung ketupat di depan pintu rumah sebagai jimat keberuntungan. Namun oleh Sunan Kalijaga, tradisi ini diubah dengan menjadikan ketupat sebagai sajian bernuansa Islami. Sunan Kalijaga menjadi orang pertama yang mengenalkan ketupat sebagai sajian khas Lebaran. Ketupat merupakan nasi lontong yang dikemas di dalam janur yang membetuk segi empat belah ketupat. Memakan ketupat pada saat hari raya Idul Fitri dipercaya membawa keberuntungan dan keberkahan di tahun baru Hijriah.

 

Bakmie 

Membawa Keberuntungan

www.dapurresepmasakan.com

Bagi penduduk negara Tiongkok dan Jepang, mie adalah makanan pembawa keberuntungan yang dikonsumsi di malam tahun baru. Cirinya, mie yang disajikan harus dalam keadaan panjang utuh dan tidak terpotong-potong. Cara masak mie ini biasanya ditumis agar mencegah mie tidak mudah patah. Di Indonesia masyarakat peranakan juga masih menjalani tradisi seperti ini. Jika ada acara ulang tahun dan Tahun Baru Imlek warga keturunan Tionghoa akan membuat Bakmie Panjang Umur Spesial, bakmie melambangkan umur yang panjang, kesejahteraan dan membawa keberuntungan bagi masyarakat peranakan di Indonesia.

 

Jeruk Mandarin

Membawa Keberuntungan

www.singaporeflorist.com.sg

Berhubung Tahun Baru China biasa jatuh pada akhir musim dingin, buah menjadi sangat terbatas dan hanya berupa buah yang matang pada bulan-bulan tersebut.Yakni, jeruk pomelo, dan kumquat. Biasanya, buah jeruk dijadikan hadiah, karena bentuknya yang bundar dan berwarna kuning menyimbolkan kemakmuran dan membawa keberuntungan bagi si penerimanya.

 

Ikan

Membawa Keberuntungan

kumparan.com

Orang Tionghoa akan makan ikan yang direbus sampai tak bersisa, karena akan memberikan mereka umur panjang dan kesehatan. Masyarakat Polandia memilih acar ikan hering, dan di Italia mereka akan mengkonsumsi ikan kod yang diasinkan. Di Jerman ikan karper dimakan untuk menambah hoki, mereka bahkan menyelipkan beberapa sisik ikan ke dalam dompet untuk membawa kemakmuran.

 

Buah Delima

Membawa Keberuntungan

www.manfaatbuahan.com

Saat pergantian malam tahun baru, warga Turki akan mengambil buah delima dan menghancurkannya di lantai atau di depan pintu. Mereka percaya Semakin banyak potongan yang dipecahkan, semakin banyak keberuntungan yang akan mereka dapatkan di Tahun Baru.

Mengapa buah delima? Karena mereka meyakini bahwa warna merah delima mewakili hati manusia, menunjukkan kehidupan dan kesuburan, sifat delima yang dapat dijadikan obat mewakili kesehatan, dan benihnya berlimpah mewakili kemakmuran. Warga Turki mengharapkan semua hal itu mereka dapatkan di tahun baru.

 

Vasilopita

Membawa Keberuntungan

greece.greekreporter.com

Kue Vasilopita adalah kue yang biasa dibuat oleh setiap keluarga di Mesir. Ketika membuat kue ini mereka menyembunyikan sebuah koin di dalamnya. Saat tengah malam pada saat pergantian tahun baru, vasilopita akan dipotong. Bagi mereka yang mendapat potongan kue dengan koin di dalamnya dipercaya bahwa ia akan mendapatkan keberuntungan di tahun mendatang.

 

Buah Anggur

Membawa Keberuntungan

food.ndtv.com

Warga Spanyol akan akan memakan 12 anggur pada malam pergantian tahun. Kebiasaan ini muncul pada abad 20. Saat tengah malam, setiap kali bunyi lonceng, mereka menaruh anggur di mulut mereka dan pada saat jam selesai berdentang, semua orang harus menyelesaikan anggur mereka namun pada kenyataannya mereka masih memiliki buah anggur di mulutnya ketika jam berhenti berdentang. Biasanya mereka mulai saling memandang dan tertawa. Orang-orang Spanyol percaya bahwa jika mereka memakan 12 anggur tepat ketika malam pergantian tahun baru maka 12 bulan kedepan akan dipenuhi dengan keberuntungan.

 

Tteok-guk

Membawa Keberuntungan

www.koreanbapsang.com

Warga Korea menyantap sup bening panas yang disebut Tteok-guk. Tteok-guk ini berisi irisan-irisan tipis kue beras yang melambangkan umur panjang dan membawa keberuntungan. Karena itu, jika ingin panjang umur sup tahun baru ini harus disantap sampai habis. Tteok-guk juga dimakan untuk perayaan ulang tahun. Setelah Tteok-guk disantap sampai habis barulah seseorang dianggap resmi bertambah usia.

 

Oliebollen

Membawa Keberuntungan

kampvuurkok.nl

Masyarakat Belanda selalu menyambut tahun baru dengan hal-hal manis, salah satunya makanan manis seperti Oliebollen. Kue oliebollen ini hampir mirip dengan kue donat yang merupakan makanan tradisional masyarakat Belanda. Makanan berbentuk bulat dianggap dapat membawa kemakmuran dan juga keberuntungan di Belanda. Mengonsumsi oliebollen atau roti goreng dengan gula bubuk yang disajikan dengan turnovers apple dan juga champagne.

 

Yoghurt

Membawa Keberuntungan

www.indoamerican-news.com

Di India, menyantap yoghurt sebelum melaksanakan ujian atau membuka bisnis baru dipercaya akan memberikan kelancaran dan membawa keberuntungan. Karenanya, tak heran bila yoghurt menjadi makanan yang populer dan selalu ada di hampir semua jenis masakan India.

 

Donat

Membawa Keberuntungan

www.yummy.ph

Orang-orang yang tinggal di wilayah Amerika dan Eropa tidak jarang menyajikan donat atau cake berbentuk cincin sebagai penutup pesta tahun baru. Donat atau cake dengan rongga di bagian tengahnya melambangkan keberuntungan yang tidak akan pernah putus. Menyantap donat atau cake sampai habis dipercaya akan membawa keberuntungan dan nasib baik yang tidak akan terputus sepanjang tahun.

 

Toshi Koshi Soba

www.dreamsofdashi.com

www.dreamsofdashi.com

Toshi koshi soba merupakan sajian tahun baru yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Memiliki arti ‘mi tahun baru’ dalam bahasa Jepang, soba atau mi Jepang ini melambangkan kesehatan dan umur panjang. Sedangkan teksturnya yang lentur dan kenyal melambangkan ketahanan dalam menghadapi cobaan di tahun selanjutnya.

Biasanya, mi khas Jepang ini disajikan bersama kuah kaldu dashi yang hangat, rumput laut, kamaboko atau kue ikan, telur, dan saus kedelai gurih. Saat menyantap mi keberuntungan ini, orang Jepang akan mengucapkan ‘akemashite omedetto gozaimasu!’ yang artinya ‘selamat dan terima kasih!’.

 

Onigiri

Membawa Keberuntungan

www.elephantasticvegan.com

Tak hanya populer, ternyata onigiri juga dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi siapa pun yang menyantapnya. Berbentuk segitiga menyerupai gunung, orang Jepang percaya bahwa menyantap onigiri akan mendatangkan keberkahan dan keberuntungan dari Dewa. Di Jepang sendiri, gunung dianggap sebagai tempat yang sakral karena dipercaya sebagai tempat bersemayamnya para Dewa.

 

Osechi

Membawa Keberuntungan

fastjapan.com

Osechi atau dikenal pula dengan nama osechi ryori merupakan satu set makanan khas Jepang yang sering disajikan saat malam tahun baru. Disajikan dalam kotak bambu bersekat, osechi ryori terdiri dari beragam kudapan yang melambangkan keberuntungan. Ada udang yang melambangkan orang tua berumur panjang, kuri kinton atau chestnut sebagai simbol rezeki, kazunoko atau ikan herring siram saus soyu untuk memperoleh keturunan, dan beberapa makanan keberuntungan lainnya. Osechi biasanya disajikan selama tiga hari mulai dari tahun baru hingga awal Januari.

 

Darehats

Membawa Keberuntungan

boiteagouter.over-blog.com

Para ibu di Armenia akan membuat roti khas mereka yang disebut Darehats sebagai makanan yang akan disantap keluarga saat menanti detik-detik pergantian tahun. Mereka membuat Darehats dengan penuh harapan dan segala doa baik sehingga tahun depan orang-orang yang menikmatinya akan mendapat banyak keberuntungan.

Inilah berbagai makanan dari penjuru dunia yang dianggap membawa keberuntungan, semoga kita bisa traveling dan mencoba makanan-makanan diatas ya, Rekanbijak 🙂

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: