Suka Cokelat? Nikmatilah Ketujuh Manfaat Cokelat Ini, Rekan Bijak!

Percaya atau tidak, cokelat kaya akan manfaat dan khasiat. Bahkan, makanan dari tumbuhan kakao ini dipercaya bisa mencegah banyak penyakit, seperti penyempitan aliran darah hingga kolestrol. Lalu, apa sajakah manfaat cokelat terhadap kesehatan tubuh manusia?

Suka Cokelat? Nikmatilah Ketujuh Manfaat Cokelat Ini, Rekan Bijak!

Suka Cokelat? Nikmatilah Ketujuh Manfaat Cokelat, Rekan Bijak!

Rekan Bijak, apakah kamu tahu bahwa ada banyak manfaat cokelat? Di dunia ini, ada sangat banyak orang yang menyukai, bahkan mencintai cokelat, dan mungkin salah satunya adalah kamu. Makanan yang berasal dari buah kakao ini sangat disukai karena makanan ini memiliki rasa yang unik. Cokelat sendiri ditemukan di Benua Amerika oleh penduduk-penduduk asli Benua Amerika, dan pada awalnya pun makanan dari buah kakao ini menjadi sumber gula pada alkohol.

Cokelat pun ditemukan dan menjadi salah satu minuman paling difavoritkan di Benua Amerika. Dan juga Cokelat menjadi mata uang dalam segala transaksi di beberapa kerajaan di Benua Amerika. Semenjak Spanyol datang ke Benua Amerika, Cokelat pun menjadi minuman yang dibuat untuk para bangsawan.

Dari sejarah panjang cokelat tersebut, terselip manfaat-manfaat cokelat bagi kesehatan manusia. Apa sajakah manfaat cokelat tersebut?

Perbaikan Otot

manfaat cokelat

Menurut Dr. John Ivy dari University of Texas, atlet yang meminum susu cokelat rendah lemak setelah berolahraga, akan mendapatkan pemulihan fisik yang optimal setelah berolahraga. Walaupun orang-orang setelah berolahraga lebih menyukai unuk meminum minuman-minuman isotonik, namun pada kenyataannya susu cokelat rendah lemak adalah hal yang terbaik.

Ketika minuman-minuman isotonik hanya bisa menambah karbohidrat, tidak dengan susu cokelat. Susu cokelat rendah lemak memiliki komposisi-komposisi pembentuk massa otot, ditambah dengan susu cokelat rendah lemak juga memiliki lemak yang rendah, sehingga tidak menambah massa lemak, ketika diminum.

Menyehatkan Jantung

manfaat cokelat

Manfaat cokelat lainnya adalah kesehatan jantung. Bukanlah suatu hal yang disembunyikan, bahwa cokelat pas untuk kesehatan jantung, dan tentunya dengan cokelat asli yang rendah lemak. Salah satu penelitian dari Norfolk, Inggris, menyatakan bahwa dengan memakan cokelat bisa menurunkan potensi penyakit jantung hingga 11%, bahkan menurunkan potensi terkena stroke hingga 23%.

Manfaat cokelat juga bisa dilihat dari potensi kematian dini akibat sakit jantung. Dikatakan, bahwa memakan cokelat bisa menurunkan potensi kematian dini akibat sakit jantung hingga 25%. Alasannya adalah kandungan flavonoid yang ada dalam cokelat, dan mampu untuk menurunkan tekanan darah hingga mencegah penggumpalan darah.

Membantu Kinerja Otak

manfaat cokelat

Manfaat cokelat tidak hanya berhenti kepada kesehatan tubuh sekitar dada dan otot, namun juga kesehatan otak. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 30 tahun, mengatakan bahwa sebuah tes dilakukan kepada para partisipan, dengan ada orang yang memakan cokelat minimal satu kali sepekan, dibandingkan dengan orang yang memakan cokelat kurang dari satu kali sepekan. Hasilnya adalah bahwa orang-orang yang memakan cokelat minimal satu kali sepekan mempunyai kinerja otak yang lebih baik.

Walaupun penelitian masih berlanjut karena belum bisa dibuktikan secara tepat, namun para ahli meyakini bahwa kandungan flavonoid yang ada di dalam cokelat mempunyai banyak, bahkan kaya akan zat-zat yang menyehatkan tubuh. Cokelat memang juga dikenal mampu memperbaiki orang-orang dengan gangguan fungsi kognitif ringan.

Mampu Membersihkan Kulit

manfaat cokelat

Cokelat juga dikenal mampu membersihkan kulit. Bahkan, ada juga facial yang dilakukan dengan memakai cokelat. Manfaat cokelat yang satu ini memang tidak dilakukan dengan dimakan atau diminum, namun dioles dengan cokelat. Cokelat dianggap bisa membuah wajah lebih bersinar, lembut dan lembap. Komposisinya yang penuh akan antioksidan dan vitamin C membuatnya mampu untuk membersihkan kulit.

Biasanya, orang-orang yang sering terpapar sinar matahari oleh karena tuntutan pekerjaan atau pun memang setiap hari melewati daerah yang sering terkena sinar matahari, akan memilih untuk melakukan facial cokelat karena cokelat bisa melindungi wajah dan memperbaiki wajah dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari yang menyebabkan jerawat, noda hitam dan kerutan.

Menurunkan Kolestrol Jahat

manfaat cokelat

Manfaat cokelat lainnya adalah kemampuannya dalam menurunkan kolestrol. Kemampuan cokelat dalam menurunkan kolesterol memang sudah  dikenal semenjak lama. Bahan kimia yang ada dalam cokelat, dan jika dicampur dengan susu rendah lemak, mampu menurunkan kolestrol secara perlahan. Untuk kamu penggemar cokelat, sudah sepatutnya kamu bersyukur dengan keberadaan cokelat ini!

Sebuah penelitian melibatkan 42 relawan, dimana relawan tersebut memakan cokelat secara teratur selama 4 minggu. Mereka pun mengalami peningkatan kolestrol baik sebanyak 5% dan menjadi lebih baik dalam peredaran darah. Hal ini dikarenakan biji cokelat memiliki kandungan polifenol untuk meningkatkan produksi molekul apoliprotein 1 A1 yang merupakan komponen utama dari protein HDL.

Memperlancar Aliran Darah

manfaat cokelat

Sekali lagi, manfaat cokelat datang dari flavonoid. Aliran darah diklaim akan lebih lancar dengan makanan cokelat. Aliran darah yang dilancarkan ini akan mencegah penyumbatan pada jantung, sehingga jantung pun akan jauh lebih sehat dengan peredaran darah yang lebih lancar ini. Cokelat juga kaya akan theobromine yang ikut melancarkan peredaran darah.

Namun, cokelat ini juga mempunyai catatan agar lebih baik mengonsumsi cokelat hitam, yang khasiatnya pada peredaran darah lebih besar dibandingkan cokelat jenis lainnya. Jadi, lebih baik untuk mengonsumsi cokelat hitam, walaupun lebih pahit, Rekan Bijak!

Cokelat Memperbaiki Mood

manfaat cokelat

Cokelat juga dikenal salah satu makanan yang bisa memperbaiki mood. Banyak zat seperti theobromine, kafein, hingga fenitelamin dalam cokelat mampu memberikan perasaan senang terhadap cokelat. Hal ini karena theobromine dan kafein memberikan efek penyegar sehingga mampu menyegarkan suasana hati. Sedangkan fenitelamin merangsang otak untuk memberikan rasa senang.

Selain itu, ada juga vitamin yang membantu memberikan perasaan senang dari cokelat, seperti vitamin B. Vitamin B diklaim bisa menurunkan kadar stres, yang merupakan sumber dari banyak penyakit. Dengan begitu, vitamin B yang ada dalam cokelat pun juga ikut membantu dalam memperbaiki mood, atau memberikan mood yang baik sepanjang hari.

Nah, Rekan Bijak, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu salah satu “suporter” cokelat? Jika kamu memang menyukai cokelat, bersenanglah, karena cokelat menyehatkan. Bayangkan saja, sudah enak, menyehatkan lagi!

manfaat cokelat

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: