Mengetahui 4 Makanan Pokok dari Berbagai Negara

Makan merupakan salah satu kebutuhan primer atau kebutuhan utama dari setiap manusia yang ada di dunia. Ada berbagai makanan yang dapat manusia makan, mulai dari sayur-sayuran, daging, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak makanan yang ada, ada salah satu makanan pokok, salah satunya yaitu nasi.

Mengetahui 4 Makanan Pokok dari Berbagai Negara

Mengetahui 4 Makanan Pokok dari Berbagai Negara

Makan, di negara kita yaitu Indonesia, tidak akan mengatakan “makan” jika tidak mengkonsumsi nasi. Oleh karena itu, nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia, berbagai macam lauk akan dikonsumsi menggunakan nasi. Makanan pokok orang diberbagai negara berbeda, jika di Indonesia, makanan pokoknya yaitu nasi, di negara lain belum tentu makanan pokoknya adalah nasi juga.

Dengan kebiasaan memakan nasi sebagai makanan pokok orang Indonesia, akan berdampak kepada orang Indonesia yang akan berpergian atau menetap di negara lain, orang Indonesia akan sulit mendapatkan beras atau nasi dari berbagai macam restoran.

Jagung

Makanan Pokok

Sumber : pioneer.com

Jagung merupakan salah satu dari berbagai jenis biji-bijian yang dapat diproduksi oleh berbagai negara. Jagung memiliki kandungan karbohidrat sekitar 74 gram, selain memiliki kandungan karbohidrat, jagung memiliki berbagai macam sumber dari protein, zat besi, vitamin B, dan mineral.

Selain berguna sebagai makanan pokok, jagung juga dapat dimanfaatkan untuk membuat alkohol murni atau yang dikenal dengan ethanol. Biasanya jagung digunakan sebagai makanan pokok untuk penduduk di sub-Sahara Afrika, penduduk di Eropa, dan penduduk di Amerika Tengah.

Gandum

Makanan Pokok

Sumber : Liputan6.com

Gandum merupakan tanaman yang dapat tumbuh di iklim kering dan iklim dingin, untuk itu gandum merupakan tanaman yang cukup banyak menutupi lapisan bumi. Gandum digunakan sebagai makanan pokok oleh penduduk di Timur Tengah, Afrika, Asia Tengah, dan Mediterania. Kandungan karbohidrat pada gandum sekitar 71 gram.

Selain mengandung karbohidrat, gandum memiliki kandungan lain seperti protein nabati, yang memiliki fungsi sebagai penjaga kesehatan pada tubuh manusia. Olahan gandum yang banyak dikonsumsi oleh manusia yaitu roti gandum. Selain roti gandum, olahan dari gandum yang bisa Rekan Bijak konsumsi yaitu oatmeal yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh, dan masih banyak olahan dari gandum yang dapat Rekan Bijak coba buat.

Singkong

Makanan Pokok

Sumber : kolesterol.co.id

Makanan pokok selain beras atau nasi yang mengandung karbonidrat yaitu singkong, singkong merupakanan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 34 gram/100 gram singkong utuh. Walaupun singkong mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, singkong rendah akan lemak dan kolesterol, oleh karena itu, singkong baik untuk Rekan Bijak konsumsi jika sedang mengikuti program diet.

Singkong merupakan makanan utama untuk penduduk di Afrika dan Amerika Selatan, asalan utama penduduk di Afrika dan Amerika Selatan menjadikan singkong sebagai makanan pokok mereka, karena, di kedua daerah tersebut memiliki lahan yang kering dan tandus. Namun, dalam mengolah singkong, Rekan Bijak harus mengolah dengan baik agar kandungan cacogenic glycosides (racun) yang terdapat di singkong hilang.

Kentang

Makanan Pokok

Sumber : food.detik.com

Kandungan karbohidrat dalam kentang lebih kecil dibandingkan dengan singkong, dimana kandungan karbohidrat pada kentang sekitar 17 gram. Kentang mengandung glukosa dan vitamin, oleh karena itu, jika Rekan Bijak terbiasa dengan nasi, lalu tidak dapat menemukan nasi, maka Rekan Bijak dapat mengkonsumsi kentang, karena, kandungan paada kentang hampir sama dengan kandungan yang ada di beras atau nasi.

Negara yang biasa menjadikan kentang sebagai makanan pokok yaitu Amerika selatan, dan Amerika Tengah. Kentang yang biasa diolah seperti yang biasa Rekan Bijak makan yaitu kentang goreng, atau hanya sekedar di rebus yang kemudian dapat ditambahkan dengan garam.

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan makanan pokok dari setiap negara itu berbeda? Jika belum, Rekan dapat membaca lagi artikel diatas ya!

Makanan Pokok

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: