8 Makanan yang Dapat Menetralkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat dapat masuk ke tubuh manusia melewati makanan-makanan yang kita makan, apalagi makanan-makanan yang dikenal mempunyai banyak lemak, seperti daging sapi, makanan-makanan manis, dan lain-lain. Namun, Ada juga beberapa macam makanan yang membantu penurunan kolesterol, seperti makanan dibawah ini.

8 Makanan yang Dapat Menetralkan Kadar Kolesterol Jahat

8 Makanan yang Dapat Menetralkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel, dan sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk pembentukan dinding sel dan merupakan bahan baku hormon, namun jika terlalu tinggi maka akan berdampak buruk, menjadi kolesterol jahat. Banyak makanan yang mengandung kolesterol, seperti telur, makanan siap saji dan es krim. Hal ini mengakibatkan makanan-makanan ini penyebab kolesterol yang harus dihindari, walaupun terkadang juga dibutuhkan.

Namun, kolesterol jahat juga ada penangkal dan penetralisirnya. Makanan-makanan memang banyak yang mengandung kadar kolesterol tinggi, namun ada juga makanan-makanan yang mengandung tingkat penetralisir kolesterol jahat yang cukup tinggi. Lalu, apa sajakah makanan-makanan yang dapat menetralkan kadar kolesterol?

Salmon

kolesterol jahat

Sumber : Seriouseats.com

Ikan sudah dikenal sebagai makanan yang sangat sehat jika hanya dikukus dengan baik karena mengandung banyak zat asam omega 3 yang diyakini dapat menyehatkan jantung, mengurangi peluang sakit diabetes hingga demensia. Ada ikan juga dikenal dapat menetralkan kolesterol, yakni ikan salmon, tentunya jika tidak dipadukan dengan cara-cara memasak yang justru mengundang zat kolesterol jahat.

Ikan salmon mengandung lemak tidak jenuh yang sehat dan pilihan yang sangat baik dalam menyehatkan jantung. Ikan salmon juga mengandung vitamin-vitamin mulai dari vitamin D, B12 dan B6 hingga mengandung 6 gram lemak dan 23 gram protein. Bahkan jika harus makan steak, lebih baik memesan steak salmon dibandingkan steak sapi atau pun steak ayam.

Anggur Merah

kolesterol jahat

Anggur merah merupakan buah-buahan yang dikenal cukup berkhasiat. Banyak juga orang yang menggunakan anggur merah sebagai buah-buahan pencuci mulut karena memang, anggur merah memang cukup lezat untuk menjadi makanan pencuci mulut. Lalu anggur merah juga dikenal menyehatkan karena dapat menetralkan kadar kolestrol jahat.

Hal itu diyakini karena anggur merah mempunyai zat antioksidan polifenol yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, namun dengan catatan tidak ditambah gula. Lalu juga ditambah lagi, anggur merah dapat memberikan beberapa manfaat kepada jantung, sehingga merupakan buah-buahan yang memberikan banyak manfaat.

Kacang-Kacangan

Kolesterol jahat

Sumber : Videoblocks.com

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kenari hingga kacang almond mengandung banyak zat-zat dan mineral yang dapat menyehatkan dan juga menurunkan zat-zat lemak yang berlebihan. kacang-kacangan juga dikenal dapat menurunkan potensi terkena kanker hingga menyehatkan jantung, sehingga konsumsi kacang-kacangan bukanlah hal yang buruk.

Namun kacang-kacangan sebaiknya tidak dimakan oleh penderita diabetes, apalagi kacang-kacangan yang bersifat olahan, yang sudah ditambah garam hingga gula. Ditambah lagi, ada juga risiko gagal ginjal juga memakan kacang tanah. Jadi, sebenarnya kacang-kacangan baik, namun harus tau batasan, ya Rekan Bijak!

Cokelat

kolesterol jahat

Sumber : istockphoto.com

Siapa yang tidak menyukai cokelat? Cokelat bahkan merupakan makanan yang digemari di semua tempat. Jarang orang yang tidak menyukai cokelat. Ada kabar gembira untuk orang-orang penyuka cokelat : cokelat merupakan makanan yang dapat menyehatkan jantung, mengurangi resiko darah tinggi hingga menetralkan kolesterol jahat, jadi cokelat sudah enak, menyehatkan lagi.

Namun, ingatlah, jangan membeli cokelat yang sudah terlalu manis, karena jika terlalu manis maka cokelat tersebut hanyalah cokelat yang sudah terlalu banyak gula, sehingga hanya akan membuat gigi rusak ditambah lagi juga hanya akan membuat diabetes.

Bawang Putih

kolesterol jahat

Sumber : Merdeka.com

Seperti yang kita tau, kolesterol ada yang baik dan jahat, dan yang jahat haruslah diturunkan kadarnya, dan dapat diturunkan dengan memakan bawang putih. Bawang putih memang digunakan untuk menurunkan tekanan darah, dan menghindarkan pengendapan plak di dinding arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung, tetapi yang paling dikenal adalah kemampuannya menghadapi kolesterol.

Bawang putih mempunyai zat sulfur yang memiliki khasiat yang baik, sehingga dapat bermanfaat untuk kesehatan. Cara mendapatkan kebaikan dari bawang putih secara maksimal adalah dengan menghancurkan 5 siung bawang putih, dan dibiarkan 5 menit. Lalu menambahkannya dengan perasan air lemon, sehingga manfaatnya akan lebih banyak.

Bayam

kolesterol jahat

Sumber : simplyrecipes.com

Bayam terkenal banyak zat yang dinamakan lutein, yang dikenal dapat menyehatkan mata. Sayuran ini dapat mengatasi plak di sekitar arteri, padahal plak-plak inilah yang menyebabkan penyumbatan jantung sehingga dapat menyebabkan serangan jantung. Kandungan lutein ini dapat menyingkirkan plak-plak yang disebabkan oleh zat-zat kolestrol jahat.

Selain itu, bayam juga dapat meningkatkan kesehatan mata juga bisa menurunkan darah tinggi, sehingga merupakan makanan yang sangat direkomendasikan untuk dimakan. Juga dapat melancarkan peredaran pencernaan, sehingga kita tidak kaget mengapa sampai ada kartun Popeye the Sailorman yang menceritakan seseorang yang tiba-tiba bisa kuat karena makan bayam.

Alpukat

kolesterol jahat

Sumber : inginsekalisehatt.wordpress.com

Alpukat dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, dan ini dibuktikan dari penelitian-penelitian, salah dari Journal of Clinical Lipidology yang menyatakan bahwa alpukat memang banyak lemak, namun lemak yang ada di alpukat merupakan alpukat tidak jenuh yang dapat menyingkirkan low-density lipoprotein yang menyebabkan kolestrol jahat.

Makan alpukat pun dapat menurunkan berat badan dan menurunkan risiko utama penyakit jantung, sehingga alpukat bahkan dianjurkan makan sehari sekali. Dengan memakannya sehari sekali, maka dipercaya akan menurunkan risiko serangan jantung.

Jeruk Nipis

kolesterol jahat

Sumber : Merdeka.com

Jeruk nipis, selain dapat menjadi salah satu bagian dari program diet, juga dapat membuat penurunan kolesterol. Jeruk nipis mengandung flavonoid yang dinamakan hesperidin. Hesperidin dikenal dapat menghambat kolesterol jahat sehingga banyak yang memakai jeruk nipis dalam makanan-makanannya.

Jeruk nipis juga dapat menurunkan peredaran lemak dengan vitamin C-nya dengan cara dibuat seperti jus jeruk nipis. Penurunan lemak pun juga dikenal dapat menurunkan lemak secara cepat dan efektif. Lalu, untuk kolesterol, bagaimana cara menggunakan jeruk nipis? Carany, belah jeruk nipis menjadi empat, lalu iris menjadi potongan kecil, lalu dimasukkan ke dalam gelas. Lalu tuangkan air panas ke dalam gelas tersebut dan tunggu 30 menit untuk didinginkan.

Nah, Rekan Bijak, kolesterol jahat dapat “ditindak tegas” dengan beberapa makanan yang ada diatas! Kamu dapat memakan makanan-makanan ini jika kamu tidak ingin mengalami sakit kolesterol, atau pun jika kamu memang penderita kolesterol. Ingat Rekan, kita harus jaga-jaga makanan, ya! Apalagi makanan-makanan yang punya potensi menyebabkan kolesterol, yang dapat menyebabkan serangan jantung!

kolesterol jahat

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: