10 Manfaat Banyak Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Tanpa adanya air, tubuh kita tidak bisa membuang zat yang tidak terpakai yang bisa dikeluarkan melalu keringat, urin, dan air besar. Tubuh kita memerlukan cairan untuk membantu proses pencernaan. Kita perlu tahu bahwa manfaat minum air putih bagi kesehatan sangatlah penting untuk tubuh. Walaupun terlihat sepele, tapi tidak boleh untuk diremehkan. Jika masalah ini diabaikan, tubuh kita akan kekurangan cairan. Hal tersebut bisa memicu resiko gangguan kesehatan. Lalu, apa sajakan manfaat minum air putih bagi kesehatan selain yang sudah dijelaskan di atas? Simak ulasannya di artikel ini.

10 Manfaat Banyak Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Banyak Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Minum air putih adalah kebutuhan semua orang yang ada di dunia ini. Jika kita tidak mengkonsumsi air putih makan akan ada banyak bagian dari organ tubuh kita tidak berfungsi dengan baik, maka dari itu minum air putih sangatlah penting bagi setiap manusia. Air di dalam tubuh kita mampu menjaga kesehatan dalam tubuh. Ia mampu menjaga suhu tubuh agar tetap normal dan melumasi sendi, dan banyak kegunaan air putih bagi tubuh kita.

Mencegah Tubuh Kekurangan Cairan

Minum Air Putih

www.hellosehat.com

60% lebih tubuh kita terdiri atas cairan. Minum air putih dapat menjaga kestabilan jumlah cairan dalam tubuh. Cairan yang ada dalam tubuh kita berfungsi untuk membantu proses pencernaan, sirkulasi darah, penyerapan, produksi air liur, serta transportasi nutrisi ke seluruh organ tubuh. Jika tubuh kita kekurangan cairan, sudah tentu kinerja tubuh akan terganggu. 90% bagian otak kita juga berupa cairan.

Untuk itu saat kekurangan cairan, otak kita akan mengalami kesulitan dalam berpikir. Selain itu, kepala juga akan terasa sakit atau pusing saat kekurangan cairan. Saat cuaca panas, tubuh akan mengeluarkan keringat guna menjaga suhu tubuh tetap stabil. Untuk itu, minumlah banyak air putih saat cuaca panas agar cairan yang keluar melalui keringat dapat segera tergantikan.

Baca Juga: Rutin Minum Air Hangat? Ini 6 Manfaat yang akan Dirasakan Tubuh!

Menjaga Sistem Pencernaan

Pernah mengalami sembelit? Sembelit bisa jadi disebabkan karena asupan air putih ke dalam tubuh kurang. Cairan yang cukup, akan membuat kinerja ginjal menjadi normal sehingga tidak terjadi sembelit. Untuk itu, konsumsilah air putih secara teratur agar ginjal sehat dan tidak mengalami sembelit.

Menangkal Berbagai Penyakit

Makin banyak beraktifitas, biasanya tubuh kita lebih rentan terkena penyakit. Penyakit-penyakit tersebut muncul karena banyaknya racun yang masuk dalam tubuh. Dengan banyak mengonsumsi air putih, daya tahan tubuh akan lebih terjaga. Racun-racun yang bersarang dalam tubuh akan diangkut oleh air dan dibawa keluar bersama dengan urin.

Meningkatkan Konsentrasi

Minum Air Putih

hellosehat.com

Orang yang dehidrasi tidak akan mudah berkonsentrasi, berbeda halnya dengan orang yang minum banyak air putih dia akan terhindar dari dehidrasi. Cairan bisa meningkatkan konsentrasi otak, hal itu dikarenakan air membuat manfaat oksigen ke otak menjadi lancar. Otak yang mendapatkan cukup air dan oksigen, air dan oksigen yang masuk ke dalam otak bisa membuat otak tetap konsentrasi.

Mengurangi Stress

Susunan jaringan otak adalah manfaat air bahkan lebih dari 85 persennya adalah air. Ketika mengalami dehidrasi, tubuh dan pikiran pun akan menjadi stress. Ketika dehidrasi dan mengalami kehausan, tubuh dan pikiran pun akan menjadi stress. ada baiknya untuk tetap menjaga asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh anda. Sehari usahakan untuk mengkonsumsi cairan atau air putih sedikitnya satu liter.

Baca Juga: 5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Menjaga Berat Badan

Minum banyak air putih sering dilakukan oleh mereka yang sedang diet. Bagi mereka yang malas dan jarang minum air putih, berat badan mereka akan cenderung lebih mudah naik. Cairan tubuh yang cukup akan membantu kinerja ginjal lebih optimal. Akan tetapi, jika konsumsi air putih kurang, kinerja ginjal juga akan terganggu dan tidak optimal.

Alhasil, kinerja ginjal sebagian akan dialihkan ke hati. Dalam tubuh kita, hati berfungsi untuk mengolah lemak. Jika kinerja hati semakin banyak karena mengambil sebagian fungsi ginjal, maka kinerjanya dalam mengolah lemak juga akan tergganggu, akibatnya lemak lebih mudah tertimbun dalam tubuh dan mengakibatkan berat badan berlebih.

Melembabkan Kulit

Kandungan mineral yang ada di dalam air putih bisa digunakan untuk melembabkan kulit. Wanita yang sering mengkonsumsi air putih bisa menjaga kecantikan dan kelembaban kulitnya. Bagi wanita yang sering mengkonsumsi air putih dia akan memiliki kulit yang cantik namun lembab. Mineral bisa menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga regenerasi sel akan terjaga.

Baca Juga: 20 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Otot dan Persendian Menjadi Lebih Rileks

Minum air di malam hari menjaga kadar hormon tubuh agar tetap seimbang. Selain itu, otot dan persendian menjadi lebih rileks dan mengendur, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak dan berkualitas. Kita akan terhindar dari kram otot yang bisa mengganggu saat kita tidur.

Meningkatkan kualitas Tidur

Salah satu manfaat dari minum air putih sebelum tidur adalah meningkatkan kualitas tidur. Asupan air yang masuk akan menyeimbangkan vitamin, mineral, hormon beserta semua nutrisi yang ada pada tubuh kita. Minum air di malam hari juga bisa memberikan efek positif yang menenangkan, sehingga gangguan tidur seperti insomnia bisa teratasi.

Tubuh Menjadi Lebih Segar di Pagi Hari

Minum Air Putih

www.vemale.com

Minum air putih sebelum tidur di malam hari bisa membantu tubuh dalam menstabilkan suhu tubuh serta membantu proses pembentukan otot. Masih terkait manfaat air putih sebelum tidur dalam mencegah dehidrasi, ketika tubuh tehidrasi dengan baik maka tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat tanpa ada rasa lesu dam lemas saat bangun tidur di pagi hari.

Baca Juga: 8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Walau Sibuk Bekerja

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: